Usaha baru dan peluang bisnis 2018 yang menjanjikan dan menguntungkan

10 TOP Peluang Usaha dan Bisnis 2018 Yang Tetap Menjanjikan Untung Besar

By: Egy arisandi

Peluang bisnis bagus di tahun 2018 yang akan menjadi usaha baru dan memiliki prospek cukup menjanjikan dan menguntungkan rupanya akan di dominasi oleh bisnis yang berbasis teknologi internet.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sendiri berkembang begitu cepat sampai 51% pertahunnya yang mana sebanyak 69 persen masyarakat Indonesia masih mengakses jaringan internet melalui perangkat smartphone dan sisanya melalui desktop dan tablet.

Kemudian data terkait perkembangan e-commerce di berbagai negara juga mencatat bahwa jumlah pengguna internet yang sudah terbiasa berbelanja secara online telah mencapai 24,74 juta orang.

Dengan ini teknologi internet telah menjadikan peluang usaha baru yang cukup menggiurkan, bahkan hal ini juga memicu hadirnya perusahaan teknologi finansial (fintech) yang bekerjasama dengan lembaga keuangan dan perbankan.

Ragam peluang bisnis dan usaha 2018 yang memiliki prospek menjanjikan dan menguntungkan

Selanjutnya mari kita ulas mengenai 10 macam peluang usaha dan bisnis yang akan tetap menjadi primadona di tahun 2018 karena potensinya yang masih sangat luar biasa.

Mulai dari jenis usaha dengan modal kecil hingga beragam usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga, karyawan maupun mahasiswa dan bisnis hiburan yang tidak kalah hebohnya.

1. Bisnis Online dan E-Commerce – Ekspansi bisnis dan usaha di era digital

Peluang bisnis online terbaru 2018 tanpa modal untuk pemula

Seperti yang telah disinggung pada awal artikel ini, mengingat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia begitu pesat, maka peluang bisnis online 2018 sudah sepantasnya menjadi target yang paling di utamakan.

Bisnis online tanpa modal, ya selama ini memang telah banyak yang terpikat dengan slogan tersebut, meskipun kenyataanya semua usaha tetap membutuhkan investasi, hanya saja nilainya yang masih cukup mudah untuk dijangkau bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Bagi yang memiliki budget modal sangat minim, dunia online memang masih sangat terbuka lebar untuk memulai sebuah karir bisnis.

Minimal anda harus memiliki gadget dan kuota untuk bisa mengakses jaringan internet karena ini merupakan modal utama yang wajib ada bagi semua pebisnis online.

Bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula?

Memulai dari yang gratisan tampaknya sudah cukup sebagai langkah awal seorang pemula utuk ikut mencicipi semaraknya dunia internet yang penuh dengan sumber uang diantaranya:

  • Berkarir menjadi seorang youtuber
  • Kontributor blog atau penulis lepas
  • Menjalankan bisnis dropship
  • Menjadi celebgram dan bisnis endorser

Kemudian untuk yang sudah memiliki modal bisa mencoba membangun web atau blog sendiri, yang mana melalui sebuah blog anda berkesempatan bisa mendapatkan penghasilan uang dari internet melalui beragam metode antara lain yaitu:

  • Publisher iklan PPC maupun iklan mandiri
  • Bergabung dengan program affiliasi
  • Menjual produk sendiri atau membangun toko online
  • Jasa link building dan blog post
  • Bahkan jual beli blog atau web itu sendiri

Seberapa besar penghasilan pebisnis online?

Menekuni bisnis di dunia internet memang sangat fleksibel dan semua tergantung dari bidang apa yang paling anda kuasai.

Semuanya juga tidak bisa secara instan dan butuh pengalaman panjang untuk dapat menemukan satu peluang yang paling sesuai hingga anda mampu menjadi seorang senior.

Untuk besarnya pendapatan, seorang internet marketer berkesempatan memperoleh penghasilan yang tidak terbatas selama ia sanggup konsisten hingga mencapai level pro untuk bidang yang di tekuni.

Baik youtuber maupun blogger sudah banyak yang terbukti bisa mendapatkan uang dari internet hingga puluhan juta perbulan hanya dengan modal yang sebenarnya sangat kecil untuk sebuah bisnis dengan profit yang bisa mencapai 100 x modal.

Demikian hebatnya bisnis internet atau usaha online, maka tidak heran jika digadang akan menjadi top ranking dalam peluang bisnis 2018 hingga kedepannya.

2. Industri bisnis dan usaha kreatif – Berasal dari pengembangan bakat dan keterampilan

Membuat brand atau merek dan identitas produk

Ide bisnis dan usaha kreatif adalah sebuah tindakan yang berasal dari kegiatan positif sehingga kemudian dapat menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual.

Memulai bisnis kreatif pada umumnya akan lebih mudah ketika seseorang tersebut sudah memiliki bakat atau passion dalam bidang tertentu atau bahkan bisa berawal dari sebuah hobi saja.

Dengan demikian apabila seseorang telah dapat menggali potensinya sendiri sampai pada keberhasilan secara ekonomi, maka inilah aktifitas yang bisa di bilang paling nyaman diantara jenis pekerjaan lainnya.

Jadi tidak salah jika ada kalimat bahwa pekerjaan paling mudah dan menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Adapun beberapa contoh industri kreatif yang tetap memiliki prospek menjajikan dalam dunia peluang usaha 2018 diantaranya ialah sebagai berikut:

Bidang digital dan teknologi – Tidak dapat dipungkiri perkembangan dalam sektor teknologi digital sudah semakin pesat. Dan dari sinilah akan muncul beragam peluang usaha baru seperti:

  • Membangun aplikasi – Tampaknya masyarakat sudah begitu akrab dengan penggunaan beragam aplikasi untuk menunjang aktifitasnya sehingga menjadi kesempatan bagus bagi mereka yang memiliki bakat dan keahlian dibidang ini.
  • Desain web – Kedepannya setiap pemilik bisnis dan usaha sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan yang namanya web company profile.

Dengan memiliki laman web, selain untuk mempermudah promosi, tentunya calon konsumen juga akan lebih cepat dalam menggali informasi mengenai produk yang ditawarkan.

  • Desain gambar – Memiliki keahlian mendesain gambar ataupun jenis grafis lainnya adalah sebuah peluang usaha yang sangat potensial bahkan untuk bisnis 2018 nanti seperti: desain gambar kaos distro, desain logo, cutting stiker dan jasa editing photo maupun video.

Bidang kuliner – Industri kreatif pada usaha dan bisnis makanan juga telah berevolusi dengan munculnya beragam inovasi baru yang selalu bersaing mencuri antusias konsumen.

Menciptakan kreatifitas pada olahan makanan meskipun pada dasarnya tetap mengacu dari menu menu yang sudah ada sebelumnya adalah sebuah ide dan pemikiran yang cemerlang.

Ambil contoh saja dari kisah suksesnya resto mie rampok dengan citarasa pedas yang mana hanya dengan melakukan sedikit perubahan cara penyajian serta varian citarasa dari menu mie biasa, ternyata telah mampu menggaet konsumen dengan luar biasa.

Dari sekian banyak orang yang berhasil mencapai sukses dari sebuah industry kreatif, mayoritas mereka memulainya hanya sebagai usaha sampingan dan menyalurkan bakat saja.

Namun karena sikap konsisten dan memahami akan potensinya, maka jadilah sebuah lahan bisnis dan usaha yang sangat menjanjikan untuk di tekuni.

3. Online Service (Bisnis jasa dan layanan secara online) – Fasilitas pelayanan publik melalui akses internet dan aplikasi

Pinjaman Uang Tunai Cepat Cair dan Proses Mudah Secara Online

Berikutnya yang akan menjadi peluang usaha di tahun 2018 adalah pada bidang layanan jasa berbasis online.

Sebenarnya mengenai contoh bisnis jasa berbasis online sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan sampai saat ini akan terus bertambah dan berkembang seiring dengan mobilitas masyarakat yang semakin padat diantaranya ialah:

Transportasi online

Khususnya bagi yang tingal di kota besar tentu saja sudah tidak asing lagi dengan layanan transportasi online seperti gojek maupun grab.

Apabila dibandingkan dengan sarana transportasi konvensional seperti ojek pangkalan, taksi argo, angkot maupun yang lainnya, tentu masyarakat akan lebih antusias dengan layanan yang berbasis online ini.

Alasannya cukup simple yaitu karena kemudahan dalam mendapatkan servis yang cepat meskipun dalam sisi tarif atau ongkos terbilang hampir sama antara semuanya.

Reservasi atau pemesanan ticket dan hotel

Kemudian juga mengenai transaksi pemesanan ticket maupun kamar hotel yang saat ini juga begitu mudah tanpa perlu repot lagi beranjak dari tempat anda berada.

Semuanya hanya mengandalkan teknologi aplikasi smartphone yang terhubung dengan jaringan internet sehingga cukup dengan klik anda sudah bisa memperoleh layanan yang anda inginkan.

Bagi anda yang memiliki kemampuan atau modal untuk membangun sebuah startup bisnis jasa berbasis internet, maka peluang usaha yang satu ini bisa dikatakan yang paling potensial dan sangat menjanjikan untuk saat ini bahkan hingga kedepannya.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.