Perbedaan pengertian rekening giro dan tabungan

Pengertian Rekening Giro Beserta Jenis Jenisnya Untuk Keperluan Bisnis

By: Egy arisandi

Apa pengertian rekening giro dan apa perbedaan dengan tabungan biasa? Masyarakat awam umumnya masih belum begitu mengetahui produk produk dari perbankan.

Salah satu produk bank yang terbilang sangat populer di kalangan masyarakat adalah tabungan.  Namun sesungguhnya tabungan bukanlah satu satunya produk perbankan yang berguna untuk menghimpun dana masyarakat melainkan ada banyak produk lain yang  juga memiliki fungsi yang sama contohnya giro.

Fungsi giro pada dasarnya sama dengan tabungan namun umumnya produk yang satu ini lebih banyak dipilih oleh badan usaha ketimbang oleh perorangan. Mengingat produk giro ini terbilang lebih efektif dan tepat untuk jenis pekerjaan mereka.

Dari segi definisi tabungan dan giro memiliki pengertian yang berbeda. Giro merupakan salah satu produk perbankan untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan yang penarikannya dapat dilakukan sewaktu waktu dengan syarat menggunakan cek atau bilyet giro.

Sedangkan bilyet giro itu sendiri adalah surat perintah yang digunakan untuk memindahtangankan sejumlah uang nasabah tersebut ke rekening penerimanya.

Dan untuk cek adalah surat perintah kepada bank dari nasabah pemilik rekening tersebut untuk penarikan sejumlah uang yang tertulis di dalam cek tersebut kepada nama orang yang tertera di dalam cek. Berikut ini kami berikan beberapa info terkait rekening giro. Simak ulasannya.

Jenis-jenis rekening giro

Pada umumnya di dalam perbankan jenis dari rekening giro itu ada dua yakni rekening giro yang diperuntukkan untuk perseorangan dan rekening giro untuk badan usaha. Berikut penjelasannya.

1. Rekening giro perseorangan

Adalah rekening giro yang dimiliki oleh pribadi dan bisa juga digunakan untuk perusahaan perseorangan misalnya saja seperti kafe, toko dan lain sebagainya.

2. Rekening badan usaha

Adalah rekening yang dimiliki oleh badan usaha seperti rekening giro yayasan, CV, PT dan lain sebagainya.

Cara membuat rekening giro

Pembuatan rekening giro pada dasarnya sama dengan pembukaan rekening tabungan biasa, dengan hanya mengisi formulir yang disediakan oleh pihak bank.

Perlu anda ingat bahwa sebelum anda membuka rekening giro tersebut alangkah baiknya jika anda tahu apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Berikut ini berbagai persyaratannya, yaitu:

Untuk perseorangan:

  • Fotocopy identitas diri seperti KTP, KK, SIM, Pasport dan lain sebagainya
  • Calan nasabah bukan termasuk ke dalam DHBI (Daftar Hitam Bank Indonesia)
  • Telah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Mengisi dan menandatangani formuli pengajuan pembukaan rekening giro
  • Memberikan setoran awal dengan jumlah yang telah ditetapkan

Untuk badan usaha:

  • Harus menyediakan anggaran dasar atau akta pendirian badan usaha
  • Harus memiliki TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • Harus memiliki surat pengesahan dari menteri kehakiman
  • Harus menyediakan keterangan domisili

Adapun syarat syarat yang telah kami berikan di atas merupakan dokumen yang biasa dibutuhkan dan diminta oleh pihak perbankan dalam membuka rekening giro, namun ketahuilah bahwa semua persyaratan tersebut kembali lagi pada kebijakan masing masing perbankan bisa saja sama seperti di atas bisa juga tidak.

Dalam pembuatan rekening giro ini ada beberapa manfaat yang bisa anda petik, yaitu

  • Memudahkan nasabahnya untuk menarik dana sewaktu waktu sehingga tidak akan mengganggu transaksi keuangan.
  • Keamanan lebih terjamin. Mengingat dalam pengambilan dana di rekening giro harus menggunakan cek ataupun bilyet giro sehingga para oknum tindak kejahatan tidak akan semudah itu untuk mencairkan dana.
  • Dapat ditarik sewaktu waktu walaupun sedang dalam jam kerja.
  • Tidak mengharuskan pemilik untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak kemanapun ia pergi. Mereka hanya perlu membawa cek dan bilyet giro sehingga sangat efektif dan efisien bagi kinerja suatu perusahaan yang umumnya melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.
  • Tidak adanya limit dalam rekening giro selama jumlah uang didalamnya mencukupi.
  • Pemilik rekening giro setiap bulannya akan mendapatkan rekening koran sehingga proses administrasi giro jauh lebih baik.

Simak juga ulasan terkait tentang pinjaman KTA – kredit tanpa jaminan dengan bunga paling rendah serta artikel menarik lainnya mengenai jenis tabungan pendidikan yang terbaik saat ini.

Itu tadi beberapa informasi terkait rekening giro. Bagi anda yang memang belum terlalu akrab dengan produk perbankan yang satu ini, maka setelah membaca artikel ini anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.