Syarat dan proses pinjaman dana pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa

Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Dari Bank dan Perusahaan Fintech

By: Egy arisandi

Di dalam dunia perbankan produk yang khusus memberikan pinjaman dana pendidikan tanpa jaminan untuk pelajar atau mahasiswa memang tidak tersedia.

Karena pada umumnya produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank ditujukan untuk membiayai kegiatan produktif masyarakat seperti pinjaman modal usaha maupun kredit tanpa agunan KTA untuk kebutuhan konsumtif lainnya.

Namun saat ini ada Fintech yang merupakan lembaga online yang dapat meminjamkan dana tanpa jaminan guna digunakan untuk biaya pendidikan.

Yang menjadi pertanyaannya saat ini adalah apa nama lembaganya? Dan bagaimana caranya?

Sayangnya di Indonesia lembaga lembaga yang khusus hanya menyediakan dana pinjaman pendidikan bagi masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah sampai saat ini memang belum ada satupun.

Entah itu lembaga keuangan bank maupun lembaga keuangan yang non bank. Memang negara kita masih kalah maju dengan negara Amerika yang telah lama menyediakan Student Loan yang khusus memberikan pinjaman kepada masyarakatnya yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, dan enaknya lagi dana pinjaman ini bisa dibayarkan ketika peminjam telah bekerja nantinya.

Umumnya perbankan di Indonesia hanya akan memberikan pinjaman kepada orang orang yang telah bekerja dan memiliki gaji tetap. Bagi mereka yang belum masuk dalam kategori ini maka jangan bersedih jika aplikasi pinjaman anda ditolak.

Sebenarnya jika kita amati peluang untuk memberikan dana pinjaman kepada para pelajar khususnya mahasiswa yang kebanyakan memang sedang membutuhkan dana untuk membiayai kuliahnya terbilang cukup besar.

Namun masalahnya perbankan mana yang berani memberikan pinjaman kepada mahasiswa, yang mayoritas belum memiliki pekerjaan. Kami rasa hal ini memang sulit untuk tercipta terlebih lagi bank mana yang mau rugi dengan berani meminjamkan uang kepada orang yang belum berpenghasilan.

Hal hal terkait proses dan ketentuan pinjaman dana pendidikan

Di saat yang sulit seperti sekarang ini untuk mendapatkan dana pinjaman biaya pendidikan, maka fintech hadir untuk menjawab persoalan ini.

Perlu anda tahu bahwa fintech bukanlah pinjaman lunak melainkan pinjaman kredit komersial. Oleh sebab itu tidak heran jika penerima kredit ini tidak semua orang bisa.

Berikut ini kami berikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh fintech sebagai penyedia dana pendidikan yaitu:

1. Prosesnya secara online cepat

Bagi para peminat yang ingin mendapatkan pinjaman ini bisa mengajukannya secara online dengan mengirimkan email kepada lembaga penyedia pinjaman fintech.

Sehingga waktu anda tidak akan terbuang sia sia dengan bolak balik ke kantornya. Persoalan ini bisa anda selesaikan secara online melalui smartphone ataupun PC.

2. Persyaratannya yang mudah

Adapun beberapa perysaratan yang harus disediakan oleh para calon peminjam adalah:

  • Dari pihak peminjam haruslah memiliki penjamin yang telah memiliki penghasilan tetap
  • Peminjam telah terdaftar sebagai siswa diploma, akademi, S1 maupun S2 atau program pendidikan lainnya yang telah berjalan
  • Membawa serta dokumen seperti NIK, KTP, KTM dan surat persetujuan wali
  • Untuk mahasiswa baru harus melampirkan surat keterangan penerimaan mahasiswa baru yang mencantumkan nama, nama institusi, program yang diikuti
  • Untuk mahasiswa aktif harus mengikutsertakan transkrip akademik beserta bukti pembayaran

3. Pinjaman tanpa menggunakan jaminan

Produk pinjaman ini sama sekali tidak membebani adanya jaminan yang diberikan. Ini merupakan suatu hal yang cukup menggembirakan bagi mahasiswa yang pada dasarnya memang membutuhkan dana. Jadi manfaatkanlah pinjaman ini dengan sebaik baiknya guna membiayai sekolah anda.

4. Dapat di ajukan oleh pelajar

Selama ini pinjaman yang hadir di dunia perbankan hanyalah diperuntukkan bagi orang orang yang telah berpenghasilan tetap.

Sekarang fintech hadir untuk menyelesaikan masalah ini. Pinjaman ini dapat digunakan oleh para pelajar ataupun mahasiswa untuk membiayai sekolahnya. Karena pada dasarnya pinjaman ini tidak meminta adanya jaminan.

3 Macam produk pinjaman dana pendidikan paling direkomendasikan beserta syarat dan ketentuan

Setelah mengetahui bagaiamana caranya mendapatkan dana pinjaman Fintech, berikut ini kami berikan apa saja yang menyediakan dana pinjaman bagi mahasiswa.

1. Dana Cita

Dana cita merupakan sebuah lembaga yang memang menyediakan akses bagi mahasiswa untuk membantu kesulitannya dalam hal biaya pendidikan.

Melalui lembaga inilah mahasiswa yang kesulitan financial untuk membiayai kuliahnya bisa memanfaatkan dana pinjaman yang telah disediakan.

Pinjaman ini disediakan bagi mahasiswa yang menempuh program pendidikan vokasi dan perguruan tinggi.

Jumlah dana yang bisa dipinjamkan oleh lembaga ini relative tergantung seberapa besar total biaya yang digunakan untuk institusi.

Ada satu pertimbangan terkait diterimanya pinjaman ini yakni kesanggupan pembayaran pinjaman. Waktu yang diberikan untuk para peminjam guna melunasi pinjamannnya adalah sampai dua kali waktu pendidikan tersisa.

Adapun syarat syarat yang dibutuhkan adalah:

  • Mengisi pendaftaran pada website Dana Cita dengan cara memasukkan alamat email guna dikirimkan formulir lewat email
  • Mengisi formulir dan mengirimkannya kembali lewat email
  • Jika anda lulus maka akan diberitahukan oleh pihak lembaga, dalam waktu 2 jam anda akan mendapatkan pemberitahuan penawaran
  • Berdasarkan email penawaran tersebut segeralah untuk submit dokumen dokumen yang diminta
  • Jika anda lulus verifikasi kemudian yang harus dilakukan adalah penandatanganan MoU dengan pihak lembaga
  • Pencairan akan diberikan langsung kepada lembaga tempat anda menuntut ilmu

2. DanaDidik

DanaDidik merupakan lembaga memberikan pengumpulan dana biaya pendidikan tinggi dengan cara menyediakan fasilitas untuk menemukan pihak yang bisa memberikan pinjaman dana.

Adapun beberapa persyaratannya adalah:

  • Hanya menerima mahasiswa program D1, D2, D3, dan S1 di dalam negeri. Di luar kategori tersebut sepertiya lembaga ini belum menyediakan
  • Mahasiswa ada pada waktu maksimal 18 bulan sebelum lulus dan memprioritaskan mahasiswa yang masih berada di semester 4 atau dibawahnya
  • Dana yang disediakan berkisar 2 sampai 10 juta
  • Waktu pengembalian dana 30 bulan terhitung semenjak lulus
  • Memiliki penjamin yang mampu bertanggung jawab akan hal ini dan masih memiliki hubungan keluarga dengan peminjam. Penjamin minimal berusia 21 tahun

Umumnya sebelum disetujuinya permohonan setiap peminjam harus melewati tahap verifikasi dan survey.

Pada tahap verifikasi ini caranya bisa beragam bisa dari tempat anda menimba ilmu, keluarga dan lain sebagainya.

Dan yang terpenting dari pinjaman ini adalah tidak adanya bunga yang diterapkan. Namun ketika peminjam telah lulus dan telah memiliki penghasilan tetap pembayaran pinjaman akan menerapakan system bagi hasil.

Adapun system perhitungannya adalah sebagai berikut:

Pinjaman         Persentase Angsuran Setelah Bekerja

<= 2 juta          10% dari gaji

<= 5 juta          15% dari gaji

<= 8 juta          25% dari gaji

<= 10 juta        30% dari gaji

Contoh:

Seorang mahasiswa meminjam uang sebanyak Rp 2.000.000. Dan dalam waktu 6 bulan lagi lulus dengan 30 bulan waktu pelunasan terhitung semenjak lulus, maka perhitungan angsurannya adalah:

  • Ketika masih kulia maka jumlah angsuran yakni Rp 2.000.000:36 = Rp 56.000/bulan tanpa dikenakan bunga
  • Ketika lulus dengan gaji Rp 1.000.000 setiap bulan maka jumlah angsuran yang harus dibayarkan 10% x Rp 1.000.000 = Rp 100.000/bulan
  • Ketika lulus dengan gaji Rp 5.000.000 setiap bulan maka jumlah angsuran yang harus dibayarkan adalah Rp 10% x Rp 5.000.000 = Rp 500.000/bulan

3. KoinWorks

Koinworks merupakan salah satu lembaga yang menyediakan pinjaman khusus bagi mahasiswa dengan produk yang bernama KoinPintar.

Pinjaman ini diberikan dalam kurun waktu 6, 12, 18 sampai 24 bulan dengan pinjaman mencapai Rp 250 juta.

Bedanya dari produk sebelumnya pinjaman ini mengenakan bunga pinjaman sebesar 0,75% setiap bulannya. Adapun hal hal yang harus anda tahu dari pinjaman ini adalah:

  • Pinjaman hanya akan diberikan bagi mahasiswa yang institusi tempat mereka menempuh pendidikan telah bekerjasama dengan KoinPintar karena dana yang akan diberikan langsung disalurkan ke institusi tersebut
  • Total pinjaman yang diberikan maksimal 80% dari biaya pendidikan
  • Memiliki penjamin yang telah memiliki penghasilan tetap dan mampu bertanggung jawab penuh atas peminjam

Simak juga informasi terkait mengenai pinjaman uang cepat dengan jaminan KTP saja serta artikel menarik lainnya tentang pinjaman tanpa jaminan 1 hari langsung cair.

Biaya pendidikan merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami oleh mayoritas masyarakat terlebih lagi saat ini biaya pendidikan justru kian mahal.

Dengan hadirnya beberapa produk pinjaman yang memang dikhususkan bagi para pelajar dan mahasiswa, ternyata telah banyak membantu kesulitan mereka dalam membiayai pendidikan.

Dari ketiga jenis produk ditawarkan tersebut anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan kemauan anda. Gunakanlah fasilitas ini dengan sebaik baiknya demi bisa meraih impian anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu…

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.