Jenis pinjaman kredit untuk modal usaha dari bank mandiri

5 Jenis Kredit Pinjaman Untuk Modal Usaha Dari Bank Mandiri

By: Egy arisandi

Bagi anda yang mungkin ingin membuka usaha tetapi kekurangan modal? tenang saja! Zaman sekarang sudah banyak sekali yang menawarkan pinjaman dengan syarat mudah dan bunga ringan. Meskipun begitu jangan sembrono dalam mengambil pinjaman bisa-bisa malah akhirnya anda terlilit hutang.

Ada banyak sekali jenis pinjaman yang bisa anda dipilih yang telah disediakan oleh berbagai jasa kredit. Tetapi karena ini berhubungan dengan modal usaha anda, lebih baik apabila memperhatikan penyedia jasa kredit tersebut apakah sudah sesuai dengan ketentuan OJK.

Apabila anda ingin aman alangkah lebih baik jika meminjam dana pada bank karena pada umumnya sudah sangat terpercaya dan lebih jelas ketentuan hukumnya.

Apabila anda melirik bank sebagai tempat untuk meminjam dana, tidak ada salahnya anda memilih bank Mandiri sebagai solusinya. Ini merupakan bank Negara yang sudah berkembang sangat besar dan seringkali dipilih oleh masyarakat.

Kredit dan pinjaman modal usaha dari bank Mandiri

Ada setidaknya 5 jenis pinjaman yang akan di ulas, beberapa kredit yang disediakan oleh bank Mandiri ini adalah salah satu yang paling cocok untuk kebutuhan modal bisnis dan usaha yaitu:

1. Pinjaman  KTA Mandiri

Cara mencari dan mendapatkan modal bisnis

Kredit Tanpa Agunan atau pinjaman KTA milik Bank Mandiri ini tidak jauh berbeda dengan KTA yang dimiliki  bank lainnya.

Jadi tanpa anda memiliki suatu jaminan apapun itu tidak akan masalah, anda tetap dapat mendapatkan pinjaman dana. Tetapi tentu saja ada persyaratan yang harus dilengkapi yaitu adanya penghasilan minimum bagi calon kreditur.

Pinjaman dapat dipinjam hingga sebesar 200 juta dengan maksimal lama peminjaman (tenor) yakni tiga tahun lamanya bagi pegawai yang menyalurkan gajinya non Mandiri.

Sedangkan bagi kreditur yang menggunakan Mandiri, tenornya dapat hingga lima tahun lamanya. Untuk suku bunga yang dibebankan pada peminjam yakni sebesar 17,52% pertahun.

2. Mandiri Serbaguna Mikro

Tentu saja sesuai namanya produk ini di peruntukkan pada pengusaha mikro guna mencukupi kebutuhannya. Bahkan meskipun anda akan berternak lele sekalipun akan dapat di modali dengan pinjaman ini.

Tetapi untuk masalah persyaratan tentu saja tidak jauh berbeda dengan KTA Mandiri, yang mana kreditur tadi harus telah memiliki status kepegawaian.

Maksimal peminjaman untuk Mandiri Serbaguna Mikro adalah sebesar 50 juta. Bagaimana dengan durasi meminjamnya? yakni maksimal 3 tahun atau selama 36 bulan. Berapa bunga yang di bebankan pada pinjaman ini? bunga yang dibebankan adalah sebesar 19,25% setiap tahunnya.

3. KTA Mandiri Mitrakarya

Ini merupakan Kredit Tanpa Agunan yang di sediakan untuk para karyawan yang mana menyalurkan gajinya melalui Mandiri, atau perusahaan tempatnya bekerja menjalin kemitraan dengan Mandiri.

Oleh sebab itulah pinjaman ini akan lebih mudah daripada KTA biasa. Ada beberapa ketentuan-ketentuan pada KTA Mandiri Mitrakarya ini antaralain:

  • Minimal bekerja pada perusahaan tersebut setidaknya selama 1 tahun
  • Maksimal banyaknya peminjaman yaitu sebanyak 200 juta
  • Tenor paling lama lima tahun
  • Untuk program khusus antara Mandiri dengan perusahaan, tenor mencapai 350 juta dengan tenor selama sepuluh tahun
  • Suku bunga yang dibebankan pada pinjaman ini sebanyak 17,52% setiap tahunnya

4. Mandiri Kredit Mikro

Jenis pinjaman ini diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro. Lalu apa bedanya dengan pinjaman Mandiri Serbaguna Mikro? bedanya adalah, Kredit Mikro ini diperuntukkan kepada pelaku usaha yang telah memiliki usaha tersebut setidaknya selama dua tahun dengan lokasi usaha yang tetap.

Untuk membuktikan usaha tersebut telah berjalan, wajib menyertakan surat keterangan dari kelurahan/desa setempat dan menyertakan surat keterangan pengelola lokasi usaha seperti dinas pasar atau pengelola ruko.

Sedangkan jumlah peminjaman maksimal hingga sebesar 200 juta dengan plafon selama 36 bulan atau 3 tahun lamanya.

5. Kredit Modal Kerja

Produk pinjaman terakhir yang cocok untuk memodali usaha anda adalah Kredit Modal Kerja. Ini merupakan jenis kredit yang menawarkan pinjaman dengan jumlah yang besar.

Ada minimal jumlah peminjaman yang di sebutkan pada website mandiri yakni sebesar 100 juta dan maksimal peminjaman sebesar 10 miliar.

Untuk jangka waktu peminjaman, hanya disebutkan setahun, tetapi bisa diperpanjang. Pinjaman ini juga memerlukan surat izin usaha sebagai syaratnya seperti NPWP, STD, SIUP, dan lain sebagainya.

Simak juga ulasan terkait mengenai tabel pinjaman dan cicilan kredit bank mandiri serta artikel menarik lainnya tentang pinjaman fintech solusi dana cepat secara online.

Itulah sedikit tentang produk pinjaman mandiri yang dapat anda pilih. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan anda. Pada dasarnya, setiap pinjaman di bank Mandiri terdapat bunga yang tergolong rendah. Dalam memilih, alangkah baiknya anda lakukan dengan bijak dan tentunya pergunakan pula dengan efektif agar tidak keluar dari tujuan utama anda dalam meminjam uang yaitu untuk memodali uasaha anda.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.