Pertanyaan wawancara kerja dan interview fresh graduate

Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja atau Interview Fresh Graduate Pada Perusahaan

By: Egy arisandi

Saat ada panggilan wawancara kerja atau biasa disebut interview tentu ada beberapa pertanyaan secara langsung yang akan diajukan oleh pihak HRD atau pimpinan tempat anda mencari kerja.

Anda tidak perlu takut dengan proses interview ini karena akan memberikan lebih banyak pengalaman dan melatih mental anda sebelum anda terjun di dunia kerja.

Setiap perusahaan selalu membutuhkan karyawan atau staf yang tentu saja memiliki sifat baik dan jujur selain mampu untuk bekerja menjalankan tugasnya masing-masing supaya perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Hal itu tidak akan dapat di ketahui hanya dari surat lamaran pekerjaan saja. Jadi dibutuhkan proses interview, panggilan wawancara kerja untuk dapat melihat penampilan dan menilai sifat calon karyawan secara langsung yang akan direkrut dalam perusahaan tersebut.

Pertanyaan yang paling sering di ajukan saat interview atau wawancara kerja

Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan saat proses interview untuk mengetahui kepribadian pencari kerja, beserta jawaban yang dapat anda berikan :

1. Perkenalkan tentang diri anda

Biasanya ini adalah pertanyaan pertama yang akan diajukan. Hal paling dasar untuk mengetahui karakter, sifat dan potensi anda. Jawablah pertanyaan pertama ini dengan tenang dan percaya akan kemampuan diri sendiri.

Ceritakan tentang diri anda jangan terlalu singkat tapi jangan pula bertele-tele. Cukup hal penting yang sekiranya perlu diceritakan, seperti nama, anda anak ke berapa dari berapa bersaudara dan anda berasal dari mana.

Selanjutnya ceritakan tentang pendidikan terakhir apa yang pernah anda tempuh, pekerjaan terakhir yang anda jalani, berapa tahun anda bekerja dan apa saja yang pernah anda kerjakan.

2. Mengapa anda harus dipekerjakan ditempat kami

Sebutkan kelebihan dan ketrampilan yang anda miliki yang mungkin tidak dipunyai oleh calon pencari kerja yang lain. Ini akan menjadi nilai lebih yang menguntungkan anda karena anda bisa mengerjakan apa yang belum tentu orang lain bisa kerjakan.

Sebaiknya anda jangan berbohong karena ada kemungkinan apa yang anda katakan akan menjadi bumerang bagi diri anda sendiri saat anda tidak bisa menunjukan bukti bahwa anda bisa melakukannya.

3. Apa saran dari pimpinan ditempat kerja yang lama mengenai kekurangan anda

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan anda disamping kelebihan yang sudah anda sebutkan.

Ceritakanlah apa adanya kekurangan diri anda dan katakanlah bahwa anda mau memperbaiki setiap kekurangan yang ada supaya menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Apa yang bisa membuat anda menjadi stress atau frustasi

Melakukan pekerjaan dan rutinitas yang sama setiap hari akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan bagi siapapun yang mengalaminya. Jika rasa jenuh dan bosan itu berlarut-larut akan membuat stress dan frustasi yang akan berakibat pada kinerja yang buruk.

Selain mengatakan hal-hal yang dapat membuat anda stress dan frustasi, anda juga dapat menceritakan apa saja yang dapat mengatasi rasa stress dan frustasi anda agar tidak berkepanjangan dan tidak mempengaruhi hasil kerja.

Sebelum anda memutuskan untuk bergabung dalam perusahaan tersebut sebaiknya pikirkan apakah posisi yang anda inginkan dalam perusahaan tersebut akan menmbulkan rasa bosan dan jenuh yang berujung stress dan frustasi karena jawaban atas pertanyaan tadi bisa mempengaruhi keputusan apakah anda akan diterima atau tidak.

5. Apa alasan anda mengundurkan diri dari pekerjaan yang lama

Apapun alasan atau masalah yang menyebabkan anda mengundurkan diri dari perusahaan yang lama jangan anda ceritakan secara terbuka, apalagi jika sudah menyangkut sifat dan karakter teman sekerja atau bahkan pimpinan anda.

Hal itu akan merugikan anda sendiri karena anda akan dianggap mempunyai karakter yang kurang baik hingga harus menceritakan kekurangan orang lain.

Anda tidak perlu menjelek-jelekkan siapapun ditempat kerja anda yang lama. Anda cukup memberkan jawaban yang lebih fokus dalam hal visi dan misi anda yang mungkin sudah tidak sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Jadi daripada terjadi benturan dan kekacauan karena sudah tidak lagi seiring sejalan maka lebih baik anda mengundurkan diri. Atau anda dapat mengatakan ingin mencari tantangan dan pengalaman yang baru ditempat yang baru pula.

6. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini

Saat hendak melamar suatu pekerjaan, setidaknya anda harus mengetahui sedikit mengenai perusahaan yang mungkin akan menerima anda bekerja.

Bergerak dibidang apakah perusahaan tersebut, apa kelebihannya dibanding perusahaan sejenis serta manfaat yang akan anda peroleh saat akhirnya diterima bekerja.

Dengan keinginan yang tinggi untuk dapat diterima dan bekerja tentu akan membawa dampak yang baik pula untuk kemajuan perusahaan ke depannya.

7. Berapa gaji yang anda harapkan

Biasanya anda mengharapkan gaji yang sesuai dengan standart UMR dikota anda. Anda dapat menyebutkan jumlah UMR yang anda kehendaki.

Tetapi ada juga perusahaan yang akan melihat kemampuan anda bekerja selama beberapa bulan sebelum akhirnya memberikan gaji sesuai UMR.

Yang perlu diingat bahwa dengan gaji yang anda harapkan tentu ada pekerjaan dan tanggung jawab yang sesuai bobotnya. Jangan lupa baca juga artikel tentang informasi terbaru gaji TKI di taiwan.

8. Keputusan apa yang paling sulit yang pernah anda ambil

Mungkin anda hanya melamar pekerjaan sebagai karyawan biasa. Tetapi terkadang ada saat tertentu dimana anda dihadapkan pada suatu masalah tertentu dan suatu keputusan penting harus diambil tanpa ada kesempatan bertanya kepada pimpinan atau atasan anda.

Anda dituntut untuk dapat berpikir cepat dan mengambil suatu keputusan yang baik dan tidak merugikan perusahaan.

9. Adakah ada yang hendak dtanyakan

Anda dapat menanyakan tentang hal yang mungkin memang ingin anda ketahui. Bisa tentang perusahaan itu sendiri atau sesuatu yang berkaitan antara perusahaan dengan diri anda sendiri sebagai calon karyawan di perusahaan tersebut.

Baca juga ulasan terkait mengenai berkas berkas kelengkapan dan persyaratan melamar kerja serta artikel menarik lainnya tentang strategi dan tips mendapatkan kerja melalui event job fair.

10. Apakah target yang ingin anda capai

Jika anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan besar tentu anda menginginkan mencapai target tertentu untuk satu tahun kedepan dan beberapa tahun berikutnya.

Anda dapat sebutkan apa yang anda ingin capai saat anda diterima bekerja di perusahaan tersebut. Seperti misalnya pencapaian jenjang karir pada waktu tertentu untuk anda yang bekerja dengan baik, selain target lain yang anda harapkan mungkin dalam hal materi.

Beberapa pertanyaan di atas biasanya diajukan saat proses interview untuk memperoleh calon karyawan yang mempunyai karakter, ketrampilan, kemauan dan kemampuan dalam bekerja yang dapat membantu perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.