Cara menjadi dropship sukses di tokopedia bukalapak lazada

Tips Cara dan Strategi Jitu Agar Sukses Menjadi Dropship Online Shop

By: Egy arisandi

Sukses menjalankan bisnis online dengan menjadi dropship tentunya harus memiliki strategi dan cara jitu dalam mengelola online shopnya supaya lebih cepat berkembang dan memiliki brand yang kuat.

Dari beberapa poin kelebihan sistem bisnis dropship, dapat dilihat bahwa usaha yang satu ini memang layak untuk dicoba.

Tetapi yang perlu diperhatikan, dropship juga punya beberapa kelemahan. Salah satunya adalah seorang dropshipper tidak bisa mengetahui kondisi barang yang ia jual, sehingga ketika pengiriman barang yang ternyata tidak sesuai dengan pesanan, maka ini mengakibatkan rentan terkena komplain dan bisa menurunkan kepercayaan konsumen terhadap toko online anda.

Keuntungan yang bisa diambil juga tidak seberapa karena banyak pesaing yang memasang harga lebih rendah daripada milik anda.

4 Faktor paling penting dalam mengelola bisnis toko online dropship menjadi cepat sukses

Cara yang bisa kita lakukan agar mendapatkan keuntungan besar hanya dengan menjual produk sebanyak mungkin tanpa harus mengabaikan kualitas juga tentunya.

Lantas, adakah cara untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan tersebut? Untuk menjawabnya, dibawah ini adalah beberapa tips sukses mengelola bisnis dropship.

1. Bisa mendapatkan suplier yang terpercaya

Sebelum memulai usaha ini, alangkah baiknya anda cari tahu mengenai beberapa supplier yang akan di ajak kerja sama.

Dengan anda memilih supplier yang tepat kemudian barang yang dimiliki juga berkualitas ditambah lagi tetap mengutamakan kepuasan konsumen, maka anda sebagai penjual atau dropshipper akan terhindar dari resiko komplain.

2. Tetap mengutamakan kejujuran

Menjadi pebisnis dropshipper kebanyakan dari mereka tidak mengetahui secara langsung kondisi detail barang yang mereka dijual.

Sehingga mereka berusaha dengan kreatifitas yang dimiliki membuat penampilan gambar produk menjadi lebih menarik serta diberikan detail produk agar bisa menarik antusias calon konsumen sebanyak banyaknya.

Dengan alasan belum mengetahui yang sebenarnya tentang detail dari sebuah produk tersebut, maka sebaiknya pada saat memberikan keterangan janganlah terlalu dilebih-lebihkan.

Sebenarnya pebisnis dropship berhak untuk mendapatkan katalog lengkap dari suplier sebuah produk yang akan mereka pasarkan.

Jadi ketika konsumen bertanya maka anda bisa langsung memberikan respon yang cepat dan apabila memang tidak tahu jawabannya lebih baik mencari informasi terlebih dahulu kepada supplier mengenai detail produk tersebut.

Kebanyakan dari konsumen dropship yang mengeluh adalah disebabkan oleh spesifikasi produk yang dibeli dan diterima tidak sesuai dengan gambar display produk ketika anda mempromosikannya.

3. Pilihlah gambar produk yang jelas sesuai dengan aslinya

Untuk mendapatkan pelanggan yang banyak, dibutuhkan pemilihan gambar produk yang jelas dengan pengambilan gambar dari berbagai sisi sehingga secara visual sudah bisa menjelaskan spesifikasinya.

Apabila dari pihak supplier memberikan gambar yang tidak terlalu jelas atau hanya ada 1 sisi saja yang ditampilkan, maka sebaiknya anda perlu meminta untuk diberikan penampilan dengan kualitas yang lebih baik dan menarik untuk memikat calon konsumen.

4. Konsisten melakukan promosi

Ingin mendapatkan keuntungan berlipat ganda? Tentunya hanya dengan melakukan promosi secara konsisten menggunakan berbagai media yang ada saat ini akan sangat membantu proses pemasaran anda.

Secara umum bisnis ini memang dilakukan dengan menggunakan akun sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, line dll atau bahkan dengan membangun toko online sendiri memakai website profesional.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga bisa melakukan promosi secara offline dengan cara mencetak katalog untuk mempermudah orang dalam melihat produk-produk yang anda jual, kemudian perkenalkan kepada teman kantor, sahabat atau tetangga sekitar.

Strategi dan cara mendapatkan supplier yang tepat

Berikutnya adalah tips untuk mendapatkan supplier yang tepat agar anda bisa menjaga kualitas dari barang yang akan di jual secara dropship.

Hubungan kerjasama yang baik antara supplier dengan dropshiper sangat diperlukan karena hal ini yang akan mempengaruhi kelangsungan bisnis online yang paling populer akhir akhir ini.

  • Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran – Pedagang grosiran umumnya keuntungan yang mereka dapatkan bukan dari barang satuan melainkan dari banyak barang yang dijual atau partai besar.
  • Sistem yang jelas – Pilih supplier yang sudah memiliki sistem termanajemen dengan baik, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang kepada konsumen.
  • Layanan dan respon cepat – Pilihlah supplier yang mudah dihubungi untuk berbagai kepentingan bisnis dan jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama.
  • Ikut membangun brand anda – Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online yang akan anda kelola. Inilah manfaat yang akan anda peroleh untuk membangun brand dan merek toko anda.

Pihak supplier seharusnya selalu menjaga privacy dari mitrakerjanya yaitu para dropshipper mengenai sumber barang dangannya, sehingga konsumen akan tetap menganggap bahwa produk tersebut asli dari pemilik dropship dengan mengatas namakan toko anda pada signature pengiriman.

Demikian penjelasan singkat tentang strategi sukses menjalankan bisnis dropship, yaitu peluang bisnis online tanpa modal yang bisa anda jalankan dari mana saja.

Selain itu, usaha dagang dengan modal kecil ini juga tetap di nobatkan sebagai salah satu peluang bisnis tahun 2018 yang sangat menjanjikan sebab pada era teknologi digital seperti sekarang yang mana sudah banyak sekali inovasi usaha yang dikemas dengan sistem lebih praktis namun tetap mengutamakan kenyamanan.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.