Strategi marketing promosi pemasaran untuk mencapai sukses penjualan

5 Faktor Penting Melakukan Strategi Promosi dan Langkah Pemasaran Yang Sukses

By: Egy arisandi

Strategi pemasaran dan langkah langkah promosi yang sukses membutuhkan banyak aspek yang berkaitan dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Membangun keikutsertaan pelanggan  dalam mempromosikan suatu produk dapat menjadi hal penting dalam salah satu bagian dari strategi marketing. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek anda, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal.

Setiap waktu akan selalu ada inovasi baru yang muncul dengan gaya dan cara bermacam-macam dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi pemasaran ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli kembali (repeat order) dan setia pada produk mereka.

Upaya untuk mencapai sukses penjualan dengan strategi pemasaran dan promosi yang tepat

Dibawah ini terdapat 5 langkah-langkah yang bisa dilakukan supaya strategi pemasaran dan promosi sukses:

1. Memberikan solusi bagi pelanggan

Menurut pelanggan bagian yang terpenting adalah dapat memberikan solusi atau pemecahan masalah yang sedang mereka hadapi. Saat berhasil membantu permasalah setiap konsumen, dari waktu ke waktu produk yang kita produksi meningkat permintaannya dan hal inilah yang menjadi indikator kesuksesan strategi anda.

Berikan target pasar anda disesuaikan dengan apa yang mereka inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat dan menggunakan produk yang di tawarkan sebagai bentuk problem sloving.

Pemasaran yang berhasil selalu mengutamakan pada tujuan yang berorientasi kepada target pasar yang sudah diputuskan sejak awal berdirinya suatu usaha.

Kegiatan penjualan yang tidak mencapai target digolongkan sebagai pemborosan yang tidak efisien atau junk.

Sebagai contoh anda membuka usaha di bidang pakaian wanita dengan segmen pasar yang ada ingin kuasai adalah para kalangan muda hingga wanita karier. Pakaian yang harus anda jual harus fashionable dengan berbagai bentuk unik dan elegant namun tidak mahal dilengkapi aksesoris yang pas disesuaikan dengan target.

2. Membawa sebuah pesan yang jelas maksud dan tujuannya

Grafis atau elemen visual seperti bentuk, tulisan atau gambar memang  bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk menyampaikan pesan anda melalui media promosi.

Jangan biarkan pengunjung hanya melihat dan mengagumi gambar pada iklan itu! Namun, harus dibentuk sedemikian rupa agar orang lain mampu memahami pesan yang anda sampaikan secara jelas kemudian mereka mau membeli barang yang anda promosikan melalui iklan.

Simak juga ulasan terkait tentang pengertian identitas produk dan perbedaan merek dengan brand serta artikel menarik lainnya mengenai strategi jitu agar sukses menjalankan bisnis dropship online shop.

3. Strategi marketing menggunakan pesan yang cukup ekstrim

Secara psikologi pesan ekstrim yang berbau hal-hal negatif dan kesalahan justru sering mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat.

Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka:

  • – Bagaimana Cara Menghapus Hutang dalam Waktu Singkat
  • – Bagaimana Cara Mencapai Keuntungan 25 Kali Lipat Dengan Cepat
  • – Cara Cepat Menghasilkan Uang 1 Miliar Dari Internet

Semua judul ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat calon konsumen ingin membaca karena sifat mereka yang ekstrem.

Strategi ini sedang populer digunakan untuk memasarkan produk. Dengan cara menawarkan informasi yang diatur sedemikian rupa sehingga membuat penasaran orang untuk mengikuti lebih lanjut produk tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi ini adalah isi atau content dengan bahasa yang membuat seseorang ingin tahu lebih dalam lagi.

4. Menggunakan properti dengan ukuran atau spesifikasi yang unik

Langkah ini bisa anda gunakan agar produk lebih mudah diingat dan menarik konsumen dengan cepat yaitu menciptakan suatu kreatifitas dengan ukuran berbeda atau memiliki warna berbeda atau tidak seperti format pada umumnya.

Contoh paling sederhana yaitu ketika pada umumnya makanan cepat saji seperti burger hanya dengan ukuran biasa, maka untuk membuat promosi yang unik bisa anda kreasikan menciptakan burger ukuran jumbo yang dapat dinikmati untuk 5 porsi.

5. Berikan penjelasan yang rasional mengenai keuntungannya bagi pelanggan

Ketika anda menginap di hotel, anda akan diminta untuk memberikan pendapat mengenai apa yang membuat anda puas selama menginap.

Hal ini secara tidak langsung memberikan promosi kepada masyarakat yang lain apabila tingkat kepuasan konsumen tinggi karena mereka pasti akan memberikan ulasan juga melalui forum di internet.

Keberhasilan dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari strategi marketing ataupun strategi promosi dari perusahaan.

Jika kegiatan marketing dan promosi yang anda kerjakan saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan, maka potensinya anda akan berada pada posisi sulit pada saat bersaing dengan kompetitor produk yang sama.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.