Persyaratan kelengkapan job fair melamar kerja di perusahaan bank kantor alfamart indomaret

Persiapan, Persyaratan dan Berkas Kelengkapan Untuk Melamar Kerja di Perusahaan

By: Egy arisandi

Apa saja berkas yang harus dipersiapkan untuk kelengkapan persyaratan melamar kerja pada sebuah perusahaan, kantor bank, pabrik, alfamart, dan event job fair yang seringkali dilenggarakan oleh kampus universitas?

Setiap orang tentu menginginkan mendapatkan pekerjaan dengan jabatan penting pada sebuah perusahaan setelah selesai menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai lulus SLTA, bahkan bila mempunyai dana lebih dapat menikmati pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi tentu pada akhirnya setiap orang harus mencari suatu pekerjaan.

Untuk menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan keinginan, anda dapat mencarinya di job fair yang sering digelar di kampus-kampus, di koran  atau media online yang sekarang semakin marak.

Tidak sedikit para pencari kerja yang akan bersaing ketat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Dalam mencari suatu pekerjaan selain dibutuhkan ketrampilan khusus yang mungkin anda miliki dan penampilan yang menarik, tentu dibutuhkan surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup atau Curiculum Vitae CV yang akan anda serahkan pada perusahaan pada saat anda melamar pekerjaan.

7 Persyaratan pokok yang harus dipersiapkan untuk kelengkapan melamar pekerjaan

Berikut ini akan dibahas beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu pada saat anda hendak melamar pekerjaan di perusahaan yang anda inginkan.

1. Surat Lamaran Pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup

Surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hdup atau Curiculum Vitae CV adalah dua hal penting yang harus anda siapkan pada saat anda hendak melamar suatu pekerjaan.

Penulisan surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup ini mempunyai format tertentu yang dapat anda lihat contohnya pada web cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar. Surat lamaran pekerjaan itu dapat anda ketik memakai komputer kemudian hasilnya diprint atau bisa juga anda tulis mamakai tulisan tangan.

Pada daftar riwayat hdup berisi hal-hal yang berhubungan dengan data diri anda seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat dan jangan lupa cantumkan no telp yang dapat dihubungi.

Sertakan juga pendidikan formal dari sekolah dasar sampai jenjang pendidikan terakhir yang pernah anda tempuh. Selain itu cantumkan juga ketrampilan atau kursus yang pernah anda ikuti, seminar, kegiatan berorganisasi, termasuk pengalaman kerja sebelumnya bagi anda yang mungkin sudah pernah bekerja paruh waktu.

2. Fotocopy Ijazah Terakhir dan Sertifikat

Sertakan fotocopy ijazah jenjang pendidikan terakhir yang anda tempuh. Jika anda lulus dari perguruan tinggi, anda dapat menyertakan juga fotocopy transkrip nilai.

Tidak ada salahnya mengikut sertakan fotocopy sertifikat yang anda miliki jika anda pernah mengikuti suatu seminar atau ketrampilan khusus.

Baca juga artikel tentang strategi memperoleh klien baru untuk kesuksesan bisnis serta ulasan menarik lainnya mengenai keuntungan dan kerugian menjalankan bisnis franchise (waralaba).

3. Fotocopy KTP dan Identitas pendukung lainnya

Sebagai pendukung data diri sertakan fotocopy identitas Kartu Tanda Penduduk KTP yang terbaru.

Jika KTP anda mengalami masalah seperti hilang atau sedang dalam proses pengurusan, sebaiknya anda menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan identitas data diri sementara dari kelurahan tempat anda berdomisili sebagai instansi yang berwenang.

4. Pas Foto

Untuk warna background atau ukuran pas foto disesuaikan dengan syarat yang diminta oleh perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Pada umumnya warna background yang diminta adalah biru atau merah. Sedangkan ukuran pas foto yang paling sering diminta adalah 3 x 4 atau 4 x 6. Seperti halnya warna background dan ukuran pas foto tidak ada ketentuan khusus mengenai pakaian yang harus anda pakai pada saat pengambilan gambar untuk pas foto.

Usahakan pakaian formil seperti kemeja berkerah, lebih baik lagi jika anda dapat melengkapinya dengan memakai setelan jas hitam dan dasi untuk pria dan mengenakan blazer untuk wanita.

Jangan lupa sisir dan rapikan rambut anda, jangan sampai menutupi wajah.

5. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian SKCK

Jika anda mau anda dapat menyertakan SKCK, surat berkelakuan baik dari kepolisan, yang menyatakan bahwa anda tidak pernah terlibat kriminalitas atau pelanggaran hukum dalam bentuk apapun.

SKCK ini menguntungkan anda karena perusahaan tentu akan mencari dan menerima karyawan yang bersih catatan hukumnya menurut pihak kepolisian.

6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter

Untuk melamar beberapa pekerjaan tertentu dibutuhkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter, rumah sakit atau puskesmas.

Untuk memperoleh surat keterangan sehat ini anda cukup datang ke dokter, rumah sakit atau puskesmas. Setelah anda diperiksa dan tidak ditemukan sakit serius dokter akan mengeluarkan surat keterangan sehat untuk anda.

Simak juga ulasan menarik lainnya tentang peluang bisnis paling top dan menguntungkan saat ini serta artikel terkait mengenai peluang bisnis dan usaha dagang paling laris untuk di tekuni.

7. Kartu Kuning, Kartu Tanda Pencari Kerja AK-1

Kartu Kuning yang disebut sebagai Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu AK-1 adalah kartu bukti diri saat anda akan melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan tertentu.

Kartu ini dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Untuk membuat Kartu Kuning ini cukup mudah, tidak dikenakan biaya apapun dan harus diperpanjang setiap dua tahun.

Jika anda sudah memiliki Kartu Kuning maka Depnakertrans mempunyai kewajiban untuk memprioritaskan anda dalam mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi jika perusahaan tempat anda melamar pekerjaan sudah bekerja sama dengan Depnakertrans.

Demikian beberapa hal yang dapat anda persiapkan terlebih dahulu saat anda akan melamar pekerjaan, semoga bermanfaat.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.