Strategi Memulai Usaha dan Bisnis Kuliner Makanan Ringan

Aneka Jenis Bisnis Kuliner: Usaha Makanan Yang Paling Laku Dan Menjanjikan

By: Egy arisandi

Jenis usaha makanan atau bisnis kuliner yang paling menjanjikan dan menguntungkan tentunya harus laku dan laris serta banyak di gemari oleh masyarakat sesuai dengan budayanya.

Mengapa faktor budaya menjadi pertimbangan sebab pada setiap daerah tentunya memiliki makanan khas tersendiri dan kita wajib memahami hal ini.

Secara logika saja, apa mungkin bisa laku dan laris jika anda membuka usaha warung nasi pecel di daerah yang tidak terdapat orang jawa disana sedangkan menu ini paling populer bagi masyarakat jawa khususnya.

Dengan demikian supaya lebih mudah dan dapat diterima secara global, ada baiknya memilih usaha kuliner yang unik dan kreatif meskipun notabene hanya merupakan inovasi dari menu makanan yang selama ini sudah umum dan banyak di jajakan.

Ide kreatif dan unik untuk merintis usaha makanan atau bisnis kuliner yang menjanjikan

Peluang usaha makanan memang tidak pernah ada matinya selama anda bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikannya.

Hal ini tentunya bertujuan untuk dapat memenangkan persaingan dan menarik konsumen baru agar bisa menjadi pelanggan anda.

Lalu apa saja contoh bisnis kuliner yang masih sangat potensial menguntungkan? Berikut ini adalah 10 macam jenis bisnis makanan yang dapat di jadikan referensi untuk anda memulai usaha.

1. Sajian makanan ringan, jajanan dan cemilan

Bisnis makanan ringan pada umumnya adalah berskala rumah tangga yang sampai pada saat ini masih memiliki peluang sangat bagus untuk dijalankan.

Permintaan pasar untuk jenis aneka jajanan dan makanan ringan akan terus mengalir mengingat penikmat makanan ringan ini tidak hanya anak-anak saja melainkan juga remaja, dewasa, hingga orang tua.

Dengan demikian sudah pantas jika pelaku usaha bisnis makanan yang biasanya disajikan sebagai selingan sambil melakukan aktifitas ini kerap kali kebanjiran pelanggan.

Aneka ragam cemilan atau jajanan yang tidak pernah sepi peminat dan tidak ada matinya seperti:

  • Aneka kue gorengan
  • Cemilan kering dalam kemasan
  • Jajanan oleh oleh (makanan khas)
  • Manisan buah dll

Selain cukup mudah dalam pengelolaannya, usaha kecil kecilan seperti ini merupakan salah satu peluang bisnis sampingan yang paling ideal dijalankan oleh ibu rumah tangga maupun karyawan untuk menambah pendapatan keluarga.

2.  Usaha warung tenda

Jenis usaha warung tenda ini tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda, meskipun persaingan tampak begitu ketat, usaha kuliner yang satu ini tetap cukup potensial mengingat makanan ialah kebutuhan pokok manusia.

Jangan berpikir bahwa warung tenda hanyalah diminati oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, bahkan seorang artis pun masih banyak yang suka dengan sajian kuliner sekelas warung tenda.

Pada intinya sukses bisnis makanan ialah mengutamakan citarasa, dan kualitas yang bagus dari aspek bahan baku, pengolahan, lokasi usaha dan cara menyajikan.

Soal harga pada umumnya adalah keputusan kedua yang akan di nilai sendiri oleh konsumen apakah menu tersebut memang layak di jual dengan harga di atas rata rata.

Cara memulai dan beberapa kesulitannya

Memulai bisnis makanan warung tenda akan lebih mudah jika anda mampu memenuhi beberapa faktor berikut ini.

  • Lokasi atau tempat jualan yang strtategis – Pada area yang dekat dengan keramaian
  • Mengetahui makanan faforit masyarakat – Sebaiknya menyesuaikan dengan kesukaan atau yang sudah menjadi makanan pokok masyarakat sekitar
  • Memberikan beragam pilihan – Akan lebih mudah memperoleh pelanggan jika menu olahan yang disajikan sangat beragam namun dengan bahan baku yang tidak terlalu sulit didapatkan.

Sedangkan untuk kesulitan yang kerapkali menjadi kendala ialah tidak mudahnya menemukan lokasi usaha yang tepat apalagi dengan budget murah.

Kemudian menghadapi tingkat kejenuhan konsumen yang mungkin saja akan mengurangi kuliner diluar rumah saat musim tanggal tua.

Dan yang lebih berat adalah mengantisipasi masalah daya tahan produk yang sangat terbatas sehingga anda harus mahir dalam memperhitungkan kapasitas yang tepat.

Kunci sukses dalam bisnis makanan bagi pemula

Memuai usaha kuliner memerlukan ketekunan serta manajemen yang baik karena kesuksesan para pengusaha di bidang ini kebanyakan ialah mereka yang sudah memiliki elanggan tetap.

Kemudian di tambah lagi dengan variasi jenis jenis makanan yang dipasarkan sangat kreatif dan inovatif di utamakan ialah rasanya yang tidak pernah mengecewakan konsumen.

Ada beberapa hal yang cukup memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan seorang pemula dalam menjalankan bisnis makanan atau kuliner diantaranya:

  • Makanan harus mempunyai kualitas bagus – Hal ini bisa di mulai dari pemilihan bahan, pengolahan, penyajian dan pengemasan.

Memilih bahan makanan yang terjamin kualitasnya, higienis dan aman dari segala zat berbahaya tentu tidak akan pernah membuat anda rugi karena nantinya adalah konsumen yang menilai.

  • Inovasi produk dan pemasaran – Pada umumnya pemenang dalam bisnis olahan makanan ialah mereka yang kaya akan inovasi dan kreatif baik dari menu yang disajikan maupaun metode pemasarannya.
  • Menjaga loyalitas dengan pelanggan – Layani semua pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana tanpa memilih milih anda sudah kenal atau belum dengan mereka, sehingga bisa meninggalkan kesan yang mendalam.

Anda bisa memanfaatkan akun sosial media untuk menjalin relationship lebih dekat dengan semua pelanggan.

  • Segment pasar yang di incar – Strategi penjualan yang bagus tentunya berhubungan langsung dengan target konsumen yang di bidik.

Semua pekerjaan baik jenis usaha dagang ataupun jenis bisnis online yang akan anda pilih misalnya sudah pasti tidak akan lepas dari beragam tantangan.

Modal utama ialah rasa percaya diri dan tidak pernah takut untuk mencoba karena sudah banyak para pebisnis di bidang kuliner yang mencapai sukses, meskipun pada saat awal membangun usahanya tidak memiliki keterampilan dan keahlian khusus pada bidang tersebut.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.