Ciri peluang usaha dan bisnis yang potensial

Ciri Ciri Peluang Bisnis dan Usaha Yang Potensial Untuk Dijalankan Saat Ini

By: Egy arisandi

Menjawab pertanyaan tentang ciri sebuah bisnis atau usaha yang cukup potensial untuk dijalankan saat ini memang tidak terlepas dari kreatifitas dan inovasi yang harus di terapkan oleh semua pelaku bisnis atau dengan kata lain selalu melakukan update dengan konsisten.

Apakah anda seorang pengusaha? Jika ya, apakah usaha yang anda jalankan sudah baik? Mungkin hal ini patut untuk anda pikirkan.

Karena baik tidak suatu usaha akan menentukan keberlangsungan dari usaha itu sendiri. Usaha yang baik tentunya akan memberikan peluang keuntungan yang baik pula.

Selain itu anda juga bisa menentukan langkah selanjutnya dalam mengelola bisnis tersebut. Bila telah terdeteksi bahwa bisnis yang anda tekuni saat ini tidak memiliki potensi yang menguntungkan maka sudah saatnyalah anda memikirkan ide yang lain untuk menggantinya.

Karena dari pada anda teruskan malah hanya akan mendatangkan kerugian lebih baik anda mencoba ide lain yang sekiranya bisa lebih menjanjikan.

Tidak ada salahnya mencoba, karena tanpa adanya perubahan anda tidak akan pernah bisa berkembang. Usaha yang tidak menunjukkan trend kenaikan, sudah bisa dipastikan jika usaha tersebut tidak menjanjikan.

Buat apa terus menjalankan usaha yang tidak bisa memberikan keuntungan. Barangkali ada namun tidak pasti. Itulah yang seharusnya bisa mendorong anda untuk berpikir kembali tentang usaha lain.

9 Tanda yang harus anda cermati untuk menentukan sebuah usaha yang potensial

Berikut ini kami berikan beberapa ciri usaha yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

1. Memiliki nilai jual yang tinggi

Ciri pertama dari usaha yang baik adalah memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini bisa didapatkan ketika anda memiliki ide-ide yang unik ketika mendirikan usaha tersebut.

Produk yang anda hasilkan pun jika memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di produk yang lain tentunya memiliki nilai jual yang tinggi.

Faktor keunikan inilah yang seringkali membuat konsumen atau masyarakat tertarik dan berani untuk membeli dengan harga yang tinggi. Di sinilah anda dituntut untuk senantiasa kreatif dan inovatif dalam berbisnis.

2. Nyata

Jangan hanya anda pendam apa yang telah anda rencanakan dan impikan selama ini. Wujudkanlah apa yang anda inginkan, tak perlu takut untuk gagal karena kegagalan itu pasti akan ada namun tidak selalu.

Lakukan saja dulu dari pada anda menyesal akhirnya, sebelum impian anda terwujud. Karena dari sinilah anda bisa mengetahui apakah yang anda pikirkan selama ini menguntungkan atau tidak, dan baik untuk dijalankan atau tidak. Setelah itu anda patut untuk fokus terhadap hal tersebut.

Simak juga artikel terkait tentang inspirasi usaha menjanjikan dengan modal kecil yang menguntungkan serta ulasan menarik lainnya mengenai contoh usaha dagang yang laris dan menguntungkan saat ini.

3. Bukan usaha yang sifatnya musiman

Umumnya usaha-usaha yang sedang berjalan saat ini merupakan usaha yang musiman. Maksudnya bisnis yang berjalan hanya akan ramai di awal saja namun semakin lama usaha tersebut akan semakin meredup dan pada akhirnya harus tutup.

Oleh sebab itu sudah seharusnya anda memikirkan sebuah usaha yang mampu berjalan dari waktu ke waktu. Sehingga keuntungan yang anda dapatkan pun akan selalu ada, tak hanya awal binis di buka saja.

4. Tidak menghabiskan modal

Selama mendirikan sebuah usaha atau bisnis memang modal selalu dibutuhkan. Namun bila modal yang anda sediakan digunakan selama operasional berlangsung.

Maksudnya selalu membutuhkan modal tambahan di waktu produksi. Hal ini tentunya tidak baik bagi kemajuan usaha anda. Bukan untung tapi malah buntung.

Seharusnya modal yang telah tesedia anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan keuntungan, sehingga bisa mengembalikan modal awal secepatnya.

Dari sinilah anda harus mulai berpikir untuk mengganti ide anda atau bisa juga dengan mencari strategi lain yang lebih tepat.

5. Usaha mampu bertahan dalam jangka panjang

Usaha yang anda jalankan saat ini harus mampu bertahan dalam keadaan apapun. Dari sinilah anda bisa mengetahui potensi dari usaha anda.

Hal ini pastinya ditentukan oleh strategi marketing yang dijalankan. Strategi marketing yang baik bukanlah strategi yang mematok target pasar terlalu luas melainkan strategi yang bisa konsisten dan mampu mempertahankan pelanggan yang ada.

Maka dari itu usaha yang baik adalah usaha yang mampu bersaing dan menghadapi berbagai kondisi yang ada.

6. Skala industri yang bisa di tingkatkan

Usaha dikatakan baik bila usah atersebut mampu menunjukkan trend peningkatan dari waktu ke waktu. Bukan bisnis yang dimulai dengan skala besar.

Hal ini tidak akan berarti bila ke depannya ternyata terseok-seok untuk berkembang. Tak apa pada awalnya kecil, jangan pesimis karena kesempatan untuk berkembang jauh lebih banyak.

Baca juga tips mengelola uang pinjaman modal usaha dari bank serta artikel terkait mengenai stratgei mengelola usaha mulai dari nol sampai sukses.

7. Gagasan yang orisinil

Ciri selanjutnya yang berkaitan dengan baiknya suatu bisnis adalah adanya keorisinilan dari ide yang dicurahkan. Ide yang anda munculkan bukanlah hasil dari meniru dari orang lain melainkan asli dari proses pemikiran anda sendiri.

Karena usaha yang anda tiru tidak akan menjanjikan keberhasilan yang sama. Karena tanpa anda tahu mereka memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa anda miliki.

8. Usaha dapat beradaptasi

Seperti yang telah kami tuliskan sebelumnya bahwa usaha yang baik adalah usaha yang mampu bertahan dalam kondisi apapun dan yang tidak kalah pentingnya adalah mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Kondisi saat usaha anda berdiri tentunya akan berbeda ketika usaha telah berjalan. Dan sudah seharusnya jika anda berpikir akan hal ini.

9. Layak untuk dijalankan

Usaha yang akan dijalankan perlu untuk diuji kelayakannya guna mengetahui bagus tidaknya bisnis tersebut. Kelayakan ini bisa dilihat dari perbandingna antara tujuan yang ada dengan hasil yang diperoleh.

Jika diawal perjalanannya usaha anda tidak mampu mencapai tujuan jangka pendek yang telah ditetapkan maka usaha tersebut bukanlah usaha yang layak untuk dijalankan. Namun jika menunjukkan kesesuaian dengan apa yang telah ditentukan maka teruskan usaha anda.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.