Bisnis usaha rumah kos

Investasi Properti: Bisnis Menjanjikan Membangun Rumah Kos dan Keuntungannya

By: Egy arisandi

Usaha rumah kost merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk masa depan anda. Selain pendapatan tetap yang bisa anda terima tiap bulannya, bisnis ini juga tidak ada matinya terutama yang lokasinya dekat dengan tempat tempat perkuliahan dan perkantoran.

Bisnis ini juga bisa diwariskan untuk anak cucu anda kelak. Untuk memulai usaha ini memang membutuhkan biaya atau modal yang besar, selain lahan dan bangunan yang harus anda punya, anda pun diharuskan untuk menyediakan berbagai fasilitas yang bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Umumnya kos kosan haruslah memiliki fasilitas wifi yang memang sangat dibutuhkan para mahasiswa ketika tak punya paket data untuk mengerjakan tugas.

Fasilitas ini memang seringkali dicari oleh para mahasiswa ketika sedang tak punya uang untuk menemani kesendirian mereka.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa usaha dari kostan ini mampu memberikan pendapatan yang besar bagi anda, hanya dengan duduk bersila di rumah anda mampu mendapatkan banyak uang tanpa perlu kerja berat.

Walaupun awalnya memang modal yang anda keluarkan sangat besar namun hal ini sebanding dengan hasil yang akan anda dapatkan.

Anda akan memperoleh kestabilan finansial selama usaha anda tetap berjalan, tak perlu khawatir kesulitan keuangan.

Namun perlu anda ingat bahwa untuk mempertahankan para penyewa anda harus mampu merawat tempat kost anda supaya selalu terlihat bersih dan nyaman.

Keuntungan investasi properti rumah kost

  • Balik modal cepat – Karena pendapatan tetap yang anda peroleh setiap bulannya dalam jangka waktu kurang lebih 10 tahun anda sudah mampu mengembalikan modal ditambah lagi dengan keuntungannya. Cukup menggiurkan bukan.
  • Investasi yang selalu menjanjikan keuntungan – Dari tahun ke tahun harga sewa dari rumah kost selalu mengalami kenaikan sehingga sudah bisa dipastikan jika anda tidak akan mengalami kerugian dari adanya investasi ini.

Apalagi anda mampu memberikan fasilitas tambahan yang memang dibutuhkan oleh para penghuni maka anda bisa menaikkan harganya hingga 15%, sehingga keuntungan yang akan anda peroleh pun juga meningkat.

  • Selalu ada pelanggan – Lokasi kos kosan yang dekat dekat kampus dan tempat tempat kerja akan selalu ramai di sewa oleh masyarakat. Terlebih lagi mereka adalah perantau yang memang membutuhkan tempat tinggal.
  • Bisa membuka peluang bisnis lain – Dari bisnis kosan yang anda miliki, anda juga berkesempatan membuka peluang usaha kecil lain yang juga tidak kalah menguntungkannya yaitu usaha jasa laundry, tempat makan dan lain lain.
  • Capital gain yang tinggi – Menjalani usaha ini sama halnya dengan investasi jangka panjang, karena bisnis ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi anda mengingat usaha ini menjual jasa beserta dengan fasilitas bangunan fisiknya.

Biaya yang anda butuhkan untuk membangun sebuah rumah kos akan sama nilainya dengan membangun sebuah rumah sendiri.

Apalagi tempat kosan harus disertai dengan fasilitas yang memadai guna menarik minat para masyarakat yang ingin menyewa.

Karena umumnya para pengguna jasa kostan membutuhkan fasilitas yang memudahkan kegiatan mereka sehari hari serta mampu memberikan kenyaman untuk tinggal seperti adanya AC, kamar mandi yang bersih, dan kasur yang empuk (springbed).

Bisnis ini memang cukup menggiurkan namun bagi mereka yang memiliki modal yang minim tentu saja harus mengubur impian mereka untuk bisa memulai bisnis ini.

Rumah kostan dengan fasilitas yang terbilang cukup mumpuni biasanya diminati oleh mereka yang telah berpenghasilan tinggi namun belum memiliki rumah sendiri.

Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa tidak akan mampu menyewa. Mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas biasanya membutuhkan kostan yang lain dari pada yang lain walaupun harganya relati mahal.

Alangkah lebih baik lagi jika anda mampu menyediakan tempat kost yang memang dicari oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, yang biasanya hanya membutuhkan tempat kost yang menyediakan fasilitas listrik, dan air.

Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum mendirikan rumah kost

Berikut ini kami berikan beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mendirikan rumah kost, agar usaha anda bisa tetap eksis.

1. Pemilihan lokasi yang strategis

Sama halnya dengan membuka bisnis bisnis yang lain, usaha rumah kost ini juga membutuhkan lokasi usaha yang strategis dan mudah untuk dijangkau terlebih lagi jika dekat dengan wilayah kampus dan perkantoran.

Namun yang perlu anda tahu adalah lokasi lokasi yang seperti ini biasanya membutuhkan modal usaha yang cukup besar, dan imbasnya biaya sewa juga akan besar.

Pemilihan lokasi yang tepat tentu akan membawa dampak positif bagi usaha anda selain banyak peminat yang ingin menyewanya juga relative mudah untuk melakukan mobilisasi kemana saja. Seperti ke tempat  tempat makan, tempat perbelanjaan dan tempat peribadahan.

2. Mengutamakan keamanan dan kenyamanan

Selain lokasi yang harus anda perhatikan hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk anda pikirkan adalah mengenai kemanannya.

Pastikanlah bahwa lokasi tempat anda akan membangun sebuah usaha kos kosan memang aman dan terhindar dari tindak kejahatan.

Karena bila dibiarkan begitu saja maka para penghuni akan merasa tidak nyaman dan terganggu. Apalagi hal ini menyangkut keselataman mereka.

Dan pastikan pula ketika kos kosan anda telah dibuka sebelumnya anda telah meminta izin dengan para perangkat sekitar, supaya mereka juga turut menjaga keamanan lingkungan sekitar.

3. Desain rumah kos yang modern

Usahakanlah untuk membuat desain rumah kos yang membuat setiap orang tinggal nyaman, dan sesuai dengan permintaan pasar.

Seperti halnya dengan gaya yang minimalis agar para penghuninya bisa merasakan seperti tinggal di rumahnya sendiri.

Bagi para mahasiswa mereka bisa nyaman ketika sedang belajar dan untuk para pekerja usahakan agar mereka bisa tetap nyaman ketika bekerja dan beristirahat.

4. Fasilitas yang disediakan

Hal selanjutnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk anda pikirkan ketika akan membuka usaha kos kosan adalah ketersediaan fasilitasnya.

Fasilitas yang memadai akan membuat para calon penghuninya merasa tertarik dan bersedia untuk menyewanya.

Fasilitas fasilitas sepert AC, Wifi, springbed, penerangan yang memadai, dan kamar mandi yang bersih tentunya akan membuat para penghuninya betah untuk tingga di sana, tanpa perlu risau memikirkan harganya.

5. Harga sewa yang sesuai dengan kondisi

Faktor yang terakhir ini memang terbilang sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan, terutama bagi mereka yang berstatus mahasiswa yang notabenenya memiliki uang pas pasan.

Oleh sebab itu penentuan harga sewa kos kosan sebaiknya disesuaikan dengan kostan yang lain. Supaya usaha anda mampu bersaing dan memiliki peminat yang banyak.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.