Perbedaan sales dan marketing serta tugas pokoknya

Pengertian Sales dan Marketing Beserta Perbedaannya Menurut Para Ahli

By: Egy arisandi

Pernah mendengar kata marketing dan sales dalam dunia kerja? Anda tentu sudah tidak asing mendengar dua kata tersebut. Tetapi tahukah anda bahwa ternyata ada perbedaan yang nyata antara marketing dan sales ini.

Marketing dan sales mempunyai pengertian yang jauh berbeda dan tidak sama. Marketing dan sales bukanlah suatu pekerjaan untuk menjelaskan dan cara menjual suatu produk.

Di bawah ini akan dijelaskan secara lebih terperinci mengenai perbedaan antara marketing dan sales supaya lebih jelas dan tidak terjadi salah pengertian seperti yang berlangsung selama ini.

Arti marketing dan sales menurut analisa para ahli

Tidak semua perusahaan benar-benar mengerti perbedaan antara marketing dan sales. Ada beberapa perbedaan yang sangat jelas antara marketing dan sales.

Marketing

Selama ini pengertian marketing yang beredar di masyarakat adalah selalu dianggap sebagai suatu pekerjaan. Padahal sebetulnya pengertian marketing itu adalah suatu system yang ada dalam sebuah bisnis.

Marketing ini mencakup beberapa kegiatan seperti merencanakan suatu produk, menetapkan harga dan promosi serta cara mendistribusikan barang di pasaran untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan konsumen.

Di dalam system marketing ini dikenal adanya beberapa strategi yang dimiliki untuk dilaksanakan yaitu produk, proses, harga, promosi, tempat, orang dan bukti fisik.

Strategi ini diterapkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam hal penjualan produk tersebut dan menjaga kepuasan konsumen.

Sementara pelaku yang menjalankan strategi marketing itu sendiri disebut sebagai tenaga pemasaran. Tugas tenaga pemasaran ini adalah menjaga nama baik produk yang dihasilkan serta kualitas barang hasil produksi yang sering disebut brand image product supaya tetap mempunyai image baik yang beredar di pasaran.

Dengan adanya tugas tersebut maka seorang tenaga pemasaran wajib menjaga hubungan dengan masing-masing konsumen supaya konsumen tetap percaya terhadap hasil produk yang dijual mulai dari sebelum terjadinya transaksi sampai selesainya proses transaksi tersebut.

Sales

Sementara arti dari sales adalah suatu pekerjaan yang mempunyai tugas untuk menjual produk dengan suatu target tertentu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang memproduksi produk tersebut.

Sales harus berpikir bagaimana dapat menjual produk hingga mencapai target yang telah ditetapkan tanpa harus berpikir untuk memenuhi kepentingan, kebutuhan atau kepuasan konsumen.

Jadi sales hanya bekerja untuk mengejar kuantitas atau jumlah produk yang harus terjual. Berbeda dengan tenaga pemasaran yang harus menjaga hubungan dengan konsumen supaya konsumen tetap memilih produk yang sama sementara hubungan sales dan konsumen hanya terbatas sampai pada transaksi jual beli saja.

Baca juga ulasan menarik lainnya tentang tips marketing untuk bisnis kuliner agar menarik pelanggan baru serta artikel terkait mengenai 5 faktor penting dalam strategi promosi dan pemasaran.

Yang harus dilakukan oleh sales supaya target penjualan mereka tercapai

Tugas pokok mereka adalah melakukan promo atau memberikan penjelasan mengenai produk yang mereka jual dengan semenarik mungkin.

Jadi dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa antara kata marketing dan sales mempunyai pengertian dan fungsi yang berbeda tetapi satu sama lain saling berkaitan.

Suatu perusahaan tidak akan bisa menjual produk tanpa adanya peran serta sales. Tetapi pekerjaan sales di lapangan juga tidak akan dapat mencapai target yang ditetapkan jika tidak didukung oleh tim pemasaran yang mempunyai strategi marketing yang handal.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.