Harga emas dunia hari ini

5 Hal Yang Cukup Berpengaruh Terhadap Naik Turun Harga Emas Hari Ini

By: Egy arisandi

Salah satu cara yang seringkali dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan berinvestasi.

Lalu apa itu investasi? Investasi adalah penanaman sejumlah modal dalam suatu usaha atau bidang dengan maksud untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Pada umumnya jenis jenis dari investasi itu ada dua yaitu:

Investasi jangka pendek seperti beberapa contoh dari investasi ini adalah seperti tabungan bank, reksa dana, deposito dan lain sebagainya.

Investasi jangka panjang dan untuk contoh dari investasi ini adalah obligasi, properti, saham, emas, dan lain sebagainya.

Jenis investasi yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat adalah investasi emas, karena hal ini terbilang cukup mudah dari pada yang lain.

Namun kesulitannya adalah ketika harga bahan bahan pokok mengalami fluktuasi dan akibatnya akan mempengaruhi harga dari emas itu sendiri.

Oleh sebab itu anda diharapakan untuk selalu jeli dan mengupdate harga emas setiap waktu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang sewaktu saat bisa terjadi.

Faktor faktor yang mempengaruhi harga emas dunia

Adapun beberapa faktor yang mampu mempengaruhi naik turunnya harga emas adalah sebagai berikut:

1. Nilai tukar US Dollar terhadap mata uang setempat

Secara umum harga emas memang mengacu pada nilai tukar dollar, namun keduanya memiliki korelasi yang negatif.

Itu artinya ketika nilai tukar dollar sedang melemah maka harga emas justru mengalami kenaikan. Namun bila nilai tukar dollar sedang menguat justru harga emaslah yang mengalami keterpurukan.

Itulah pentingnya bagi anda untuk selalu mengupdate informasi ini. Pilihlah waktu yang tepat untuk berinvestasi emas, supaya anda mendapatan keuntungan yang besar.

Simak juga tips tentang cara memilih perusahaan investasi yang terpercaya serta ulasan menarik lainnya mengenai pedoman penting dalam bisnis forex agar mencapai hasil maksimal.

2. Jumlah kapasitas produksi emas di dunia

Emas merupakan salah satu bahan tambang yang saat ini sudah mulai sulit untuk dicari sehingga dari tahun ke tahun produksi emas selalu mengalami penurunan.

Tidak heran jika harga emas pun turut melambung tinggi. Harga emas di pasaran yang begitu mahal tidak berbanding lurus dengan bagaimana para penambang memperolehnya.

Namun ketika emas tersebut sudah berubah menjadi perhiasan nilai jualnya meningkat tajam. Sekedar informasi saja bahwa selain emas anda pun sebenarnya juga bisa berinvestasi dalam bentuk lain seperti perak, asuransi ataupun mata uang.

Bila dari investasi tersebut anda sudah memperoleh banyak keuntungan maka mulailah untuk meningkatkan investasi anda di bidang property atau saham.

3. Permintaan yang tinggi dari industri perhiasan

Dari beberapa data yang terlihat bahwa permintaan perhiasaan terbanyak itu berasal dari India, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Terbukti dari ketiga negara tersebut tercatat sebanyak 54% permintaan. Dan sisanya itu dibagi dengan berbagai jenis industry seperti alat alat elektronik, medis, dan lain sebagainya.

Jadi sudah bukan rahasia public lagi kalau harga emas terus mengalami kenaikan.

4. Monopoli pembelian emas oleh bank bank tertentu

Dari beberapa data yang ada telah membuktikan bahwa saat ini harga emas ternyata dimonopoli oleh beberapa bank sentral dunia diantaranya seperti European Central Bank (ECB), The Federal Reserve System (US), dan Bundesbank (Jerman).

Hal ini tentunya menjadi fakta yang mengejutkan bagi masyarakat, karena pada umumnya yang dijadikan sebagai objek monopoli adalah uang kertas.

Inilah salah satu penyebab mengapa harga emas selalu mengalami peningkatan bahkan ketika barangnya masih banyak ditemukan sekalipun.

5. Isu politik, perselisihan antar negara, dan perang

Masalah ini terbilang cukup krusial dibandingkan yang lain, apalagi hal ini cukup membuat para investor kalang kabut.

Seperti yang terjadi baru baru ini dengan adanya isu brexit yang merupakan salah satu isu terpanas karena dinyatakannnya Inggris Raya keluar dari Uni Eropa.

Masalah ini sukses membuat para investor kebingungan hingga pada akhirnya harus membeli emas dalam jumlah besar besaran.

Hal ini memang seringkali terjadi oleh sebab itu anda jangan panic dulu. Investasi emas memang terlihat simple dan mudah, namun susungguhnya hal ini membutuhkan pemikiran dan perencanaan yang matang guna menghindari kerugian besar yang bisa saja anda alami.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.