Strategi cara meningkatkan dan memaskimalkan pendapatan keuntungan

5 Tips Strategi Cara Meningkatkan Pendapatan dan Keuntungan Bisnis Musiman

By: Egy arisandi

Memiliki strategi cara meningkatkan keuntungan dan pendapatan dalam bisnis atau sebuah usaha sudah menjadi salah satu faktor pendukung yang cukup vital bagi kelangsungan bisnis yang sedang atau akan dijalankan.

Bagi beberapa orang yang menginginkan memiliki bisnis sendiri ialah bertujuan agar dapat bebas mengatur waktu dalam menjalankan usaha dan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar daripada harus bekerja untuk orang lain.

Anda mungkin mempunyai ide dengan memanfaatkan sebuah peluang pada peristiwa tertentu untuk menjalankan suatu bisnis yang bersifat musiman seperti diantaranya:

  • Usaha dagang jajanan berbuka puasa ketika bulan Ramadhan
  • Jualan pernak pernik Natal saat bulan Desember
  • Berjualan bendera ketika mendekati bulan Agustus dll

Para pelaku UKM biasanya memanfaatkan moment ini untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat memaksimalkan pendapatan dari meningkatnya penjualan ketika memasuki musim tersebut sehingga dapat segera mengembalikan modal dalam waktu yang jauh lebih cepat.

Membuat kue kering yang kemudian dikemas dalam toples plastik atau wadah-wadah cantik dan unik adalah salah satu contoh bisnis yang paling banyak dilakukan oleh orang orang ketika mendekati hari lebaran, natal dan perayaan imlek.

Strategi memaksimalkan pendapatan atau meningkatkan laba dari usaha musiman

Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat disimak untuk memaksimalkan keuntungan dalam usaha yang berdasarkan moment tertentu.

1. Menentukan target pasar dengan jitu

Menjalankan bisnis musiman

Jika anda sudah menentukan akan menjual suatu produk pada musim perayaan tertentu maka sebaiknya anda juga menentukan pangsa pasar yang akan dituju.

Dengan menetapkan pangsa pasar penjualan produk musiman anda secara lebih spesifik maka akan memaksimalkan hasil penjualan produk itu sendiri.

Seperti contoh ketika anda menetapkan akan mengemas boneka, bunga dan coklat untuk moment valentine, tentu saja target yang anda tuju adalah mahasiswa atau pasangan-pasangan muda.

Dan apabila anda memutuskan menjual produk jajanan kue kering atau snack maka ibu rumah tangga dan pekerja kantoran adalah target yang lebih tepat yang bisa anda tuju.

Baca juga ulasan terkait mengenai jenis usaha makanan atau kuliner yang paling menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang 12 macam usaha waralaba makanan yang populer saat ini.

2. Menciptakan produk yang berbeda

Usahakan produk anda memiliki perbedaan dari segi kreatifitas penyajian serta kualitas yang jauh lebih baik dengan produk pelaku usaha yang lain meskipun dari jenis yang sama.

Mungkin anda bisa membuat perbedaan pada varian rasa dan bentuk kue, bisa juga pada wujud kemasan kue atau menawarkan paket parcel yang isinya bisa dipesan sesuai permintaan konsumen serta dengan harga yang lebih terjangkau.

Suatu produk yang berbeda dengan produk lain yang sejenis meskipun hanya pada cara pengemasannya tentu akan lebih banyak menarik perhatian konsumen.

3. Strategi menghadapi persaingan

Pada moment perayaan tertentu biasanya akan dijumpai bermacam-macam merk produk dengan jenis yang sama seperti misalnya kue kering.

Ada begitu banyak jenis kue kering dengan bentuk dan rasa yang hampir sama sehingga akan selalu terjadi persaingan antara pelaku usaha yang satu dengan pelaku usaha yang lain.

Persaingan tersebut tentu saja untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli barang dagangan yang ditawarkan.

Jadi jangan sampai anda kehilangan strategi untuk mendapatkan perhatian calon konsumen dengan cara mempromosikan produk lebih efektif meningkatkan penjualan.

4. Lakukan survey secara detail untuk menentukan produk

Ada banyak moment atau peristiwa tertentu dalam setiap tahun yang dapat anda manfaatkan sebagai lahan bisnis dengan menjual produk musiman.

Untuk mengatasi kejenuhan konsumen dengan produk yang sama setiap musimnya maka tidak ada salahnya jika anda sebagai pelaku bisnis musiman ini melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan produk apa yang kemungkinan akan trending tahun ini.

Dengan sedikit melakukan survey sebelum menjalankan bisnis musiman tentu diyakini akan memberikan keuntungan yang jauh lebih maksimal dibanding tetap dengan menawarkan produk yg sama setiap tahunnya.

Simak juga artikel terkait tentang peluang usaha tahun 2018 yang sangat menguntungkan serta ulasan menarik lainnya mengenai 10 macam usaha dagang paling laris dan pasti laku.

5. Memberikan pelayanan terbaik

Dan pada akhirnya dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen adalah salah satu faktor yang juga turut berperan besar dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah perjalanan usaha.

Memberikan servis secara maksimal kepada siapapun calon konsumen yang pada akhirnya jadi membeli produk tersebut atau cuma bertanya saja dengan maksud untuk membuat perbandingan dengan produk lain.

Pada prinsipnya seorang penjual harus bisa membuat calon konsumen merasa nyaman dan tertarik untuk berlama lama di lokasi usaha anda. Semakin mereka banyak bertanya artinya sudah mulai ada ketertarikan untuk menelusuri apasaja yang akan mereka dapatkan dari produk anda.

Baik untuk sebuah usaha konvensional maupun bisnis musiman tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Dalam menjalankan strategi meningkatkan keuntungan dan pendapatan secara maksimal pada sebuah usaha musiman tentunya hanya ada satu hal yang tidak boleh anda lupakan, yaitu jangan sampai anda terlewatkan kapan hari H nya berlangsung bahkan anda juga harus mengetahui kapan jam puncak moment tersebut.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.