Peluang bisnis dan usaha untuk wanita muslimah di rumah

10 Ide Peluang Usaha Untuk Wanita Muslimah Yang Ingin Memulai Karir Bisnis

By: Egy arisandi

Peluang usaha untuk wanita muslimah di rumah maupun karir yang saat ini potensial sebenarnya sangat banyak sekali apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk islam terbesar, maka sudah sewajarnya bahwa negeri ini didominasi kaum muslim.

Muslimah sendiri adalah sebutan bagi wanita yang memeluk agama islam yang mana cukup mudah sekali ditandai secara fisiknya dengan kebiasaan mereka menggunakan baju baju gamis yang besar serta jilbab lebar.

Wanita musliimah tentu saja dalam menjalankan syariatNya memiliki batasan pada beberapa hal. Seperti terdapat batasan dalam pergaulan, berinteraksi dengan lawan jenis, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, itu bukanlah halangan yang mutlak untuk memuali berbisnis. Seorang wanita muslimah yang cerdas tentu saja ingin menghasilkan uang sendiri, tanpa perlu melanggar syariat agamanya.

Bahkan di Indonesia sendiri banyak sosok wanita muslimah yang sukses dan membawa harum nama Indonesia dikancah internasional seperti Dian pelangi misalnya.

Beberapa contoh peluang bisnis yang ideal untuk seorang wanita muslimah di rumah

Berikut ini adalah beberapa inspirasi jenis pekerjaan yang cocok dijalankan oleh seorang muslimah dengan potensi yang sangat menjanjikan untuk ditekuni.

1. Bisnis pakaian muslim

Bisnis fashion baju muslim

Pakaian adalah barang vital untuk semua manusia. Ditambah lagi fakta bahwa penduduk Indonesia sebagian besar adalah muslim, maka tentu saja permintaan pakaian muslim juga cukup besar.

Apalagi menjelang hari raya, permintaan pakaian muslim sudah jelas akan meningkat dibanding dengan hari hari biasa. Maka bisnis pakaian muslim adalah usaha yang cukup menjanjikan untuk dijalani bagi anda kaum wanita muslim khususnya.

2. Menjual Hijab Syar’i

Memakai hijab untuk menutupi kepala adalah wajib hukumnya bagi seorang wanita muslimah. Apalagi saat ini tren hijab makin mendunia.

Banyak sekali hijab-hijab bagus yang tersedia sehingga selain melakukan kewajiban menutup aurat, juga tidak mengkesampingkan fashion.

Maka anda bisa menjadikan ini sebagai peluang untuk memulai berbisnis. Jangan terlalu lama berfikir, dan mulailah memasarkan hijab baik secara online maupun online bahkan anda sendiri bisa langsung menjadi model hijab yang sesuai syariat islam itu dengan mempostingnya di media sosial.

3. Menjual alat-alat perlengkapan ibadah

Ibadah adalah kewajiban bagi kita semua umat beragama. Baik anak-anak, dewasa, remaja, maupun orang tua memiliki kewajiban untuk beribadah.

Dengan anda menjual perlengkapan ibadah, secara tidak langsung anda mempermudah urusan ibadah orang lain sehingga secara otomatis anda juga akan mendapatkan pahala pula selain dari sisi keuntungan finansial.

Bisnis perlengkapan ibadah akan menjadi bisnis yang terus ada dan berkembang dari hari ke hari. Anda dapat membuka usaha ini dirumah maupun ditoko sendiri.

4. Day Care

Bisnis daycare untuk wanita muslimah

Day care atau parenting care akhir-akhir ini menjadi sangat booming. Seiring dengan meningkatnya jumlah wanita karir, dibutuhkan pula banyak tempat dan orang untuk mengasuh serta merawat anak mereka ketika di tinggal sibuk beraktifitas.

Itulah fungsi dari Day Care. Usaha ini biasanya sangat cocok diperkotaan. Selain untuk mendapatkan penghasilan, sebenarnya ini juga akan bermanfaat bagi anda yang belum menikah atau belum mempunyai anak untuk melatih diri bersabar dalam merawat dan menjaga anak.

5. Berjualan secara online

Segala sesuatu pada masa sekarang hampir semuanya dilakukan secara daring/online. Semua kebutuhan dapat dipenuhi pula dengan munculnya toko-toko online.

Peluang ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan bagi bagi siapa saja yang melek akan teknologi internet. Anda hanya perlu gadget, koneksi internet, dan kreatifitas dalam menjalankan bisnis anda.

Banyak yang bisa dijual melalui online shop seperti pakaian, aksesoris, sepatu, tas, dan lain sebagainya dengan cara sistem dropship tanpa modal ataupun melalui situs marketplasce seperti lazada, bukalapak, shopi dll.

6. Fashion Designer

Banyak sekali fashion designer yang merupakan seorang muslimah. Lihatlah brand-brand nasional terkenal seperti Elzatta, Zoya, dan Dian Pelangi.

Jika anda berminat dan di dukung dengan memiliki keahlian dalam mendesign pakaian, tidak ada salahnya anda menciptakan brand dan toko anda sendiri.

Tidak perlu ragu dalam memulai bisnis ini, cukup dengan kemauan yang keras serta keinginan untuk terus belajar maka dengan modal finansial sedikitpun atau bahkan tanpa modal sama sekali anda bisa menjadi seorang perancang busana dengan memanfaatkan situs media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk anda.

Dengan media sosial gratisan ini bahkan anda bisa meminta produk karya anda dipromosikan oleh seorang influencer dengan cara mengendorse orang atau sahabat anda yang sudah terkenal di jejaring sosial.

7. Menjadi seorang MUA

Usaha paling cocok untuk wanita

MUA adalah kependekan dari Make Up Artist. Tidak semua wanita memiliki skill untuk memoles wajah mereka sendiri, maka pekerjaan ini sangat menjanjikan untuk anda yang memiliki kemampuan dibidang make up karena jaman sekarang kebutuhan untuk tampil bermake-up semakin meningkat.

Salah satu acara atau moment paling ramai job bagi para make up artist ialah saat musim wisuda, perayaan kemerdekaan, hari kartini, maupun untuk acara pesta lainnya.

Anda dapat mempromosikan keahlian make up anda melalui jejaring sosial media. Yang perlu anda lakukan awalnya memberi testimoni dan free trial untuk beberapa orang terdekat anda sebagai contoh hasil make up anda, jangan lupa mencantumkan contact person di media sosial juga, ya!

8. Penulis artikel

Tidak jauh-jauh dari dunia daring, menulis artikel secara online juga bisa menjadi sarana pekerjaan bagi anda seorang muslimah.

Tentu saja dalam menjalankan profesi penulis artikel secara online, anda tidak perlu repot-repot mendatangi tempat bekerja sehingga hal ini jelas lebih menghemat waktu.

Anda bisa menulis apapun sesuai dengan topik yang anda kuasai selagi hal itu sangat informatif dan bermanfaat. Profesi penulis lepas juga memiliki potensi besar bisa menjadikan jembatan bagi anda yang ingin menjadi penulis profesional disebuah media ternama.

9. Beauty blogger hijabers

Profesi menjadi blogger muslimah

Karena jumlah muslimah yang makin sadar akan pentingnya fashion, tentu saja pekerjaan seorang beauty blogger hijabers makin kondang akhir akhir ini.

Konten-konten seorang beauty blogger hijaber sangat dinantikan oleh banyak viewers sebagai sumber inspirasi dalam menggunakan make up maupun beragam tips saran lainnya perihal perawatan kecantikan.

Apabila anda ingin menjadi seorang beauty blogger hijab, anda harus menjadi kreatif dan juga inovatif. Banyak blogger terkenal seperti Firra aseggaf, Puput utami, dan lain sebagainya dengan penghasilan jutaan rupiah perbulan dari iklan hanya dengan ngeblog atau vlog di youtube.

Itulah sepuluh pekerjaan yang bisa dijalankan untuk seorang muslimah. Bagaimana? Apa anda tertarik untuk menjalankan salah satunya? Selamat mencoba salah satu di antara beberapa peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2018 ini!

  • 6
    Shares
Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.