Cara mencari dan mendapatkan pelanggan baru

5 Strategi Tepat Cara Mendapatkan Klien Baru Untuk Bisnis dan Usaha

By: Egy arisandi

Strategi dan cara paling tepat untuk bisa mendapatkan klien baru bagi keberlangsungan sebuah bisnis dan usaha memang sangat perlu di rencanakan.

Tanpa hadirnya pelanggan baru, maka bisnis anda akan mengalami kesulitan untuk berkembang bahkan bisa sangat beresiko menghadapi keterpurukan.

Setiap proses transaksi jual beli selalu melibatkan produsen, distributor dan konsumen. Konsumen sangat penting untuk perusahaan bisa tetap selalu memproduksi barang maupun jasanya selain itu untuk melebarkan sayap menjadi lebih unggul dari perusahaan lainnya.

Sehingga diharapkan konsumen atau klien yang membeli produk anda tidak melulu hanya itu-itu saja, namun diperlukan klien yang semakin bertambah termasuk pelanggan lama maupun yang baru.

Kiat kiat menggaet datangnya klien atau pelanggan baru untuk kelancaran usaha

Apabila anda masih bingung bagaimana bisa mendapatkan klien yang selalu baru untuk membeli produk anda, maka beberapa tips berikut ini bisa anda gunakan, yaitu :

1. Menjalin hubungan baik dengan komunitas

Walaupun anda sebagai pemilik dari suatu usaha, tidak ada salahnya jika tetap menjalin hubungan atau mengikuti komunitas tertentu.

Lebih disarankan apabila komunitas yang anda ikuti berhubungan dengan produk yang anda pasarkan.

Sehingga selain anda mendapatkan kenalan baru juga sebagai sarana mempromosikan dagangan mengenai detail, manfaat dan beragam kelebihannya dibandingkan dengan produk yang lain.

Selalu bina komunikasi yang baik dengan mereka karena belum tentu pada saat itu juga mereka membeli, ada kalanya mereka butuh waktu untuk berpikir terlebih dahulu.

2. Membuat kolaborasi

Berkolaborasi dengan perusahaan atau pengusaha lain akan memberikan warna baru bagi produk yang anda jual.

Karena produk yang tidak memiliki perubahan terkadang akan membuat bosan para konsumen.

Sehingga dengan adanya partnerhip akan membuat kemunculan ide yang lebih inspiratif sehingga bisa menarik konsumen yang baru dimana saat mereka belum tertarik, karena adanya perubahan tersebut maka mereka menjadi pelanggan baru anda.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara membuat analisis SWOT perusahaan dan produk serta artikel menarik lainnya tentang konsep membangun brand manajemen untuk usaha kecil.

3. Menggunakan sarana gratisan seperti media sosial

Cara penjualan untuk saat ini tidaklah sama dengan masa lalu. Sebab dengan cara menggunakan kecanggihan internet serta banyak fasilitas yang sangat mudah digunakan untuk sarana promosi menjadikan proses marketing atau pemasaran produk lebih mudah.

Anda bisa menggunakan media sosial yang anda dengan cara memposting atau menampilkan produk anda di media sosial bahkan bisa juga menggunakan bantuan dari jasa iklan online untuk memviralkan produk tersebut.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan media ini adalah anda lebih hemat waktu dan efisien tenaga.

Produk anda akan lebih cepat terkenal dan tentunya klien baru yang anda dapatkan akan berpeluang lebih banyak .

Yang perlu di ingat adalah anda harus rajin secara berkala dan konsisten untuk memposting setiap produk anda dengan detail yang lengkap serta tampilan yang menarik untuk dilihat.

4. Membuat infografik akan sangat berguna bagi calon pelanggan

Memasarkan produk melalui artikel dengan banyak tulisan dan gambar yang itu-itu saja untuk saat ini sudah kurang diminati oleh konsumen.

Kebanyakan orang lebih tertarik kepada foto dengan tampilan yang dibuat menarik serta video yang bisa membuat seolah-olah konsumen paham akan produk yang anda jual inilah yang disebut dengan infografik.

Video maupun gambar ini juga dilengkapi dengan penjelasan singkat dari produk.

Sehingga dalam pembuatannya atau pengambilannya harus menggunakan kemampuan edit yang cukup bagus.

Agar apa yang ingin anda sampikan kepada khalayak umum bisa tersampaikan dan akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk anda.

Baca juga artikel lainnya mengenai 10 ide bisnis dan usaha modal kecil yang menjanjikan serta ulasan terkait tentang 5 hal penting yang mendukung strategi pemasaran sukses.

5. Saat ini sangat penting membuat website yang menarik

Selain dari membuat infografik, mungkin calon konsumen ada yang masih meragukan apakah produk yang anda jual benar atau tidak. Sehingga mereka pasti akan mencari info untuk lebih tau mengenai produk tersebut.

Untuk memfasilitasi konsumen baru agar tau lebih banyak mengenai produk, maka anda harus memiliki website, disitu anda harus mendesain dan mengisi detail produk yang anda jual.

Mungkin dalam hal ini anda perlu seorang web desaigner yang professional untuk membuat situ perusahaan anda.

Dari berbagai pilihan cara untuk mendapatkan klien baru seperti ulasan singkat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak semua cara harus membutuhkan tambahan modal usaha yang besar.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.