Kunci meraih sukses bisnis dan wirausaha

5 Kunci Keberhasilan Meraih Sukses Wirausaha Dengan Cara Cerdas & Bijaksana

By: Egy arisandi

Kunci sukses wirausaha muda dalam membangun dunia bisnis dan keberhasilan meraih apa yang di cita-citakan memang tidak luput dari semangat kerja keras dan strategi yang baik ditambah lagi dengan motivasi positif untuk mencapainya.

Setiap orang tentu mempunyai cara dan trik tersendiri untuk meraih sebuah kesuksesan menurut mereka. Tetapi masih ada juga beberapa diantaranya justru kemudian merasa tidak sanggup untuk terus berjalan dan akhirnya menyerah.

Hal ini bisa saja terjadi karena mereka tidak memiliki perencanaan yang matang serta prinsip prinsip yang kuat ketika akan menjalankan sebuah usaha.

Langkah meraih keberhasilan dan kunci sukses dalam wirausaha mandiri

Berikut ini adalah beberapa tips cara meraih sukses dalam berbisnis dan berwirausaha mandiri yang sebaiknya dijadikan prinsip oleh pengusaha muda dan siapa saja yang sedang merintis sebuah usaha.

1. Memulai bisnis dan usaha dari apa yang paling di sukai

Menghasilkan uang dari hobi

Mulailah menciptakan usaha dari apa yang anda sukai, atau bisa juga berawal dari hobi. Memulai suatu usaha berdasarkan apa yang disukai tentu tidak akan menimbulkan rasa bosan, kemudian ide-ide kreatif akan selalu lebih mudah bermunculan.

Yang paling mengasyikan ialah menikmati setiap fase-fase perkembangan dalam suatu usaha akan sangat menyenangkan jika anda benar benar menyukai apa yang anda lakukan itu.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara menjalin dan menambah relasi bisnis untuk wirausaha serta artikel menarik lainnya tentang 10 isnpirasi usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.

2. Membuat target dan tujuan bisnis

Membuat target dalam bisnis

Dalam membangun suatu usaha diperlukan target atau tujuan yang jelas untuk apa bisnis tersebut di dirikan. Sebaiknya pikirkan target jangka waktu pendek maupun jangka waktu yang panjang, karena memulai bisnis tanpa target yang jelas akan membuat usaha tidak berkembang dan pada akhirnya akan mati secara perlahan.

Jika ada tujuan yang jelas kedepannya maka anda dapat memulai langkah demi langkah apa yang harus ditempuh untuk mencapai target tersebut.

3. Mengelola keuangan dengan bijak

Mengelola keuangan untuk bisnis

Kegagalan dalam suatu bisnis kadang kala terjadi hanya karena salah dalam mengelola keuangan. Mengatur keuangan yang baik adalah dengan cara memisahkan keuangan yang didapat dari hasil usaha dengan keuangan pribadi anda.

Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatur keuangan ini supaya tidak terjadi campur aduk antara anggaran untuk operasional bisnis dan keuangan pribadi.

Hal yang sangat penting dan menjadi dasar keuangan dalam berbisnis yaitu cashflow atau aliran kas. Cashflow disini mencakup aliran uang kas yang masuk dan keluar beserta saldo karena adanya aktivitas pada bisnis.

Kemudian jangan pernah mengabaikan perhitungan untung dan rugi yang telah dikalkulasi secara tepat, serta laporan neraca keuangan usaha tersebut.

Baca selengkapnya tentang membuat pembukuan sederhana untuk usaha kecil serta ulasan terkait mengenai cara mengoreksi kesalahan neraca saldo tidak seimbang.

4. Mempunyai sistem marketing yang inovatif

Perbedaan sales dan marketing serta tugas pokoknya

Dibutuhkan suatu sistem marketing yang kreatif dan inovatif untuk memperkenalkan atau memasarkan agar informasi produk yang telah dihasilkan itu sampai pada masyarakat kemudian terjadi penjualan.

Strategi marketing yang baik dan tepat merupakan salah satu kunci sukses wirausaha yang wajib dan tetap harus dipelajari dengan serius oleh semua pelaku usaha baik yang msih muda maupun yang sudah profesional.

Ada 2 pertanyaan pokok yang menjadi landasan sebuah strategi pemasaran yaitu:

  • Apa yang membuat orang harus membeli produk anda?
  • Keunggulan apa yang mereka peroleh dengan membeli produk anda dibandingkan produk sejenis dari ditempat lain?

 

5. Manajemen waktu dengan baik

Mengatur waktu sesungguhnya sangat erat kaitannya dengan target yang harus anda wujudkan. Kelola waktu anda dalam berbisnis seefisien mungkin untuk mencapai target tersebut tanpa banyak waktu yang terbuang sia sia.

Jangan biarkan sampai kendor ataupun terlena sehinga keluar jalur dari tujuan utama, tetap fokus dalam menjalankan dan mengembangkan usaha anda.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.