Pemblokiran facebook di Indonesia

Dampak Pemblokiran Situs Facebook Di Indonesia Bagi Pebisnis Internet Marketing

By: Egy arisandi

Berita mengenai rencana pemblokiran situs jejaring sosial Facebook di Indonesia yang di duga karena adanya data pengguna yang telah bocor tentunya akan memberikan dampak bagi para pelaku bisnis internet marketing.

Selama ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah sangat ketergantungan dengan situs Facebook mulai dari yang sekedar untuk menjalin pertemanan hingga untuk menjalankan bisnis.

Sebenarnya dengan hadirnya situs jejaring sosial memang selalu terdapat pro dan kontra sebab tidak sedikit pula yang memanfaatkan layanan gratis ini sebagai sarana tindakan tidak bertanggung jawab dan berpotensi merugikan pihak lain.

Akan tetapi sudah banyak juga yang menjadikannya sebagai sarana usaha dan bisnis di era digital ini bahkan dengan penghasilan yang cukup fantastis hanya bermodalkan akses internet.

Lantas apa saja dampak buruk yang kemungkinan terjadi apabila situs Facebook benar benar di stop atau di blokir oleh pemerintah Indonesia?

Menurunnya penghasilan para pelaku bisnis online shop

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak para pelaku bisnis online shop yang memanfaatkan situs Facebook sebagai sarana mereka memasarkan produknya.

Apabila nantinya jejaring sosial ini sudah tidak dapat di akses lagi maka secara otomatis penghasilan para pelaku olshop tentu akan menurun drastis.

Akan cukup sulit dan membutuhkan waktu yang panjang untuk membuat jaringan baru dengan menggunakan situs jejaring sosial lainnya seperti Instagram, Line maupun Whatsapp Mesenger.

Simak juga ulasan menarik tentang peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2018 serta artikel terkait lainnya mengenai cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula.

Keuntungan yang diperoleh dari pemblokiran situs Facebook

Disisi lain, wacana pemblokiran situs Facebook di Indonesia juga sedikit memberikan angin segar bagi para pelaku internet marketing lainnya.

Salah satunya ialah mereka yang bergerak di bidang publisher periklanan digital khususnya google adsense.

Beberapa tahun terkahir ini banyak para publisher yang mengeluh bahwasannya penghasilan mereka menurun akibat persaingan sengit antara jaringan periklanan milik google dengan jaringan iklan milik facebook.

Karena Facebook menawarkan budget iklan murah, maka para advertiser yang selama ini menggunakan jaringan adword banyak yang beralih ke FB Ads.

Jadi apabila nantinya situs Facebook akan benar benar di blokir di Indonesia, maka kemungkinan yang terjadi pada bisnis periklanan digital akan kembali berbondong bondong menggunakan jaringan adword milik google.

Sehingga hal ini akan mengembalikan kejayaan para publisher adsense yang nanti akan berdampak pada meningkatnya penghasilan mereka perbulan karena nilai iklan yang semakin tinggi.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.