Sukses dan laris jualan lewat instagram

7 Tips Supaya Laris Berjualan Menggunakan Instagram Untuk Pemula

By: Egy arisandi

Ulasan tentang cara agar laris dan sukses jualan di instagram meliputi bagaimana membuat hastag untuk mendatangkan konsumen dan teknik lainnya akan kita bahas secara detail kali ini terutama buat para pemula yang ingin memulai terjun di dunia bisnis online.

Berjualan melalui media online menjadi sesuatu yang lazim dan trend untuk dilakukan di jaman yang serba internet sekarang ini terutamanya platform media sosial instagram. Cara membuat akun, pengoperasiannya yang mudah, serta banyak penggunanya membuat para pebisnis memanfaatkannya menjalankan usaha.

Instagram memang sedang ramai dan terbilang paling mudah dipergunakan untuk melakukan bisnis. Fungsinya bukan hanya untuk memposting foto pribadi tetapi juga untuk lahan usaha yang mana sudah banyaknya orang memiliki profil khusus untuk bisnisnya.

Untuk anda yang memanfaatkan media sosial instagram untuk berbisnis, platfrom ini bisa menjadi ladang gratisan untuk meraup keuntungan.

Strategi marketing agar sukses berbisnis dan jualan di sosial media instagram

Tetapi bagaimana bisnis anda selama ini? Apakah berkembang pesat dan sudah menuai banyak keuntungan? Apabila ternyata bisnis anda yang anda pasarkan pada media instagram masih sepi, mungkin anda melewatkan beberapa hal yang seharusnya anda perhatikan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti agar bisnis anda semakin laris di instagram!

1. Profil usaha anda haruslah jelas

Ada baiknya anda mencantumkan profil yang jelas pada instagram agar penjualan anda maksimal. Anda perlu menulis secara singkat dan jelas deskripsi usaha anda pada kolom bio instagram kemudian cantumkan pula informasi pelengkap seperti website, contact person, alamat, email, dan lain sebagainya.

Jangan melupakan untuk memasang logo bisnis anda sebagai foto profil akun instagram bisnis tersebut. Lengkapnya profil yang anda cantumkan akan meningkatkan kredibilitas akun online shop anda.

2. Memperhatikan konten yang di posting

Sebaiknya memperhatikan tampilan visual foto atau video yang akan anda upload. Instagram merupakan media yang sangat mengutamakan keindahan visual, maka dari itu jangan sampai mengkesampingan hal ini.

Unggahlah kualitas foto dan video yang bagus serta jelas apa maksut didalam konten tersebut. Hindari pengunggahan foto yang blur ataupun pecah karena hal tersebut sungguh tidak menarik.

Tentu saja apabila kualitas foto atau video anda buruk, orang akan malas untuk menyukai, memberi komentar, bahkan untuk membeli produk anda.

3. Tidak terpaku pada jumlah like yang anda dapatkan

Terkadang, saat kita memposting foto produk jualan kita, kita lebih terfokus terhadap pencapaian jumlah like.

Yang terpenting pada sebuah postingan adalah berapa banyak transaksi yang terjadi. Yang harus anda perhatikan yakni konten yang anda unggah.

Apabila foto atau video dari produk anda menarik, maka like dan komen akan datang dengan sendirinya dan tentunya produk anda juga akan berkesempatan untuk laku terjual.

4. Aktif mengunggah konten terbaru

Lakukan secara rutin serta aktif mengunggah konten produk anda melalui foto atau video. Tetapi yang perlu diingat, jangan terlalu sering dalam memposting foto serta video apalagi dalam waktu yang bersamaan karena akan mengganggu timeline para followers anda di instagram.

Sebaiknya anda memberi jarak waktu saat memposting produk anda di Instagram. Misalnya anda mengunggah satu foto pada pagi, kemudian menggunggah lagi pada sore dan malam hari.

Perlunya aktif menggunggah tentu saja agar para calon pembeli mengetahui produk terbaru yang anda tawarkan serta memperlihatkan bahwa akun online shop anda senantiasa aktif.

5. Berinteraksi dengan para followers anda

Anda harus secara aktif menanggapi setiap interaksi followers anda. Banyak hal yang dapat dilakukan, tetapi yang terpenting adalah jangan mengabaikan followers yang bertanya lewat kolom komentar.

Balaslah komentar para calon pembeli anda, dan anda juga harus mengecek dm atau pesan yang ada pada instagram karena seringkali para followers anda lebih memilih menghubungi via instagram ketimbang kontak yang telah anda cantumkan. Jadilah penjual yang ramah ya!

6. Penggunaan hastag yang harus relevan

Anda bisa saja menggunakan hastag atau tagar lebih dari 30 tag pada setiap unggahan anda. Tetapi alangkah lebih baik anda mengefektifkan penggunaan tagar dengan tidak mencantumkan hal hal yang kurang relevan seperti #likeforlike #followforfollow dan tagar lainnya yang tidak berlebihan.

Simak juga ulasan terkait mengenai bisnis toko online tanpa modal dan tanpa stok barang serta artikel menarik lainnya tentang inspirasi usaha menjanjikan dengan modal kecil yang menguntungkan.

7. Hapus foto yang sudah terlalu lama

Foto yang sudah terlalu lama baiknya anda hapus saja. Mengapa demikian? karena itu hanya akan mengganggu tampilan timeline anda.

Apalagi foto tersebut merupakan foto tanpa stock barang yang tersedia. Anda harus menghapusnya untuk menghindari kekecewaan konsumen yang awalnya ingin membeli produk tersebut tetapi ternyata telah habis.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan apabila ingin jualan anda diplatform instagram laris manis. Semoga produk kamu laris ya!

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.