Pengertian rekening koran dan fungsinya

Pengertian Rekening Koran, Kegunaan dan Cara Mendapatkan Dari Bank

By: Egy arisandi

Apakah anda pernah mendengar sebuah istilah rekening koran? Baik dari bank BCA, Mandiri, BNI, serta BRI? Lalu bagaimanakah cara mendapatkan rekening koran dan apa fungsi dari rekening koran tersebut? kenyataannya masih banyak orang yang belum sepenuhnya paham akan hal tersebut.

Dalam melakukan kegiatan menabung di Bank tentu saja anda mendapatkan buku tabungan dan juga kartu ATM guna memudahkan transaksi keuangan anda.

Lalu apa itu rekening koran? Rekening koran adalah laporan pada tiap-tiap transaksi yang dilakukan oleh pemilik rekening tadi dan mana dalam hal ini disesuaikan dengan bank penerbitnya. Singkatnya, rekening koran adalah ringkasan terhadap transaksi keuangan anda.

Pada rekening koran, tercantum apa saja yang juga terdapat pada buku tabungan yakni seperti tanggal, saldo debet serta kredit, dan juga pajak yang dikenakan dan lain sebagainya.

Umumnya rekening koran itu digunakan untuk urusan perbankan misalnya untuk melakukan pinjaman dengan jumlah yang relatif besar ataupun untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah atau KPR. Untuk periode transaksi rekening koran umumnya 3 bulan terakhir dan dalam hal ini disesuaikan dengan rekening yang diterbitkan.

Untuk menghindari kebingungan tentang arti rekening koran dan juga fungsinya, maka anda perlu menyimak penjelasan berikut!

PENGERTIAN REKENING KORAN YANG DITERBITKAN OLEH BANK

Sejatinya, rekening koran tidak jauh berbeda dengan buku tabungan pribadi, yakni sebuah bentuk laporan transaksi atas semua aktifitas yang terdapat pada rekening anda baik transaksi menabung, mengambil, transfer, memperoleh bunga, dan seluruh angka yang ditertulis ialah sesuai dengan besaran uang yang digunakan dan disitu juga tercantum saldo akhir dan saldo awalnya terhitung ketika anda melihat atau disesuaikan dengan jangka waktu tertentu yang anda inginkan.

FUNGSI SERTA KEGUNAANNYA DALAM KEUANGAN

Dalam hal ini anda sebagai pemilik rekening koran maka seharusnya anda tahu serta memahami fungsi dari rekening koran tersebut. Dengan terdapatnya rekening koran tersebut maka pihak bank dapat mengetahui serta menjadi bukti otentik bahwa anda memang berpenghasilan.

Pada setiap transaksi yang tertera akan dapat memberi analisa apakah arus keuangan yang anda punya sudah masuk dalam golongan cash flow aktif ataukah tidak. Sebagai contoh, misalnya anda akan mengambil rumah baru anda menggunakan KPR maka salah satu syarat utamanya adalah menyerahkan rekening koran setidaknya pada tiga bulan terakhir.

Setelah itu, pihak bank akan melakukan sebuah analisis melalui rekening koran yang diberikan untuk tahu apakah besaran pinjaman yang anda ajukan dapat anda lunasi ataukah tidak. Hal inilah yang kemudian menjadi tolak ukur pada pengajuan kredit anda bakal diterima ataukah tidak.

Rekening koran tidak hanya digunakan untuk perorangan saja, tetapi juga amat penting perannya untuk anda para pengusaha.

Mengapa demikian? karena adanya rekening koran dapat menjadi parameter apakah pengajuan dana yang diajukan oleh pengusaha untuk tambahan modal itu nantinya dapat disetujui oleh bank ataukah tidak.

Umumnya terdapat strategi yang kerap dilakukan oleh para pengusaha saat akan melakukan pinjaman dana, yaitu dengan cara memperbaiki transaksi keuangan  serta memperbanyak aktivitas keuangannya agar pada rekening koran tersebut tertera transaksi keuangan yang lancar.

Bagaimana cara mereka memperbaiki transaksi tersebut? misalnya dengan menabung di bank pada hari yang mereka tentukan dan menariknya lagi.

Begitulah kiranya dan dilakukan secara konstan sehingga laporan keuangan mereka nampak bagus. Apabila pengusaha tersebut dapat mempertahankan kondisi tersebut setidaknya selama tiga bulan yang mana sesuai dengan waktu minimal transaksi yang dianalisis maka besar kemungkinannya pengajuan anda tersebut dapat diterima.

Baca juga info tentang jenis rekening bank tanpa biaya administrasi bulanan serta ulasan menarik lainnya mengenai pengertian rekening giro dan gunanya untuk bisnis.

CARA MENDAPATKAN REKENING KORAN DARI BANK

Kini anda telah mengetahui manfaat serta fungsi dari rekening koran dari bank. Lalu anda mungkin juga mulai bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan rekening koran tersebut? Apakah untuk mendapatkan rekening koran tersebut prosesnya lama serta rumit?

Jawabannya adalah, untuk mendapatkan rekening bank anda hanya harus  datang ke bank tempat anda membuka rekening atau menabung, Setelah itu, informasikan kepada pihak bank yang ada bahwa anda ingin mencetak transaksi pada jangka waktu yang di inginkan misalnya tiga hingga enam bulan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Pada rekening koran tersebut seluruh transaksi anda akan dicatat secara jelas dan transparan tanpa ada sedikitpun yang luput dari aktivitas tersebut.

Yang dapat anda lihat pada rekening koran adalah antara lain saldo awal anda dan juga saldo akhir, potongan biaya administrasi, serta laporan kredit dan debit pada rekening anda tersebut.

Itulah sedikit informasi tentang rekening koran baik fungsi, manfaat, dan cara mendapatkannya. Sebaiknya anda memastikan bahwa laporan transaksi yang anda miliki selalu bagus serta lancar agar apapun yang ingin anda ajukan akan mendapat kemudahan serta persetujuan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...
Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.