Keuntungan dan keunggulan mengajukan pinjaman dana pada bank syariah

6 Keunggulan dan Keuntungan Mengajukan Produk Pinjaman Dari Bank Syariah

By: Egy arisandi

Mengajukan pinjaman tunai pada bank berbasis syariah memiliki beberapa keuntungan serta keunggulan yang tidak akan didapat dari lembaga keuangan lainnya.

Indonesia memang menjadi negara muslim yang terbesar di dunia dengan mayoritas masyarakatnya adalah beragama islam.

Maka tidak heran sistem lembaga keuangan perbankan maupun non-bank kini mulai dilengkapi dengan progam syariah. Dimana lembaga keuangan syariah adalah sebuah skema atau system yang berdasarkan prinsip-prinsip hukum islam mengenai jual beli, dan hutang pihutang.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan prinsip syariah ini yang diterapkan kepada perbankan Indonesia, diantaranya adalah meningkatkan rasio pinjaman tanpa harus membuat nasabah khawatir akan dosa riba’ dan sebagainya.

Keuntungan serta nilai plus yang di dapat dari pinjaman bank berbasis syariah

Nah, beberapa keuntungan ini ternyata juga membawa pembaruhan dalam sytem pinjaman atau kredit debitur yang beragama islam untuk lebih berani mengembangkan usahanya dengan mengandalkan pinjaman dari bank berbasis syariah.

Saat ini perbankan di Indonesia hampir seluruhnya memberikan penawaran pinjaman syariah untuk pengembangan modal usaha, investasi, dan juga kebutuhan hidup kalayak umum.

Keuntungan-keuntungan dalam menggunakan produk syariah ini juga bisa Anda rasakan. Namun bila Anda belum tahu betul mengenai keunggulan meminjam dana di bank syariah ini, maka pahami terlebih dahulu dari segi keuntungannya.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam pengajuan pinjaman menggunakan sistem syariah.

1. Penyerahan dana atau modal dilakukan secara tunai

Bentuk pencairan pinjaman dana syariah, pinjaman ini diberikan secara tunai atau tidak berhutang. Dalam hal ini walaupun bukan dalam bentuk uang cash, biasanya juga dalam bentuk barang berharga yang dinyatakan dengan nilainya.

2. Berdasarkan atas kesepakatan/perjanjian kedua belah pihak

Selain menggunakan sistem bagi hasil, di dalam pinjaman dana syariah jumlah bagi hasil bukan secara wajib atau harus mengikuti peraturan bank, melainkan dengan berdasarkan kesepakatan masing-masing diantara kedua belah pihak.

Kesepakatan harus terbentuk oleh kedua belah pihak antara nasabah dan bank sehingga terbentuk perjanjian kerjasama baru dana bisa dicairkan.

3. Menerapkan sistem bagi hasil

Sistem pinjaman dana syariah ini tidak menggunakan dasar hitungan suku bunga, melainkan menggunakan dasar sistem yang telah disebut bagi hasil, nisbah atau juga revenue sharing dengan dimana peminjam diharuskan membagi hasil usahanya dengan pihak bank.

Maka, tidak akan ada perhitungan suku bunga dalam kesepakatan bagi hasil ini, sehingga di dalam peminjaman dana bank syariah akan lebih meringankan pihak peminjam juga tidak membuat rugi pihak bank. Keduanya sama-sama diuntungkan.

4. Kewajiban zakat akan terpotong secara otomatis

Pada setiap bulannya dalam pinjaman bank syariah, dalam perjanjian pasti ada pemotongan pajak otomatis setiap bulannya, yakni zakat mal 2,5% sehingga pemilik tabungan tidak perlu lagi mengurus zakat atau penyucian harta sebagaimana tertera dalam agama yang menjadi kewajiban dari pemilik harta.

5. Kantor bank syariah sudah tersebar luas

Kenapa lebih menguntungkan bank syariah? Sebab dalam hal jaringan atau ketersediaan produk syariah ini telah tersebar luas di Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia maka perlu lebih luas lagi mengenai bank syariah dengan berbagai publikasi dari pihak bank untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat muslim.

6. Produk keuangan dari bank syariah juga sangat beragam

Pada dasarnya dalam islam hukum mengenai jual beli dan riba atau larangannya sudah begitu jelas. Dengan bekerjasama bersama MUI, bank syariah sudah mengeluarkan banyak sekali produk bank untuk masyarakat.

Semua produk bank tersebut berbasis hukum islam, baik dalam mode produk jual beli, jasa, bagi hasil, keperluan pinjaman, dan juga sewa.

Maka dengan demikian akan lebih baik bagi Anda memahami semua produk dan tentunya syarat dan ketentuannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga ringan serta artikel menarik lainnya tentang produk pinjaman dengan proses cepat langsung cair.

Nah, setelah mengetahui tentang kelebihan pinjaman dana di bank syariah diatas maka semua yang menjadi tujuan Anda pasti bisa dilayani dengan baik oleh pihak bank, sebab saat ini pelayanan perbankan Indonesia selalu ditingkatkan demi kepuasan nasabah atau masyarakat luas dan juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.