Keuntungan dan keunggulan investasi properti rumah

Keuntungan Melakukan Investasi Properti Rumah Dibanding Instrument Lainnya

By: Egy arisandi

Mengetahui keuntungan dan keunggulan investasi rumah dan properti lainnya dibanding dengan jenis instrumen investasi lainnya bisa menjadi acuan bahwasannya yang satu ini pantas untuk dipertimbangkan.

Memiliki penghasilan dan memikirkan bagaimana cara agar uang yang dihasilkan bisa bertambah dikemudian hari dengan cara berinvestasi merupakan pilihan bagi banyak orang.

Bentuk investasi banyak ragam seperti properti (tanah, rumah, ruko, condotel, apartement), emas, saham, maupun berbagai bentuk investasi lainnya yang tentunya menguntungkan. Banyak masyarakat saat ini yang sudah pintar bagaimana cara mengelola keuangan mereka demi masa depan.

Alasan tentang investasi rumah adalah yang terbaik dan menguntungkan

Bila dilihat dari perkembangan zaman dahulu hingga saat ini kebanyakan dari orang adalah berinvestasi di bidang properti karena setiap tahun harganya selalu meningkat dan semakin mahal selain itu karena jumlah penduduk yang semakin meningkat jumlah lahan yang dimiliki pun juga akan semakin sempit.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi mengingat setiap orang perlu adanya tempat tinggal untuk berteduh, beristirahat maupun berkumpul dengan keluarga.

Jika saat ini anda belum memiliki rumah, perlu memikirkan dan dipersiapkan mulai dari sekarang apakah mau membeli rumah secara cash atau kredit yang bisa lebih meringankan dalam pembayarannya.

Disamping investasi rumah terbilang sangat aman dan minim resiko juga masih memiliki banyak keuntungan lainnya seperti yang telah dirangkum dari beberapa situs properti diantaranya ialah:

  • Keuntungan sewa – Apabila hunian yang anda miliki tidak digunakan atau tidak ditempati bisa anda jadikan sebagai sumber pendapatan anda dengan jalan menjadikan rumah sebagai kontrakan atau kost bahkan disewakan untuk ruang usaha.
  • Memiliki rumah sendiri berarti memiliki sertifikat rumah dimana bisa anda jadikan agunan di lembaga keungan apabila membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan.
  • Peningkatan harga – Tiap tahun harga property cenderung naik dan apabila bangunan yang dimiliki diberikan renovasi bisa menambah nilai jual atau sewa yang lebih bagus.
  • Milik sendiri – Pembelian rumah untuk hunian sendiri walaupun dalam pelunasannya menggunakan KPR setelah lunas sudah menjadi milik sendiri.
  • Tempat lebih aman – Rumah terletak di lokasi yang dapat terlihat (tempat umum) sehingga akan tetap aman;
  • Perlindungan lebih terjamin – Rumah tidak akan pernah dicuri (kecuali isi rumah). Namun dengan tinggal di lokasi yang terlihat di tempat umum bisa menjadikan hunian yang ditempati lebih aman dari gangguan.
  • Menuangkan hobi – Rumah bisa dijadikan tempat untuk menuangkan ide kreatif untuk menjadi arsitek hunian sendiri.
  • Tabungan masa depan – Dibandingkan dengan memiliki investasi lain, memiliki property jauh lebih terhindar dari inflasi tiap tahun.

Tips merencanakan investasi properti agar lebih cepat profit kedepannya

Selain keuntungan-keuntungan di atas, agar lebih bisa mendapatkan manfaat maksimal untuk jangka waktu ke depan dalam pemilihan rumah bisa mengikuti beberapa tips yang diberikan di bawah ini :

  • Lokasi yang dipilih tentunya dekat dengan berbagai fasilitas yang memudahkan penghuni misalkan dekat dengan stasiun, sekolah, tempat ibadah, tempat perbelanjaan atau fasilitas penunjang lainnya yang mendukung aktivitas.
  • Developer atau pengembang haruslah yang terpercaya dan jangan sampai tanah yang dibangun bermasalah, serta bahan yang digunakan bagus sesuai dengan harga.
  • Memilih rumah idaman harus disesuaikan dengan anggaran agar tidak terjadi kemacetan saat membayar atau mengganggu keuangan yang lainnya.
  • Harga yang tertera bisa anda tawar dan tentu saja penawaran yang diberikan dengan memperhatikan luas tanah dan bangunan, bahan yang dipakai, lokasi dan pertimbangan lainnya.
  • Sebelum memutuskan untuk membeli hunian lebih baik lihat dahulu lahan yang akan dibangun sudah memiliki ijin dari pemerintah setempat atau belum, untuk kedepannya lokasi tersebut akan dijadikan apa saja, lokasi tersebut apakah tergolong aman untuk dihuni, adakah pemasangan listrik di dekat lokasi anda.
  • Infrastruktur (fasilitas) yang disediakan di sekitar rumah dan jaminan keamanan rumah yang diprediksi bisa menimbulkan nilai jual tinggi untuk waktu yang akan datang.

Jangan lupa simak juga ulasan terkait mengenai ide bisnis dan usaha dengan modal kecil paling ideal untuk ibu rumah tangga serta artikel menarik lainnya tentang contoh peluang usaha yang menjanjikan di desa saat ini.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.