Pinjaman uang cepat secara online

9 Perusahaan Fintech Tempat Pinjaman Uang Proses Cepat Secara Online

By: Egy arisandi

Butuh dana pinjaman cepat cair secara online tanpa syarat yang rumit dan terpercaya saat ini begitu mudah dengan adanya perkembangan teknologi internet sehingga memunculkan perusahaan keuangan berbasis online yang akrab disebut dengan istilah fintech (financial technology).

Dalam mencari pinjaman, masyarakat Indonesia telah terbiasa mengandalkan bank padahal pada kenyataannya banyak sekali yang tidak bisa berhasil meminjam uang di Bank hingga cair.

Alasannya bermacam-macam, baik karena agunan atau jaminannya, besaran penghasilan, atau karena ketidaklengkapan dokumen calon debitur.

Meskipun ada produk peminjaman bank tanpa jaminan yaitu pinjaman KTA, tapi ia mewajibkan kelengkapan dokumen seperti harus memiliki kartu kredit yang mana tidak semua orang bisa dengan mudah memperoleh kartu kredit ini.

Kondisi ini pun kemudian menjadi peluang bisnis bagi pemilik modal dikarenakan banyaknya orang yang membutuhkan dana tetapi tidak bisa meminjam uang ke bank ataupun lembaga keuangan resmi lainnya.

Studi IFC (International Finance Corporation) yang mana ia adalah anak dari perusahaan World Bank menunjukkan bahwa di negara kita ini ada 20 juta Usaha Kecil Menengan (UKM) dengan akses kreditnya yang terbatas dan perkiraan pinjaman mereka telah mencapai $27 Miliyar.

Perusahaan keuangan berbasis online sebagai solusi pinjaman uang cepat tanpa syarat rumit

Kini setidaknya sudah ada 9 perusaaan fintech yang mana menawarkan peminjaman uang non-bank dan tentu saja memiliki persyaratan yang jauh lebih mudah.

Fintech ini dianggap tepat untuk mengatasi situasi pasar di negara kita ini. Mengapa demikian? Hampir seluruh masyarakat Indonesia telah bersinggungan dengan gadget dan teknologi, sehingga menawarkan produk keuangan khususnya pinjaman akan cukup potensial dan lebih mudah diserap oleh masyarakat.

Apa sajakah kesembilan perusahaan fintech tersebut dan apa pula kelebihannya di bandingkan Bank?

1. Uangteman .com – Pinjaman dengan proses mudah untuk kebutuhan darurat

Dari perusahaan fitench ini memungkinkan anda untuk mengajukan pinjaman dana tanpa suatu jaminan untuk memenuhi kebutuhan skala kecil dalam jangka pendek.

Anda dapat meminjam uang pada UangTeman .com maksimal sebanyak Rp 2 juta dalam kurun waktu pelunasan paling lama selama 1 bulan atau 30 hari.

Dalam proses pengajuannya pun cukup mudah dan cepat, dana akan segera dicairkan melalui rekening paling lama dua hari terhitung dari hari pengajuan pinjaman khusus untuk peminjaman pertama.

Untuk pinjaman selanjutnya, paling lama dana akan dicairkan setidaknya hanya dalam tempo dua jam. Pinjaman kilat ini bisa menjadi solusi untuk meminjam uang selain meminjam di bank.

Mengingat suku bunga yang ditawarkan terbilang cukup tinggi yakni sebesar 1% perharinya, maka dari itu UangTeman .com ini memang hanya direkomendasikan sebagai pinjaman darurat saja.

2. DRrupiah .com – Dapatkan pinjaman hingga Rp 4 juta

Serupa dengan UangTeman, Drrupiah menawarkan pinjaman uang berbasis online dimana anda bisa meminjam tanpa jaminan dengan jangka waktu yang relatif singkat.

Untuk Drrupiah .com plafon pinjaman sedikit lebih banyak, yakni maksimal pinjaman hingga sebesar Rp 4 juta dengan kurun waktu pelunasan paling lama 30 hari.

Proses pengajuan hingga pencairan terbilang sangat cepat bisa dilakukan pada hari yang sama dengan catatan anda telah memiliki rekening Bank Mandiri dan ketentuan ini belum tentu sama untuk peminjam dengan rekening non bank Mandiri.

Bunga yang di bebankan pada peminjam yakni sebesar 1% perharinya dan memang cukup tinggi dibalik kemudahan syarat dan prosesnya.

3. Amartha .com – Dengan konsep group landing

Amartha ialah lembaga keuangan yang berbasis online untuk meminjam dana tanpa suatu jaminan khusus bagi pengusaha kecil yang berada pada wilayah Bandung dan Bogor.

Untuk besaran pinjaman mulai dari Rp 2 juta dengan lama waktu meminjam yang cukup beragam mulai dari 3, 6, dan 12 bulan.

Amartha .com memiliki fitur yang berbeda dengan perusahaan keuangan lainnya yakni ia adalah group landing. Apa itu konsep group landing? Merupakan konsep peminjaman yang mana harus dilakukan secara kelompok yang isinya terdapat beberapa anggota.

Calon peminjam setidaknya membentuk kelompok yang terdiri dari 15 hingga 20 orang pengusaha perempuan disatu region yang sama.

Sebelum pinjaman Amartha di cairkan, ada pelatihan wajib yang diberikan kepada kelompok peminjam tersebut. Fungsi dari pelatihan ini bertujuan supaya kelompok tersebut bisa membuat proposal pengajuan kredit yang sesuai dengan peruntukannya.

Kemudian proposal kredit akan ditinjau ulang dan di tawarkan pada para investor agar mereka mau membiayai proposal.

Setelah dana pinjaman itu turun, kelompok di haruskan melakukan perkumpulan mingguan dan setiap anggota kelompoknya diharuskan hadir supaya pihak Amartha dapat mengontrol perkembangan usaha kelompok tersebut.

4. Teralite .com – Pinjaman dengan proses kilat menggunakan jaminan

Kalau beberapa perusahaan fintech di atas tadi merupakan produk pinjaman tanpa jaminan, untuk Taralite .com dalam meminjamkan dana mensyaratkan menggunakan suatu agunan atau jaminan.

Jaminan yang diterima antara lain Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) serta sertifikat rumah. Tingkat suku bunga yang nantinya dibebankan juga tergantung dari jenis jaminan apa yang dipergunakan.

Bunga yang dibebankan yakni 1% setiap bulannya apabila anda menjaminkan BPKB mobil atau sertifikat rumah, serta sebesar 2% untuk jaminan BPKB kendaraan bermotor.

Untuk besaran pinjaman yang bisa didapatkan ialah tergantung jaminan anda, yakni 70 hingga 80% dari nilai jual jaminan anda.

Untuk lamanya waktu mengangsur yaitu mulai dari 1 hingga 3 tahun untuk BPKB dan hingga 5 tahun lamanya untuk sertifikat rumah.

Pada situs resmi Taralite dijelaskan bahwa proses pencairan dana tidak terlalu cepat, karena ada survey serta ada penilaian terhadap jaminan.

Dengan demikian, pinjaman ini cocok untuk anda yang membutuhkan dana besar tetapi kurang cocok bagi anda yang butuh dana kilat.

5. Investree .id – Transaksi keuangan selayaknya situs marketplace

Situs ini merupakan media untuk mempertemukan kedua belah pihak antara pemilik dana dan yang membutuhkan dana.

Dengan kata lain, Investree .id merupakan marketplace untuk produk keuangan. Para calon peminjam bisa mengajukan pinjaman melalui situs Investree .id yang mana calon peminjam diklasifikasikan menjadi dua yakni karyawan dan pengusaha.

Meskipun pinjaman ini tanpa menggunakan jaminan tapi tentu saja tetap dibutuhkan beberapa persyaratan diantaranya adalah:

Bagi Karyawan:

  • Perusahaan tempatnya bekerja haruslah bekerjasama dengan Investree .com
  • Berdomisili di JABODETABEK
  • Minimal penghasilan Rp 3,1 juta perbulan

Bagi Pengusaha:

  • Invoice financing, yakni pembiayaan modal kerja dengan sistem tagihan
  • Perusahaan memiliki kerjasama dengan perusahaan besar seperti BUMN, Perusahaan Multinasional, dan lain sebagainya.

Simak juga ulasan terkait mengenai tempat pinjam uang secara online tanpa jaminan serta artikel menarik lainnya tentang pinjaman dengan bunga rendah jaminan sertifikat rumah.

6. Modalku .co .id – Pinjaman untuk modal usaha

Sama seperti Investree, ia merupakan sebuah marketplace yang mana ia akan mempertemukan antara penyedia dana serta pencari dana.

Pinjaman ini diperuntukkan untuk tujuan usaha. Salah satunya yakni peminjam dari pemilik toko online di sebuah situs jual beli terbesar Tokopedia yang ada diwilayah JABODETABEK.

Plafon pinjamannya berkisar 10 hingga 50 juta dengan lama pinjaman 1 hingga 2 bulan. Untuk proses pencairan dana kurang lebih selama 3 hari.

Bunga yang ditetapkan sebesar 2% setiap bulannya. Pinjaman ini bukan sistem angsuran, jadi langsung dibayar lunas antara pinjaman pokok serta bunganya pada akhir periode peminjaman.

Syarat untuk meminjam pada Modalku .co .id yakni:

  • Sudah terdaftar sebagai pemilik toko di Tokopedia setidaknya selama 6 bulan
  • Merupakan WNI
  • Berusia 21 hingga 55 tahun
  • Menyediakan dokumen scan KTP, KK, serta NPWP

7. Koinworks .com – Dapatkan dana pinjaman mulai dari Rp 10 juta

Masih khusus peminjam yang berdomisili di JABODETABEK, Koinworks .com menawarkan pinjaman dengan tenor minimal 2 tahun serta minimal pinjaman sebesar Rp 10 juta.

Untuk bunga yang ditawarkan yakni 0,75-1,7% perbulannya, yang mana besarnya bunga yang di bebankan telah di tetapkan oleh Koinworks .com berdasarkan grading.

Ada biaya lain yang dibebankan selain bunga yakni biaya persetujuan kredit sebesar 2 hingga 4%, untuk biaya asuransi jiwa 0, 24% dan untuk biaya administrasi sebesar Rp 100.000,-

Untuk proses pengajuan pinjaman akan melalui tahap-tahap berikut:

  • Mengisi formulir secara online
  • Apabila formulir pengajuan diterima, akan ada pemberitahuan besarnya bunga yang dibebankan
  • Mengunggah dokumen yang diminta
  • Setelah proses verifikasi dokumen serta penyetujuan pinjaman, pinjaman akan diposting di sistem koinworks .com untuk proses bidding
  • Proses pencairan pinjaman yang di setujui akan segera ditransfer pada rekening peminjam

8. Mekar .id

Mekar .id menawarkan dua jenis pinjaman, yakni dengan jaminan atau tanpa jaminan kepada pemilik usaha baik perseorangan, PT, CV, maupun UD.

Untuk besaran pijamannya cukup fantastis yakni mulai dari 20 juta hingga 500 juta dengan waktu peminjaman 1 tahun.

Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Berdomisili di JABODETABEK
  • Pendapatan usaha lebih dari 100 juta perbulan
  • Memiliki rekening bank
  • Usaha yang dimiliki telah berdiri setidaknya satu tahun
  • Tidak perlu jaminan apabila meminjam dibawah 100 juta

Untuk besaran bunganya yakni sebesar 36% pertahun bunga efektif. Bagaimana proses pengajuan pinjaman di Mekar .id adalah sebagai berikut:

  • Calon peminjam melakukan pengajuan melalui situs Mekar .id secara online
  • Anda akan dihubungi oleh orang dari Mekar .id untuk membuat janji
  • Agen mekar mengisi permohonan kredit anda
  • Setelah kunjungan, anda akan segera mendapat konfirmasi untuk melakukan verfikasi lewat telefon
  • Apabila disetujui, pihak Mekar .id akan datang dengan membawa MoU

Dana akan segera cair satu hari setelah pentandatanganan kontrak melalui transfer pada rekening bank kesepakatan awal.

Baca juga ulasan tentang tabel pinjaman dan cicilan kredit dari bank BRI serta artikel perbankan lainnya mengenai tabel pinjaman dan cicilan kredit bank mandiri.

9. Pinjam .co .id – Dana pinjaman dengan sistem gadai barang jaminan

Menerapkan sistem pegadaian barang yang dilakukan secara online. Besarnya pinjaman yakni mulai dari Rp 200 ribu hingga tak terbatas sesuai dengan nilai jaminan.

Barang yang bisa digunakan sebagai jaminan ialah barang kepemilikan langsung seperti kamera, mobil, laptop, dan lain sebagainya.

Apabila nanti ada permasalahan yakni barang tersebut bukan miliknya atau kepemilikan ganda, hal tersbut ditanggung sepenuhnya oleh peminjam.

Langkah yang perlu dilakukan untuk meminjam dana pada Pinjam .co .id yakni:

  • Mengisi formulir peminjaman yang didalamnya termasuk menginput barang yang anda jadikan sebagai jaminan. Hasil taksiran barang tersebut merupakan nilai perkiraan online
  • Calon peminjam menentukan bagaimana proses penyerahan jaminan. Bisa diantar ataupun menemui pihak pinjam .co .id
  • Menyetujui penawaran dari pihak pemberi pinjaman, kemudian dana akan dicairkan lewat rekening bank

Biaya suku bunga yang dibebankan yakni sebesar 0,7% belum termasuk biaya asuransi dan antar jemput barang.

Perusahaan Fintech merupakan alternatif meminjam dana non bank yang mana ia merupakan kategori pinjaman dana kilat.

Produk-produk yang ditawarkan sangat beragam dan inovatif sehingga bisa menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan pinjaman dana tetapi tidak bisa meminjamnya melalui lembaga perbankan. Semoga sukses!

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.