Menentukan lokasi usaha yang strategis

Tips Menentukan atau Memilih Tempat Usaha Yang Strategis Untuk Menjalankan Bisnis

By: Egy arisandi

Dalam menentukan atau memilih lokasi tempat usaha yang strategis hendaknya memperhatikan beberapa kriteria yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis anda untuk jangka panjangnya.

Saat anda akan memulai bisnis sebaiknya teliti dengan seksama ketika memilih letak atau tempat berdirinya usaha tersebut. Lokasi usaha yang tepat akan sangat berpengaruh pada berhasil dan tidaknya usaha yang akan anda jalani nantinya.

Apabila anda salah memilih lokasi usaha, kemungkinan paling buruk yang bisa terjadi yakni kegagalan usaha dikarenakan sepi pengunjung.

Dengan fakta tersebut, maka anda seharusnya tidak asal asalan dalam menetukan dan mendapatkan lokasi tempat berdirinya usaha.

Kriteria dalam menentukan lokasi atau tempat usaha yang strategis

Didalam salah satu strategi pemasaran produk haruslah bisa menentukan lokasi yang strategis agar produk yang anda tawarkan menjadi lebih mudah dijangkau.

Ada beberapa kriteria yang bisa anda jadikan patokan dalam menentukan lokasi usaha yang strategis untuk berjualan yaitu:

1. Wilayah yang padat penduduk

Anda perlu mencari lokasi usaha dimana pada wilayah tersebut memilki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Semakin ramainya penduduk diwilayah tersebut maka semakin usaha anda berpotensi untuk meraih sukses.

Penduduk yang terdapat di sekitar wilayah lokasi usaha merupakan calon-calon konsumen potensial. Yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah mendapatkan hati mereka agar mau mencicipi atau membeli produk anda sehingga kemudian nanti pada akhirnya mereka juga akan menjadi pelanggan setia.

2. Terdapat banyak orang yang berlalu-lalang

Anda perlu memperhatikan tingkat keramaian disekitar lokasi anda baik berupa kendaraan yang melintas maupun para pejalan kaki.

Semakin banyak orang yang melintasi lokasi usaha anda, semakin besar pula peluang mereka singgah ke tempat usaha anda baik untuk sekedar melihat-melihat dahulu produk yang anda tawarakan lalu membeli setelah mereka menyukainya.

3. Kemudahan akses menuju lokasi

Akses menuju tempat usaha haruslah mudah untuk dilalui atau mudah dijangkau oleh semua calon konsumen dengan aman dan nyaman.

Kemudahan akses tersebut dapat dilihat juga dari fasilitas yang berada disekita lokasi misalnya terdapat kendaraan umum serta memiliki lahan parkir yang tidak menyulitkan calon konsumen menaruh kendaraannya. Dua hal ini sangat penting apabila lokasi usaha anda terdapat di pinggir area jalan raya.

Berbeda pula apabila lokasi usaha anda terdapat di dalam gedung seperti pada pusat perbelanjaan atau mall, anda perlu memilih ruang usaha yang letaknya tidak terlalu ke belakang dan bukan pula dilantai paling atas. Mengapa? karena lokasi tersebut adalah tempat yang seringkali membuat malas para pengunjung untuk menuju kesana.

4. Memperhatikan pendapatan masyarakat sekitar

Anda juga harus memperhatikan berapa harga jual produk tersebut. Dalam menentukan harga, seorang pebisnis perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan orang-orang disekitar lokasi usaha.

Apabila anda menjual produk high end dengan harga yang mahal, maka tidaklah cocok apabila tempat berdirinya usaha berada pada kalangan menengah kebawah.

Tentu saja mereka yang dari kelas menengah kebawah akan lebih memilih membeli produk yang terjangkau sesuai dengan kemampuan keuangan mereka.

5. Tidak banyak terdapat usaha serupa

Pada umumnya banyak sekali orang-orang yang mendirikan usaha khususnya jenis usaha dagang ditempat tempat yang letaknya tergolong strategis.

Tentu saja ini dengan alasan agar menarik orang-orang untuk datang berbelanja seperti pada lokasi pasar dan mall.

Namun anda harus ingat bahwa ini jelas akan menimbulkan sebuah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Berdasarkan fakta tersebut, anda harus menghindari membuka usaha yang sama dengan pesaing di satu tempat yang sama pula kecuali anda bisa membanting harga atau ungul dalam kualitasnya.

6. Lingkungan usaha yang aman dan bersih

Tingkat kebersihan dan memberikan keamanan akan sangat mempengaruhi kenyamanan konsumen. Maka dari itu anda perlu menghindari lokasi yang kotor atau kumuh dan lokasi yang memiliki reputasi yang buruk.

Reputasi yang buruk bisa dilihat dari tingginya tindakan tidak baik disekitar tempat bisnis misalnya lokasi tersebut banyak terjadi kasus kriminal maupun asusila.

7. Menyesuaikan dengan modal yang anda miliki

Semakin strategis suatu tempat sudah pasti semakin mahal biaya sewanya. Maka dari itu anda perlu mempertimbangkan secara rinci sebelum memutuskannya.

Anda perlu menghitung dengan teliti apakah laba yang didapatkan nantinya bisa memenuhi kebutuhan biaya sewa dan operasional yang lain.

Perlu diingat pula bahwa harga sewa biasanya cenderung naik setiap tahunnya. Jangan sampai penghasilan usaha anda tidak bisa menyisakan untung hanya karena dihabiskan untuk mengejar biaya sewa tempat yang terus meningkat.

Simak juga artikel terkait tentang solusi cerdas mencari atau mendapatkan modal usaha serta inspirasi bisnis menjanjikan dan menguntungkan dengan modal kecil.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai beberapa kriteria yang harus anda perhatikan secara seksama apabila akan memilih lokasi atau tempat usaha yang satrategis dengan tetap memperhitungkan secara seksama antara profit bisnis dengan besaran biaya sewa.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.