Strategi cara mempromosikan produk paling efektif dan efisien

10+ Cara Mempromosikan Produk Paling Efektif Meningkatkan Penjualan

By: Egy arisandi

Mempromosikan sebuah produk yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan dalam perjalanan bisnis dan usaha baik yang secara online maupun offline tentunya tidak lepas dari faktor strategi pemasaran yang baik.

Selama ini tidak sedikit para pelaku bisnis yang harus rela tutup atau gilung tikar hanya disebabkan oleh penjualan yang stagnan meskipun produk mereka terbilang cukup bagus.

Secara mendasar hal ini dipicu oleh metode atau langkah yang ditempuh dalam pemasarannya memang kurang efektif sehingga gagal untuk memikat pelanggan.

Cara melakukan promosi kepada konsumen sangat memberikan dampak dan pengaruh sangat besar sehingga mereka bersedia dengan sukarela mengunjungi toko anda kemudian membeli produk yang ada.

Strategi paling efektif dan jitu agar sukses mempromosikan produk

Berikut ini akan kita ulas mengenai 10 strategi cara mempromosikan produk dengan metode yang terbilang efektif agar dagangan anda bisa laris dan tentunya hasil penjualan yang terus meningkat.

1. Menawarkan Diskon – Promo melalui email marketing dan sosial media

Peran sosial media saat ini begitu kuat mempengaruhi masyarakat sehingga sangat di rekomendasikan agar anda sebagai pebisnis juga memanfaatkan fasilitas yang satu ini.

Demikian pula dengan email marketing yang layak dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran karena semua smartphone sekarang ini sudah terintregasi dengan layanan email.

Bangun jaringan anda di situs situs sosial media untuk mendapatkan follower sebanyak banyaknya dan terapkan strategi diskon bagi beberapa pembeli pertama atau mereka yang sudah bisa membawa pembeli lainnya.

2. Program Komisi – Mengizinkan agar orang lain yang membuat promosi

Dalam internet marketing istilah ini biasa disebut dengan sistem referral yang mana pemilik produk memberikan izin supaya orang lain ikut mempromosikan dan yang berhasil melakukan penjualan akan diberikan komisi.

Strategi ini memang sangat efektif dan sangat dipercaya dapat menekan biaya promosi anda melalui kampanye iklan yang belum tentu bisa langsung berhasil mendapatkan penjualan.

Baca juga ulasan terkait mengenai cara kerja toko online dengan sistem dropship serta artikel menarik lainnya tentang 5 faktor penting dan langkah langkah agar sukses dalam pemasaran.

3. Program GiveAway – Perkenalan produk secara langsung dengan konsumen

Mempromosikan produk pada calon konsumen

Cara ini terbilang sudah cukup umum dan ternyata sangat efektif di kalangan para pebisnis baik yang online maupun offline.

Program ini bertujuan agar produk yang ditawarkan semakin dikenal dengan membiarkan orang-orang di luar sana mencobanya sendiri kemudian anda minta tanggapan atau testimony mereka langsung.

Mengadakan Give Away sebaiknya ialah setiap kali akan meluncurkan produk sebuah baru baik di media sosial, toko online, email, dan pada acara sminar langsung dan sebagainya.

4. Video Promosional – Mengenalkan produk secara audio video yang saat ini sedang populer

Tidak hanya beriklan selayaknya di media televisi, saat ini anda juga memiliki kesempatan untuk membuat video iklan secara gratisan yang bisa tayang pada situs youtube dan situs sosial media lainnya.

Dengan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pemasangan iklan di televisi, melakukan promosi melalui unggah video di youtube dan siaran langsung di sosial media terbukti sangat efektif menjaring konsumen saat ini.

Jangan berpikir bahwa proses pembuatan video akan sangat menyusahkan anda karena sekarang ini sudah banyak software canggih bahkan gratisan yang cukup mumpuni untuk mengedit video agar semakin profesioanl.

Jika anda memiliki anggaran yang cukup hal ini bisa anda serahkan pada agensi atau kreator video untuk menciptkan konten video promosional produk beserta langkah optimasinya agar menjangkau konsumen yang luas.

5. Bermitra dengan blogger – Media promosi melalui situs web dan ulasan artikel

Cara memasarkan produk secara online

Apakah anda pernah memahami jika kebanyakan dari semua informasi yang terdapat pada mesin pencarian google ialah karya dari para blogger?

Mereka ialah orang orang kreatif yang membuat konten baik berupa artikel dan gambar dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna internet disluruh dunia.

Kebanyakan dari blogger mendapatkan penghasilan melalui slot iklan yang tayang pada halaman web yang mereka kelola dan dari artikel advertorial yang dipesan oleh pemilik produk agar di ulas dan dipromosikan.

Anda sebagai pemilik produk yang bertujuan ingin pempromosikan demi meningkatkan penjualan maka tidak ada buruknya jika mencoba bekerjasama dengan blogger sesuai dengan topik produk anda.

6. Product Bundling – Menggabungkan 2 produk yang sejalan

Strategi promosi dengan cara produk bundling juga sangat populer untuk memacu penjualan dan ini sudah banyak dilakukan oleh para ahli marketing sejal beberapa tahun silam.

Sebagai contoh, ketika anda memiliki produk fashion gaun, maka bisa anda sertakan produk bundling berupa tas atau sepatu pesta dengan harga diskon apabila konsumen berminat membeli semua paketnya.

Metode ini juga paling sering kita jumpai pada acara event promosi smartphone yang di bundling dengan kartu perdana maupun aksesoris handphone lainnya.

Secara tak langsung biasanya konsumen akan terpengaruh dan tergiur dengan paket paket yang di tawarkan karena di anggap lebih ekonomis dari pada beli satu item saja.

Baca juga artikel lainnya tentang strategi cara mendapatkan klien baru untuk bisnis serta ulasan menarik lainnya mengenai cara mendapatkan sumber modal untuk UKM dan bisnis kecil.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.