Syarat simulasi tabel pinjaman KUR BNI

Kredit Usaha Rakyat KUR BNI 2019: Mengenai Syarat dan Jenis Pinjaman

By: Egy arisandi

Apakah anda salah satu orang yang ingin meminjam dana dari BNI dengan salah satu produknya bernama KUR yang terdiri dari tiga jenis? Lalu apa sajakah syarat yang diperlukan untuk mengajukan permohonan pinjaman, khususnya pada tahun 2019 ini? Maka sebaiknya anda menyimak artikel berikut ini hingga tuntas.

Selain bank yang sudah terkenal dengan produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) seperti bank BRI dan Mandiri, ternyata BNI juga mendapat kewenangan oleh pemerintah untuk membuka produk Kredit Usaha Rakyat ini.

Produk KUR ini merupakan sebuah produk pinjaman uang atau pembiayaan yang ditujukan untuk para pengusaha mikro untuk modal bagi usaha mereka.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mikro ini dapat diajukan pinjamannya hingga mencapai duapuluh lima juta rupiah. Sedangkan untuk para pengusaha yang membutuhkan nominal modal yang lebih besar maka anda dapat mengajukan sebuah produk KUR bernama KUR Ritel dengan banyaknya pinjaman hingga mencapai limaratus juta rupiah.

Sedangkan untuk jangka waktu kredit atau tenor ini dapat disesuaikan dengan jenis pinjaman yang telah diajukan oleh calon kreditur.

Apabila yang diajukan adalah pinjaman untuk modal kerja maka jangka waktu maksimal yang dapat diambil untuk mengangsur adalah hingga 3 tahun atau 36 bulan. Berbeda lagi dengan kredit investasi, yang mana calon kreditur dapat mengambil tenor hingga 48 bulan atau hingga 4 tahun.

PERSYARATAN YANG HARUS DILENGKAPI OLEH PEMOHON KREDIT USAHA RAKYAT BANK BNI

Guna pengajuan pinjaman kredit usaha rakyat anda dapat disetujui oleh pihak bank maka anda sebagai pemohon sudah seharusnya untuk melengkapi berbagai persyaratan.

Untuk syarat utama mengajukan KUR adalah pemohon tersebut setidaknya telah memiliki bidang usaha yang telah beroperasi atau berjalan setidaknya selama enam bulan. Adapun persyaratan lainnya yang harus dilengkapi antara lain adalah sebagai berikut:

SYARAT KUR MIKRO BNI:

  • Persyaratan yang sifatnya administratif seperti: Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Surat Izin Usaha
  • Tidak diwajibkannya memberi jaminan atau anggunan
  • Tidak dalam masa kredit pada bank lainnya

Untuk proses permohonan tersebut dapat dilakukan langsung pada kantor BNI pada wilayah domisili anda.

Berdasarkan penuturan langsung dari situs bank BNI, dituliskan bahwa pinjaman dana KUR ini dapat digunakan untuk menambah modal usaha yang mana diharapkan dengan adanya KUR ini maka dapat membantu mengembangkan usaha para pengusaha.

Tiga Macam jenis KUR yang ada di Bank BNI

Kredit Usaha Rakyat yang disalurkan oleh Bank BNI sama dengan KUR yang terdapat di BRI yakni terdapat tiga macam antara lain KUR Mikro dengan pinjaman maksimal sebanyak 25 juta, KUR Ritel dengan dana maksimal sebesar 500 juta dan juga KUR TKI dengan dana maksimalnya sebesar 25 juta.

Sebagai penekanan sekali lagi, untuk anda yang akan meminjam dana KUR harus memastikan bahwa anda sedang tidak melakukan kredit juga di bank yang lainnya.

Kini para nasabah yang membutuhkan dana untuk usaha mikro nya dapat melakukan pengajuan pinjaman ke Bank BNI yang secara syarat dan prosesnya tergolong mudah dan cepat pula. Secara lebih rinci jenis tiga macam KUR BNI dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. KUR Mikro Bank BNI

Yang pertama adalah Kredit Usaha Rakyat Mikro ini yang mana baru dapat diajukan oleh nasabah apabila usahanya telah beroperasi atau berjalan. Sedangkan untuk jangka waktu kredit usaha rakyat mikro ini dapat diajukan maksimal selama 4 tahun.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit ini antara lain: KTP, Kartu Keluarga, dan juga Surat Keterangan Usaha.

Sedangankan untuk jaminan kredit ini tidak lain adalah usaha anda yang tengah berjalan tersebut. Nasabah dapat mengajukan pinjaman dana hingga sebesar 25 Juta.

2. KUR Ritel Bank BNI

Selanjutnya adalah KUR Ritel yang ada pada BNI ini memiliki nilai pinjaman dari 25 juta hingga 500 juta. Untuk jangka waktu peminjaman atau tenornya hingga lima tahun lamanya. Syarat untuk mengajukan KUR Ritel ini sendiri yakni:

  • Kartu Tanda Penduduk/ KTP
  • NPWP (Untuk pinjaman diatas limapuluh juta)
  • Kartu Keluarga/ KK
  • Surat Keterangan Usaha dari kelurahan
  • Jaminan yang telah ditentukan oleh pihak BNI

Baca juga info tentang pinjaman tanpa bunga di pegadaian serta ulasan terkait mengenai 5 macam pinjaman modal usaha dari bank mandiri.

3. KUR TKI Bank BNI

Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan produk KUR TKI bank BRI, demikian juga dengan KUR TKI yang disediakan oleh bank BNI ini adalah khusus untuk anggota keluarga dari karyawan yang telah memiliki gaji tetap sebagai TKI maka dapat mengajukan kredit KUR TKI ini.

Untuk pinajaman yang dapat diajukan adalah maksimal sebesar 25 juta dengan jangka waktu peminjaman paling lama 36 bulan atau tiga tahun.

Syarat yang harus dipenuhi untuk meminjam dana jenis KUR TKI adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk/ KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat Izin Usaha
  • TKI bekerja di negara Hongkong, Malaysia, Taiwan, Jepang, serta Korea Selatan

Demikian artikel tentang jenis KUR yang ada pada bank BNI serta bagaimana dan apa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.