Usaha dan bisnis modal kecil yang menjanjikan untung besar

10 Inspirasi Usaha Yang Menjanjikan dan Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan

By: Egy arisandi

Inspirasi peluang bisnis dan usaha kecil kecilan yang menjanjikan dengan modal minim agar bisa menghasilkan untung besar bagi pemula yang ingin sukses dalam membangun wirausaha sebaiknya sangat teliti dan cermat serta dapat memahami apa yang potensial di sekitar kita.

Usaha kecil menengah atau UKM sesungguhnya sangat berperan penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi bangsa ini dan layak untuk di bidik, mengingat masih banyak sektor bisnis yang memiliki peluang cukup besar untuk dikembangkan.

Dengan ketersediaan modal usaha yang sangat terbatas, maka menentukan jenis bisnis yang paling menguntungkan sebaiknya anda paham apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini bertujuan supaya putaran keuangan bisa berjalan lebih cepat, dan mengurangi resiko dimana modal anda terjebak atau mengendap terlalu lama karena sulitnya melakukan penjualan.

Contoh ide usaha kecil yang menjanjikan dan menguntungkan

Sukses menjalankan bisnis dengan modal kecil akan mudah di raih apabila anda memiliki bakat serta mampu konsisten mengelolanya, berikut ini ialah 10 contoh aktifitas yang dapat anda jadikan sebagai bahan analisa serta  inspirasi bisnis dan usaha.

1. Usaha warung kopi sederhana

Usaha yang menjajikan dengan modal kecil

Warung kopi sederhana identik dengan tempat nongkrong yang tidak memerlukan lokasi terlalu mewah, boleh dibilang sekelas usaha di emperan.

Sepintas memang tampak kurang elegan, namun jangan pernah pandang sebelah mata karena sebenarnya ini adalah sebuah usaha yang cukup menguntungkan.

Secara metematis saja sudah dapat di kalkulasi berapa modal satu cangkir kopi kemudian berapa nilai jualnya.

Anggap satu cangkir kopi hitam umumnya di jual kisaran Rp 3 ribu per cangkir, sedangkan modal satu sachet kopi hitam jika anda belanja dari grosir hanya sebesar seribu rupiah.

Boleh lah kiranya mengambil untung bersih seribu rupiah per cangkir setelah dipotong biaya memasak air maupun sabun cuci gelas, kemudian kerjanya juga yang terbilang sangat mudah tanpa ribet.

Apabila memiliki tempat di area yang ramai, sekitar terminal, pasar, dekat kampus, atau lingkungan pabrik, maka usaha ini sangat layak untuk di bidik.

Sediakan fasilitas tambahan

Karena warung kopi cenderung menjadi tempat paling pas buat nongkrong, maka untuk menjadikan pengunjung makin betah sebaiknya juga menyediakan beberapa hiburan pendukung seperti:

  • TV dan music DVD
  • Free Wifi adalah yang paling menarik saat ini
  • Koran & Majalah

Jika sudah memiliki pelanggan, maka kesempatan untuk menjual makanan ringan maupun jajanan serta beragam minuman lainnya tentu akan menambah sumber pendapatan warung kopi anda.

2. Membuka jasa laundry kiloan

Peluang usaha rumahan yang menjanjikan

Saat ini masyarakat menginginkan yang serba praktis mengingat tingkat kesibukan yang juga kian padat.

Bahkan untuk mencuci baju saja sudah banyak yang memilih menggunakan jasa laundry karena mereka yang sibuk selalu menganggap bahwa waktu lebih berharga untuk bekerja.

Dengan demikian tidak heran jika bisnis jasa laundry begitu marak saat ini karena bisa dimulai dengan modal kecil dan cukup potensial untuk di jalankan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan saat ini.

Berapa modal yang diperlukan?

Anda dapat memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp 7,5 juta saja.

Peralatan yang dibutuhkan diantaranya ialah:

  • Satu unit mesin cuci satu tabung plus pengering kisaran Rp 2,5 juta
  • Timbangan, plastik packing, dan setrika listrik
  • Kemudian rak dan sarana untuk mendekor tempat usaha
  • Deterjen, pewangi dan alat cuci lainnya

Sebelum membuka usaha ini ada baiknya anda melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran dengan melihat berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor.

Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang mana pada dasarnya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang anda berikan.

Simak juga ulasan terkait tentang ide bisnis dan usaha sampingan untuk karyawan dan ibu rumah tangga serta artikel menarik lainnya mengenai peluang bisnis kuliner dan makanan ringan yang sangat menjanjikan.

3. Menjual pulsa dan paket data kuota internet

Konter pulsa termasuk salah satu bisnis kecil yang saat ini juga sangat potensial bisa menghasilkan untung besar.

Hal ini sangat beralasan mengingat pertumbuhan teknologi gadget yang kian pesat bahkan hampir semua orang saat ini membutuhkan dan tergantung dengan akses internet.

Dan belakangan ini konter pulsa justru lebih laris melakukan penjualan paket data kuota internet daripada pulsa regular itu sendiri.

Sedangkan keunggulan usaha konter pulsa tidak terlalu dipusingkan oleh kebutuhan tempat karena bisa anda kerjakan di teras rumah ataupun di lapak yang sangat minim.

Kemudian dagangan ini juga dapat dipastikan akan laku dijual dimanapun selama masyarakat masih memakai perangkat telephon seluler maupun gadget yang butuh internet.

4. Usaha kecil di bidang online

Peluang bisnis online untuk pemula tanpa modal

Yang tidak kalah menarik dan paling banyak diminati oleh para pemula yang ingin terjun dalam dunia usaha ialah menjalankan bisnis online.

Selain bisa dimulai dengan modal kecil, bisnis online saat ini telah sangat populer dan potensinya memang sangat luar biasa mengingat pertumbuhan pengguna internet di negeri ini yang setiap tahunnya akan terus meningkat.

Beberapa ide yang bisa dipilih sebagai lahan usaha di bidang online dengan budget modal minim antara lain ialah:

  • Menjadi penulis blog – Lebih populer disebut sebagai seorang content writer yang pekerjaannya ialah menulis artikel yang akan di publikasikan pada sebuah blog atau situs web.
  • Berkarir di YouTube – Bisnis ini bisa anda kelola secara personal hanya dengan dukungan jaringan internet dan perangkat yang bisa anda gunakan untuk mengolah video.

Penghasilan seorang youtuber tidak bisa dipandang sebelah mata sebab jika ia mampu membuat video populer maka uang puluhan juta akan sangat mudah didapatkan setiap bulannya.

  • Menjadi blogger – Ini adalah profesi yang cukup menjanjikan karena popularitas media blog saat ini telah mengalahkan media konvensional seperti majalah dan koran.

Sebenarnya masih sangat banyak jenis usaha di bidang online yang bisa anda mulai dengan modal terbatas seperti toko online dropshiping atau bisnis endorser menggunakan sosial media.

Selengkapnya bisa anda simak pada artikel mengenai cara memulai bisnis online untuk pemula dan beragam peluang bisnis tahun 2018 yang memiliki prospek sangat menjanjikan.

5. Menjalankan bisnis franchise atau waralaba

Bisnis waralaba minuman yang menguntungkan saat ini

Usaha yang menjanjikan lainnya yang patut anda coba adalah jenis bisnis franchise atau waralaba untuk brand yang sudah populer dan tentunya pilih yang sesuai dengan ketersediaan modal anda.

Ambil contoh usaha waralaba dengan brand “nyoklat klasik” milik ibu Ovi yang beberapa waktu lalau sempat viral di sosial media dengan video hebohnya menyebar duit.

Beliau sudah sangat sukses dengan bisnis franchise ini karena telah memiliki ratusan outlet yang tersebar diseluruh Indonesia.

Kemudian mengenai produknya yaitu berupa farian minuman coklat yang banyak digemari oleh anak anak, remaja bahkan tidak jarang juga kaum dewasa sehingga sudah wajar jika usaha ini begitu populer dan sukses.

Untuk dapat bermitra dengan brand waralaba ini anda harus menyediakan modal minimal sebesar Rp 17 juta dan akan mendapatkan paket minibar lengkap dengan peralatan untuk siap berjualan.

Beragam kendala dan permasalahan yang sering di hadapi pengusaha kecil menengah

UKM yang saat ini tengah banyak di bidik sebagai lahan bisnis dan memiliki kontribusi yang besar terhadap kemajuan ekonomi bangsa, maka sudah sepantasnya pemerintah ikut memberikan perhatian.

Khususnya dalam urusan permodalan yang mana masih banyak masyarakat kesulitan dalam memperoleh akses sumber pembiayaan atau pemberi pinjaman uang modal usaha kecil.

Tentunya masalah ini yang menjadikan penghambat pertumbuhan ekonomi khusus bagi masyarakat kecil menengah.

Regulasi atau persyaratan pengajuan pinjaman yang tampak sangat sulit untuk dipenuhi olah calon debitur dari kalangan masyarakat ekonomi kecil ini sebaiknya di evaluasi ulang oleh semua lembaga keuangan maupun perbankan sehingga sumber modal usaha bisa lebih mudah didapatkan.

Kemudian tentang pembinaan sebenarnya juga tetap berharap pemerintah ikut andil dalam memberikan solusi serta beragam pelatihan sebagai modal wawasan dan ilmu kewirausahaan.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.