Strategi cara memikat dan menarik pelanggan pada bisnis kuliner

Strategi & Tips Marketing Bisnis Kuliner: Cara Menarik Pelanggan/Konsumen Baru

By: Egy arisandi

Cara paling efektif untuk bisa menarik calon pelanggan atau konsumen baru pada sebuah bisnis kuliner membutuhkan strategi marketing yang jitu sehingga langkah pemasaran yang anda pilih menjadi lebih tepat sasaran.

Berkembangnya jaman dan kemajuan alat-alat untuk menciptakan suatu kreasi makanan maupun minuman, membuat sebagian besar orang mencoba untuk mengolah bahan makanan dan minuman menjadi lebih unik dengan berbagai cita rasa yang tinggi.

Hal ini mengundang banyak orang untuk berlomba-lomba memunculkan ide kreatif lainnya sehingga banyak orang juga yang tergoda ingin mencicipi makanan dan minuman tersebut.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis dan usaha yang paling banyak diminati terutama bagi ibu rumah tangga sebagai salah satu pilihan usaha sampingan yang sangat menjanjikan ataupun bisnis utama untuk keluarga.

4 Hal penting yang harus diterapkan untuk memikat konsumen dan pelanggan pada bisnis kuliner

Bisnis kuliner selain membutuhkan ketrampilan juga diperlukan ide yang selalu inovatif baik untuk rasa, penyajian, tempat dan warna.

Target pasar yang dituju pun menjadi lebih beragam mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Apabila anda sangat tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner ini, simak beberapa tips mengenai strategi menarik calon pelanggan dan konsumen dengan lebih efektif sebagai berikut:

1. Mampu membuat konsumen percaya pada kesan pertama

Kesan pertama saat mereka mencicipi makanan atau minuman itu yang menentukan apakah akan menjadi calon pelanggan tetap atau tidak.

Sebelum anda memasarkan produk, cobalah untuk mendapatkan penilaian (testimoni) dari orang lain, apabila sudah mendapatkan penilaian yang baik maka anda sudah layak untuk memulai membuka usaha tersebut.

Salah satu alasan seseorang membeli makanan/minuman adalah citarasa yang lezat dengan begitu konsumen akan selalu menghampiri tempat anda serta mempromosikan kepada teman atau kerabat mereka.

Apalagi saat ini masyarakat sudah begitu lekat dengan sosial media sehingga apabila tampilan hidangan dari bisnis kuliner anda sangat menggoda maka mereka secara sukarela akan memposting dan mengulasnya. Tentunya hal ini menjadi promosi gratis yang sangat menguntungkan bisnis anda.

Ketika usaha anda sudah dikenal oleh banyak orang, pastikan selalu mejaga kualitas rasa dan penampilan, jangan mencoba untuk mengganti komposisi bahan yang anda pakai dengan bahan kimia yang dapat merusak kesehatan orang lain.

Karena kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat sulit untuk didapatkan, maka jangan sesekali mengecewakan mereka dengan tindakan anda sendiri yang coba coba memanipulasi kualitas produk kuliner anda.

2. Selalu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif sesuai dengan trend

Bisnis kuliner ternyata juga salah satu bisnis yang memiliki banyak kompetitor. Pelanggan yang telah anda miliki bisa saja dengan mudah berpaling ke tempat pesaing jika anda tidak memberikan sebuah inovasi baru dalam segi produk maupun teknik pemasaran.

Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada, anda harus siap menjadi orang kreatif yang selalu berpikir inovatif.

Cobalah menciptakan menu baru yang mengikuti tren, misalnya yang sekarang sedang tren adalah martabak atau es krim kekinian.

Sedangkan untuk membuat inovasi dalam segi pemasaran, anda dapat mencoba untuk mempromosikan kuliner melalui media sosial dan mengajak pelanggan untuk berbagi foto dengan hashtag tertentu. Dalam hal ini, anda bisa memberikan hadiah kecil-kecilan seperti voucher makan ataupun hadiah lainnya.

3. Senantiasa menjalin hubungan baik dengan semua pelanggan

Apapun alasannya cara melayani pelanggan merupakan salah satu hal terpenting sebagai strategi memikat para pelanggan dan konsumen baru.

Dengan pelayanan yang buruk, konsumen dapat dengan mudah pergi meninggalkan bisnis anda. Jadi mulai sekarang mulailah mengubah mindset dan anggaplah pelanggan bak seorang raja yang harus diperlakukan dengan sebaik baiknya.

Dengan begitu, bukan hanya pelanggan yang akan bertahan, calon pelanggan pun akan dengan mudah tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan memberikan reward ketika pelanggan sedang merayakan ulang tahun ataupun ketika ada yang menggelar sebuah acara yang mungkin saja akan melibatkan bisnis kuliner anda.

Hal ini tentu akan membuat hubungan baik antara anda dengan pelanggan serta mereka juga akan merasa sangat diperhatikan dengan perlakuan istimewa tersebut.

Simak juga ulasan terkait mengenai aneka jenis usaha makanan yang laris dan sangat menjanjikan serta artikel manarik lainnya tentang peluang bisnis dan usaha 2018 paling potensial dan menguntungkan.

4. Harus selalu menumbuhkan pikiran positif pada semua rencana anda

Mulailah selalu berpikir positif mengenai apa yang akan anda kerjakan agar bisa membawa usaha menjadi lancar dan selalu terus mencoba memperbaiki hal-hal yang pernah membuat perjalanan bisnis anda gagal sebelumnya.

Belajarlah dari hal tersebut karena kegagalan adalah suatu permulaan sebelum anda benar benar siap untuk mencapai kesuksesan.

Jangan jadikan pikiran negatif menjadi penghambat untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis yang sedang anda bidik saat ini.

Selain 4 hal di atas, untuk memulai bisnis yang lebih profesional maka harus membuat proposal bisnis yang baik sehingga dapat membantu untuk menjalankan usaha dengan lebih mudah dan teratur.

Kemudian setelah bisnis berjalan, jangan pernah lupakan bahwa anda harus membuat laporan keuangan serta manajemen yang tertata rapi supaya semua aktifitas usaha dapat di evaluasi kedepannya. Semoga bermanfaat.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.