Keuntungan dan kerugian melakukan pinjaman pada bank

Beberapa Keuntungan dan Kerugian Meminjam Uang atau Kredit Kepada Bank

By: Egy arisandi

Membahas mengenai beragam keuntungan dan kerugian dari sebuah pinjaman atau kredit pada lembaga keuangan perbankan memang akan sangat luas sekali karena setiap orang juga akan berbeda situasinya secara finansial.

Dengan penghasilan tetap selama sebulan terkadang anda tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup terutama kebutuhan hidup sekunder. Seperti untuk membeli atau merenovasi rumah, membeli mobil baru atau second, membayar biaya pendidikan anak yang semakin mahal atau bahkan untuk modal usaha.

Saat membutuhkan dana selain dengan cara meminjam uang kepada keluarga terdekat dapat juga dengan meminjam uang dari pihak bank. Pihak perbankan menawarkan berbagai jenis pinjaman kepada nasabah yang memerlukan dana dalam jumlah yang cukup besar.

5 Hal hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum meminjam uang pada bank

Ada beberapa point yang harus diperhatikan saat anda memutuskan untuk meminjam uang dari bank antara lain yaitu:

1. Tujuan meminjam uang

Sebaiknya tujuan anda meminjam uang harus benar dan untuk menunjang kebutuhan hidup anda. Jangan hanya untuk memenuhi kepentingan pribadi saja yang mungkin tidak terlalu penting seperti dana untuk mengadakan pesta atau pergi berlibur keluar negeri.

2. Memiliki penghasilan tetap setiap bulan

Apabila anda memutuskan untuk melakukan pinjaman ke bank pastikan anda memiliki penghasilan yang tetap setiap bulannya. Anda juga harus bisa menyisihkan sebagian uang penghasilan anda untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya.

Sebaiknya anda berpikir ulang untuk mengambil pinjaman dari bank, jangan menambah beban hidup anda sendiri karena tidak mampu melunasi cicilan jika anda tidak mempunyai sumber penghasilan yang tetap setiap bulannya.

3. Memilih jangka waktu pelunasan pinjaman dengan tepat

Jika anda mampu membayar angsuran lebih cepat dengan jangka waktu yang lebih pendek tentu akan lebih baik dan tidak membebani pengeluaran anda setiap bulannya selama beberapa tahun. Sehingga anda bisa segera mengatur pendapatan anda untuk keperluan yang lain.

Sebagai contoh bisa anda simak tentang tabel pinjaman bank BRI tahun 2018 dan tabel pinjaman bank Mandiri sebagai perhitungan simulasi kredit dan cicilan.

4. Besarnya jumlah pinjaman

Sesuaikan besarnya jumlah pinjaman dengan jangka waktu pelunasan pinjaman dan kemampuan anda untuk menyisihan uang penghasilan yang akan digunakan dalam membayar angsuran setiap bulannya. Jangan meminjam dengan jumlah yang terlalu besar karena akan membebani dan mengganggu kebutuhan yang lain setiap bulan.

5. Survey bank dan produk yang ditawarkan

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman di salah satu bank, anda dapat melakukan survey terlebih dahulu bank yang menawarkan program peminjaman uang dan mempelajari jenis produk yang ditawarkan, besar bunga bank dan tenor waktu yang disediakan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Untung dan rugi melakukan pinjaman kepada bank

Selain beberapa point di atas anda sebaiknya juga menyimak keuntungan dan kerugian sebelum anda memutuskan untuk melakukan peminjaman uang di bank.

Keuntungan yang di dapat saat meminjam uang di bank:

  • Persyaratan yang cukup jelas dan mudah untuk mengajukan peminjaman uang ke bank
  • Bunga pinjaman standard yang sudah ditetapkan oleh pihak bank dan waktu pelunasan peminjaman uang sesuai dengan tenor waktu yang disediakan oleh bank
  • Proses pencairan dana yang relatif cepat cuma dalam hitungan hari
  • Dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan penting akan tersedia dengan cepat
  • Dapat segera memiliki barang yang akan dipergunakan untuk keperluan sehari-hari jika dana dibutuhkan untuk membeli suatu barang
  • Sementara jika dana diperlukan untuk memulai suatu usaha maka anda segera dapat mewujudkan keinginan tersebut

Sementara kerugian meminjam uang di bank adalah:

  • Ada tanggal jatuh tempo yang tercantum pada tagihan bulanan untuk melakukan pembayaran angsuran. Akan dikenakan denda jika pembayaran angsuran melewati tanggal yang telah ditentukan. Bank juga tidak akan memberi keringanan atau memberikan waktu lebih panjang jika suatu saat anda tidak dapat membayar angsuran bulanan karena kesulitan keuangan atau karena alasan lain
  • Biasanya pihak bank memberikan pinjaman yang lebih besar dari penghasilan anda. Sebaiknya anda tetap menyesuaikan antara besarnya jumlah pinjaman dengan pendapatan yang mampu anda sisihkan selama sebulan supaya tidak kesulitan dalam membayar angsuran
  • Jangan sampai anda tidak dapat melunasi angsuran pinjaman uang setiap bulannya karena akan semakin menumpuk dan menjerat anda kedalam masalah hutang
  • Semakin banyak kredit yang ditawarkan adalah salah satu faktor yang akan menjadi penyebab adanya inflasi. Inflasi sendiri adalah suatu proses meningkatnya harga berkaitan dengan mekanisme pasar yang salah satunya disebabkan oleh berlebihnya alat tukar
  • Saat penerima pinjaman tidak dapat membayar angsuran maka bank dapat melakukan penagihan, mengambil dan menyita untuk mendapatkan haknya

Simak juga ulasan menarik lainnya tentang waktu dan situasi paling tepat kapan harus meminjam kepada bank serta artikel terkait mengenai keunggulan mengajukan kredit dan pinjaman pada bank syariah.

Anda dapat mempertimbangkan beberapa point keuntungan dan kerugian tersebut di atas jika anda memutuskan hendak meminjam uang dari bank.

Pikirkan mengenai bunga yang dikenakan, cara membayar angsuran setiap bulannya dan apa yang harus dilakukan jika anda tidak mampu membayar angsuran karena suatu hal tertentu.

Pastikan meminjam uang di bank ini sebagai solusi untuk mendukung kesejahteraan hidup anda dan bukan menyeret anda ke dalam suatu masalah hutang yang merugikan.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.