Kelebihan kekurangan mengikuti asuransi

Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Mengikuti Program Asuransi

By: Egy arisandi

Membahas tentang kelebihan dan kekurangan sebuah program asuransi memang memiliki sudut pandang yang cukup obyektif sehingga tidak ada penilaian mutlak untuk hal ini.

Belakangan ini masyarakat Indonesia banyak yang mengikuti program asuransi. Baik asuransi jiwa, kesehatan, mobil, dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya orang yang mengikuti asuransi, maka terlihat bahwa masyarakat semakin sadar akan perlunya “perlindungan” untuk sesuatu yang diasuransikannya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Asuransi adalah pertanggungan, yang mana merupakan perjanjian dari dua belah pihak. Didalam pihak itu, terdapat pihak yang membayar iuran dan pihak lainnya adalah memberi jaminan sepenuhnya kepada pihak pembayar iuran apabila ada sesuatu yang menimpa pihak pembayar iuran sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati atau dibuat.

Tetapi, segala sesuatu selalu ada dua sisi yang menghampirinya. Sisi negatif dan juga sisi positif. Sisi menguntungkan dan sisi merugikan. Tak terkecuali ketika kita mengikuti sebuah program asuransi.

Lalu apa saja kelemahan dan kelebihan ketika kita akhirnya memilih untuk mengikuti program asuransi yang ada? berikut ulasannya!

Apa saja kelebihan ketika kita mengikuti sebuah program asuransi? kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Dengan mengikuti sebuah program asuransi, itu artinya kita memindahkan resiko yang dimiliki pihak yang mengansuransikan kepada pihak asuransi.

Hal ini dipindahkan dengan cara mengikuti aturan dari perusahaan asuransi tersebut dengan juga membayar premi atau iuran yang mana, dalam hal ini amat relatif kecil apabila dibandingkan dengan biaya kerugian yang berpotensi terjadi.

2. Dengan mengikuti program asuransi, kita secara tidak langsung dibiasakan menjadi seseorang yang disiplin dengan cara membayar premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi tadi.

3. Ikut sebuah program asuransi akan dapat menjadi andalan ketika kita membutuhkan dana dengan cepat dan segera. Semisal anda mengalami musibah berupa sakit dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Apabila hal tersebut terjadi dan anda mengikuti program asuransi kesehatan, maka masalah anda akan terselesaikan karena asuransi tersebut yang akan menanggung biaya pengobatan anda.

4. Bertindak sebagai tabungan. Untuk manfaat yang satu ini biasanya dirasakan oleh anda yang mengikuti asuransi jiwa seumur hidup. Singkatnya adalah iuran atau premi yang anda bayarkan akan anda dapatkan kembali apabila ternyata anda membatalkan polis atau mungkin asuransi tersebut sudah mengalami jatuh tempo.

5. Kelebihan lainnya yang anda dapatkan ketika mengikuti sebuah program asuransi adalah, asuransi tersebut dapat dikombinasikan dengan investasi.

Terlebih sekarang ini banyak produk gabungan antara produk asuransi dan juga reksadana yang populer dikenal dengan nama unit link.

Bagaimanakah cara kerjanya? Cara kerjanya adalah dengan, uang iuran atau premi yang anda bayarkan akan dialokasikan sebagian untuk reksadana atau investasi dan sebagian lainnya untuk asuransi. Untuk bagian atau besarnya uang yang masuk pada investasi dan asuransi tergantung kebijakan pemegang polis.

Simak juga info menarik lainnya mengenai Hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli property serta tips menarik tentang cara memilih perusahaan investasi terpercaya.

Asuransi dengan segala kelebihannya yang banyak juga memiliki beberapa kelemahan.

Apa saja kelemahan yang dimiliki ketika kita mengikuti sebuah program asuransi? Kelemahannya adalah sebagai berikut:

1. Premi yang kita bayarkan akan hangus kalau kalau tidak terjadi klaim hingga jangka waktu asuransi telah habis. Inilah alasan terbesar sehingga akhirnya banyak orang yang enggan untuk mengikuti suatu program asuransi.

Muncul pertanyaan, kemudian uang yang dibayarkan akan kemana? maka untuk menjawab pertanyaan anda itu, anda harus ingat bahwa ketika anda mengikuti sebuah program asuransi sejatinya anda adalah memindahkan “resiko” yang anda miliki kepada penjamin atau pihak pengadaan asuransi.

Seorang nasabah asuransi yang memindahkan resikonya tersebut akan mendapat imbalan berupa rasa aman. Sebenarnya, rasa aman tersebutlah yang selama ini anda bayarkan dengan iuran atau premi tersebut.

Sehingga apabila akhirnya jatuh tempo, uang yang selama ini anda bayarkan tidak akan kembali. Tetapi meskipun begitu, sejatinya kita telah mendapatkan rasa aman selama selang waktu asuransi tersebut.

2. Lingkup penanggulangan resiko yang terbatas. Potensi rugi yang ditanggung oleh perusahaan jasa asuransi sangat terbatas pada resiko yang mana resiko tersebut dapat dihitung atau dikalkulasikan secara ekonomi.

Juga kenyataannya, asuransi hanya dapat membayar kerugian yang anda rasakan yang mana hal tersebut telah tercantum pada polis. Sehingga, semisalkan kita mengikuti asuransi kebakaran, maka apabila rumah kita rusak akibat gempa bumi maka santunan tersebut tidak berlaku.

Itulah kelebihan dan kelemahan dalam mengikuti sebuah program asuransi. Segala sesuatu memiliki kelemahan dan kelebihan, maka sebagai manusia yang bijak sebaiknya kita mempertimbangkan kedua sisi ini secara bersamaan agar dikemudian hari tidak merasa dirugikan.

Loading...
Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.