Tips sukses menjadi freelancer

Cara Menjadi Seorang Freelancer Pemula Agar Mudah Mendapatkan Proyek

By: Egy arisandi

Bagi beberapa orang bekerja tanpa terikat waktu yang biasanya di sebut dengan Freelance tentu sangat menarik perhatian. Bagi seorang freelancer tidak ada istilah jam kantor, berangkat pagi dan pulang malam secara rutin setiap harinya selama 5 sampai 6 hari dalam seminggu.

Jika menjadi seorang freelancer merupakan suatu pekerjaan tetapi tentu sangat beresiko dalam hal pendapatan karena dipastikan seorang freelancer mempunyai pendapatan yang tidak tetap setiap bulannya.

Namun jika pekerjaan freelance hanya sebagai pekerjaan sampingan, selain mendapat gaji bulanan yang tetap dari pekerjaan utama juga mendapat penghasilan tambahan dari pekerjaan lepas tersebut.

Dengan profesi freelancer beberapa jenis pekerjaan lepas dapat dicari melalui internet dan media sosial lainnya. Pembayaran untuk pekerjaan lepas juga bervariasi tergantung dari tingkat kesulitan dan lamanya waktu untuk menyelesaikannya, bisa dalam hitungan per jam, per hari, atau bahkan per item pekerjaan.

5 Tips agar sukses menjadi seorang freelancer dan terus mendapatkan proyek

Dibawah ini ada beberapa tips bagi anda yang ingin menjadi freelancer yang sukses dengan pendapatan yang cukup bahkan melebihi gaji bulanan seorang karyawan tetap :

1. Memiliki manajemen waktu yang baik

Meskipun bekerja tanpa terikat waktu dan tempat kerja namun tetap harus ada manajemen waktu yang baik sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang benar-benar maksimal dan memuaskan seperti yang diharapkan oleh klien.

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan project selanjutnya telah menanti anda untuk dikerjakan.

2. Tetap menjaga hubungan baik

Apabila anda sudah menyelesaikan suatu pekerjaan serta tidak ada persoalan dalam hal pembayaran, maka jangan terus anda memutuskan hubungan dengan klien begitu saja.

Tetaplah menjaga hubungan baik dengan klien meskipun mungkin hanya sekedar melalui dunia maya saja.

Sehingga anda tetap memiliki peluang apabila ada project baru maka andalah yang akan dihubungi pertama kali oleh klien yang pernah merasa puas dengan hasil kerja anda juga merasa nyaman dengan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini.

Menjalin hubungan yang baik akan membuat anda mempunyai banyak relasi dan akan semakin membuka peluang yang besar untuk mendapat tawaran pekerjaan dari berbagai pihak yang sesuai dengan kemampuan anda.

3. Selalu aktif browsing melalui internet

Pekerjaan sebagai seorang freelancer ini berhubungan erat dengan internet dan beberapa media sosial yang ada.

Dengan kemajuan teknologi semakin banyak pekerjaan lepas yang ditawarkan melalui internet karena hal ini sangat menghemat banyak waktu dan tenaga. Anda dapat mencari berbagai jenis pekerjaan lepas ini melalui media sosial atau website yang terpercaya.

Selain itu anda juga dapat melakukan promosi mengenai kemampuan yang anda miliki melalui media sosial milik anda supaya klien yang membutuhkan jasa freelancer dapat menghubungi kontak person anda.

Baca juga artikel terkait tentang peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan saat ini serta ulasan menarik lainnya mengenai ide bisnis dan usaha dengan modal kecil yang paling potensial.

4. Berbeda dengan freelancer yang lain

Akan semakin banyak orang yang memiliki profesi sebagai seorang freelancer dan tentu saja akan menimbulkan lebih banyak pesaing untuk anda di dalam profesi ini.

Anda harus mampu menunjukkan kelebihan sebagai salah seorang freelancer yang berbeda dengan freelancer lainnya yang ada, sehingga jasa anda sebagai seorang freelancer akan lebih cepat di ingat saat ada proyek baru sebab anda memiliki kelebihan tersendiri.

Seperti misalnya anda mampu menyelesaikan tugas lebih awal dari deadline yang disetujui bersama atau anda selalu memberikan laporan perkembangan pekerjaan yang mana hal ini dapat memberikan kepuasan tersendiri untuk klien dengan cara kerja dan kelebihan anda yang tidak dimiliki oleh freelancer lain.

5. Selalu berusaha menambah pengetahuan

Untuk menjadi freelancer sukses yang mempunyai kemampuan dan sudah diakui hasil kerjanya, anda harus banyak menggali informasi baru untuk menambah pengetahuan dan tetap mempelajari hal-hal baru baik melalui seminar, website atau tutorial.

Ingatlah bahwa akan selalu ada freelancer baru yang lebih baik dari anda sehingga jangan terlalu cepat berpuas diri dan merasa menjadi yang terbaik karena sikap yang demikian akan beresiko menjadi awal dari kemunduran anda sebagai seorang freelancer.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.