Memulai membuka usaha cafe dengan modal kecil

Strategi Sukses Membuka Bisnis Cafe Menggunakan Modal Kecil

By: Egy arisandi

Membuka usaha cafe dengan menggunakan modal kecil terbilang cukup potensial dan sangat menjanjikan meskipun jenis bisnis ini sudah banyak bertebaran mulai dari pinggiran hingga pusat kota besar.

Saat ini kafe sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari hari. Tempat ini memang menjadi favorit masyarakat untuk berkumpul, mengobrol dan menghabiskan waktu dengan keluarga maupun dengan teman teman.

Tidak jarang juga kafe digunakan sebagai tempat untuk seseorang melakukuan pertemuan untuk diskusi. Tidak heran jika banyak kafe yang berlomba lomba untuk menyedikan fasilitas yang memadai guna membuat masyarakat yang datang menjadi nyaman dan lebih sering sering lagi untuk datang.

Bisnis ini saat ini sudah mejadi peluang usaha yang menjanjikann bagi anak muda khususnya bagi mereka yang memiliki modal kecil.

5 Tips agar sukses dalam memulai usaha cafe dengan modal kecil

Tak perlu risau untuk membuka sebuah usaha, walaupun modal pas pasan tidak menutup kemungkinan keberhasilan bisa anda raih kelak. Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk memulai bisnis kafe dengan modal yang kecil. Simak ulasannya.

1. Sewa lokasi usaha menyesuaikan anggaran

Hal pertama yang perlu anda pikirkan untuk membuka usaha kafe adalah ketersediaan tempat. Akan lebih baik jika anda memiliki lahan sendiri yang lokasinya strategis tentu hal ini akan menghemat biaya.

Namun bila terpaksa harus menyewa hal itu bukanlah perkara yang besar dan usahakanlah untuk memilih lokasi yang mudah dijangkau dan nyaman pastinya.

Orang orang akan sangat suka dengan suasana kafe yang comfortable. Apalagi ada fasilitas lain yang tidak dimiliki oleh kafe kafe pada umumnya, tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Saat ini kafe dengan konsep outdoor sedang banyak diminati oleh masyarakat terlebih lagi yang menghadap dengan pemandangan alam yang indah.

Tentu saja hal ini akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi kafe anda. Umumnya anak muda menyukai tempat tempat yang instagramable sehingga bisa menunjukkan sisi keeksisan dirinya.

Baca juga tips tentang Cara memilih dan menentukan tempat usaha yang strategis  serta ulasan terkait mengenai ide bisnis dan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga.

2. Memakai karyawan part time

Umumnya karyawan yang bekerja di kafe adalah para anak muda dan tidak jarang pula mereka masih menempuh pendidikan di bangku perkuliahan.

Jadi tidak heran jika para pekerjanya banyak yang menggunakan system part time.

Sistem ini terbilang menguntungkan kedua belah pikak, selain anggaran kafe tidak akan membengkak tentunya para pekerjanya akan merasa terbantu dari sisi finansial.

Namun sebagai pemilik anda harus pandai mengelolanya supaya semuanya bisa berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan yang anda inginkan.

Penanganan pekerja part time yang tepat sudah pasti akan memberikan banyak manfaat bagi usaha anda, seperti memberikan keringanan pembayaran gaji, karena anda tidak perlu membayar mereka secara tetap setiap bulannya.

3. Belanja bahan baku dari grosir

Untuk menekan kembali anggaran yang telah anda siapkan, maka untuk bahan baku menu yang akan anda sajikan lebih baik anda membelinya secara grosir.

Selain lebih mudah harganya pun juga relative lebih murah dari pada harus membeli dari pengecer. Namun umumnya untuk bisa mendapatkan harga yang lebih rendah biasanya anda diharuskan untuk membeli barang dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal ini memang sudah menjadi ketentuan dari tempat grosir. Selain itu dengan membeli dalam jumlah yang banyak anda tidak perlu lagi bolak balik untuk mencari bahan baku. Bisa menghemat biaya transport juga bukan.

4. Menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien

Perlu anda tahu bahwa bisnis dan marketing adalah sebuah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, bagaikan kancing dan baju kedua faktor ini harus berjalan beriringan untuk bisa meraih tujuan yang diinginkan yaitu kesuksesan.

Oleh sebab itu mulailah untuk memikirkan strategi marketing yang hemat biaya dan yang pasti mudah untuk dilakukan.

Misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa berkejasama dengan pelanggan anda untuk memberikan sedikit ulasan atau testimoni terkait kafe anda di media sosial yang mereka miliki, dan sebagai bentuk terima kasih anda bisa memberikan hadiah berupa diskon atau tambahan makanan gratis bagi mereka.

Cukup simple bukan? Cara ini sudah sering diterapkan oleh para pengusaha pengusaha muda dan hasilnya cukup berhasil.

5. Pelayanan terbaik pada semua konsumen

Sebenarnya citarasa makanan bukanlah satu satunya yang bisa menjadi signature bagi sebuah usaha. Service excellent pun juga bisa menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri bagi sebuah bisnis.

Karena hal ini merupakan sebuah muka dari usaha yang memang harus di perhatikan dari awal.

Seorang konsumen akan menjadi pelanggan yang loyal jika mereka merasakan kenyamanan dan keramahan dari pelayanan yang diberikan.

Para pelanggan tentu akan merekomendasikan tempat anda kepada teman teman mereka untuk berkunjung. Sehingga secara tidak langsung hal ini akan menjadi strategi marketing yang efektif dan efisien.

Itu tadi beberepa tips memulai bisnis kafe dengan modal yang kecil. Modal bukanlah satu satunya faktor penentu berjalannya suatu usaha, melainakan hanya salah satu faktor kecil untuk membangun usaha.

Jadi keterbatasan modal jangan anda jadikan sebagai alasan untuk memulai usaha, karena tidak sedikit mereka yang memiliki modal kecil mampu mengembangkan usahanya hingga besar dan sukses.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.