Cara menjadi pengusaha dan pebisnis sukses

Agar Menjadi Pebisnis Sukses: Terapkan 7 Hal Berikut Ini Dengan Disiplin

By: Egy arisandi

Banyak orang yang mendambakan menjadi pebisnis atau pengusaha sukses dan memiliki kebebasan dalam  berfinansial. Selain itu, dengan menjadi pebisnis kita bisa fleksibel dalam menentukan waktu kerja kita, menjadi orang yang menggaji orang lain, dan lain sebagainya.

Tetapi terkadang sebelum mencapai waktu tersebut, banyak orang yang bertanya tanya. Apakah ada sifat spesifik yang dimiliki oleh pebisnis yang sukses?

Apasajakah sifat yang dimiliki oleh para pebisnis hebat itu yang akhirnya menghantarkan kesuksesan pada usahanya? Sifat-sifat apa yang harus diusahakan untuk menjadi pebisnis yang handal?

Kiat kiat menjadi seorang pebisnis dan pengusaha sukses

Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut menganggu anda, maka anda telah menemukan artikel yang tepat. Berikut akan dijelaskan tentang sifat apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis sehingga menghantarkannya terhadap kesuksesan bisnisnya:

1. Sikap ulet tidak mudah putus asa

Kunci meraih sukses bisnis dan wirausaha

Ulet menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah liat; kuat; tidak mudah putus. Ulet juga diartiket sebagai sikap tidak mudah putus asa yang disertai dengan kemauan yang keras untuk mencapai suatu cita-cita.

Seorang pebisnis yang sukses memiliki karakter yang ulet, walaupun mengalami kegagalan berkali-kali. Seseorang yang ulet akan terus dapat bangkit dan memulai meniti karirnya meskipun apa yang telah dibangunnya sempat roboh.

Tidak banyak orang yang mampu kembali berdiri setelah mengalami kegagalan usaha kecuali orang tersebut memang memiliki sifat keuletan. Anda perlu menanamkan sifat ulet serta meyakinkan diri, tidak perduli anda gagal seratus kali, anda harus bangkit seratus satu kali.

2. Berani mengambil resiko

Take a risk! Seorang pebisnis yang sukses adalah orang yang memiliki sifat berani mengambil resiko. Melakukan sebuah bisnis artinya adalah mempertimbangkan potensi datangnya keuntungan dan mempertimbagkan resiko kemudian berani mengambil langkah.

Semua hal sejatinya mengandung resiko, baik resiko kecil maupun besar. Seorang pebisnis yang sukses bukanlah orang yang bermain pada jalur “aman”.

Seorang pebisnis yang sukses berani mengambil resiko demi mendapatkan peluang kesuksesan bisnis yang didambakan. Meskipun begitu, bukan berarti pebisnis yang sukses adalah orang yang grusa grusu, tetapi dengan pertimbangan yang matang ia berani juga untuk mengambil resiko yang mungkin akan dialaminya.

3. Mudah beradaptasi

Doa dan tips sukses agar diterima melamar kerja pada perusahaan besar

Beradaptasi diambil dari kata adaptasi yang mana menurut KBBI artinya penyesuaian terhdap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran.

Seorang pebisnis yang sukses  haruslah memiliki sifat yang mudah beradaptasi. Mengapa demikian? karena lingkungan bisnis seringkali tidak dapat diprediksi.

Apabila seseorang memiliki sifat yang kurang dalam melakukan adaptasi, apabila terjadi dinamika atau perubahan, maka yang terjadi orang tersebut akan stuck dengan keadaan yang lama.

Dalam hal berbisnis, mudah beradaptasi juga memiliki kaitannya dengan penanggulangan kegagalan yang ada pada bisnis. Orang yang mudah beradaptasi akan segera mengambil pelajaran ketika terjadi kegagalan.

Berbeda dengan orang yang kurang bisa beradaptasi, kegagalan dilihat sebagai suatu kesalahan fatal sehingga terkadang bisa menyebabkan keadaan terpuruk.

4. Oportunis

Oportunis adalah orang yang menganut paham oportunisme, Lalu apa oportunisme itu? Oportunisme adalah suatu paham dimana orang hendak mengambil keuntungan terhadap diri sendiri tanpa berpegang pada suatu prinsip tertentu.

Dengan kata lain, adalah pandai melihat peluang. Tentu saja dalam berbisnis seseorang harus pandai dalam membaca situasi yang ada dan kemudian mengambil peluang akan hal itu.

Sifat ini bisa dikembangkan dengan cara semakin peka dengan lingkungan dan situasi serta kondisi yang ada disekitar anda. Setelah membaca kondisi tersebut, kemudian anda mencoba mencari celah bagaimana mengambil keuntungan dari situasi yang ada.

5. Percaya Diri

Profesi menjadi blogger muslimah

Rasanya mustahil untuk seseorang yang ingin menjadi pebisnis sukses tanpa memiliki rasa percaya diri. Sesuai dengan namanya, percaya diri adalah sikap untuk percaya dengan kemampuan diri.

Orang yang tidak percaya diri akan cenderung ragu-ragu dalam memutuskan sesuatu, dan orang yang ragu-ragu biasanya akan berakhir menyesali keputusannya karena keraguan tersebut menghantarkan pada ketidakmaksimalan terhadap apa yang dilakukannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara memulai bisnis dan membangun usaha dari nol serta info menarik lainnya tentang cara menjalin kerjasama usaha dengan waralaba indomaret.

6. Berfikir Visioner

 

Tips mencapai kekayaan dengan manajemen diri

Visioner menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya orang yang memiliki khayalan atau wawasan kedepan. Ya, benar.

Seorang pebisnis sukses haruslah orang yang visioner. Dengan memiliki sifat tersebut, orang tersebut akan dapat memprediksi masadepan yang terjadi sehingga tidak gegabah dalam membuat keputusan bisnis yang mana akan merugikan bisnisnya kedepan.

Semisal, ketika ia akan memutuskan membangun sebuah bisnis, ia kemudian menghindari menjalankan bisnis yang sedang ramai. Mengapa? karena hal tersebut berpotensi hanya bersifat short term. Orang yang berfikir visioner pasti paham akan hal ini dan akan menghindari hal tersebut terjadi.

7. Perduli dengan orang sekitar

Seorang pebisnis yang sukses tidaklah orang yang semata-mata ingin kesuksesan untuk dirinya sendiri. Pebisnis yang sukses seringkali adalah orang yang perduli akan keadaan sekitarnya dan memiliki keinginan untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan akan bermanfaat dan tentunya dapat bertahan lama.

Itulah sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pebisnis sukses. Sebelum anda melakukan atau akan memulai usaha kecil maupun suatu bisnis lainnya, alangkah baiknya anda mengasah karakter-karakter yang telah disebutkan diatas demi kelancaran anda dalam berbisnis. Salam sukses!

Loading...
Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.