Tabungan pendidikan anak terbaik

Merencanakan Tabungan Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik Saat Ini

By: Egy arisandi

Memilih jenis tabungan pendidikan anak terbaik memang sebaiknya menjadi prioritas mengingat kegiatan menabung merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat untuk dilakukan.

Karena dengan menabung maka kita memiliki dana cadangan yang berguna untuk membiayai keperluan anda di masa depan. Seperti halnya tabungan yang diperuntukkan untuk pendidikan anak.

Satu hal ini memang cukup penting diperhatikan oleh semua orang tua di Indonesia, mengingat biaya pendidikan anak dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Supaya pada hari ketika anak anda telah bersekolah dan membutuhkan banyak biaya untuk membeli keperluannya maka anda bisa menggunakan tabungan ini. Tabungan ini bisa membantu anda ketika kondisi financial rumah tangga anda sedang tidak stabil.

Dari beberapa perbankan di Indonesia ada beberapa bank yang telah menyediakan produk penghimpunan dana dalam bentuk simpanan yang ditawarkan kepada orang tua untuk biaya pendidikan anak nantinya.

Ada tiga bank yang telah tercatat menyediakan produk tabungan pendidikan anak ini yaitu CIMB Niaga, Mandiri dan BCA. Ketiga bank ini sama-sama menawarkan produk tabungan pendidikan anak yang bermanfaat bagi anda.

Untuk bisa menentukan produk mana yang cocok bagi anda maka identifikasi terlebih dahulu kebutuhan dan kemampuan financial anda. Usahakan jangan sampai anda salah dalam menentukan pilihan.

Dalam mempersiapkan pendidikan anak yang terbaik produk tabungan ini tercatat sangat diminati oleh banyak masyarakat.

Menurut survey pada tahun 2012 yang dilakukan oleh Kompas telah menunjukkan bahwa ada sekitar 90% responden telah memilih tabungan pendidikan anak sebagai fasilitas favorit untuk mempersiapkan pendidikan mereka.

Umumnya masyarakat yang menggunakan dan menggemari produk ini berasal dari kalangan menengah ke atas. Dari beberapa data tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh pihak perbankan untuk menawarkan sejumlah produk tabungan yang sejenis bagi persiapan masa depan anak.

Namun ketika memutuskan untuk menentukan pilihan tabungan mana yang akan diambil tidak jarang para orang tua mengalami dilema. Karena semakin banyak dan beragamnya produk yang ditawarkan dengan berbagai fitur dan kelebihannya masing-masing.

Alasan mengapa begitu penting memiliki tabungan pendidikan anak

Bila anda tahu produk ini sesungguhnya tidak mampu memberikan keuntungan yang optimal bagi nasabahnya, namun tidak dapat dipungkiri keberadaannya saat ini sudah menjadi prioritas bagi masyarakat untuk mempersiapkan pendidikan anak.

Ada beberapa alasan mengapa produk tabungan pendidikan anak ini sangat diminati oleh masyarakat, berikut ulasannya.

1. Proses pembukaan rekening mudah dan nyaman

Proses pembukaan tabungan pendidikan anak ini terbilang sangat mudah karena caranya kurang lebih sama ketika anda membuka rekening tabungan biasa.

Proses tersebut bisa langsung selesai dalam sekali waktu tak perlu menunggu waktu yang lama. Terkait dengan setoran pihak bank menerapkan fasilitas auto debet yang tidak mengharuskan para nasabahnya untuk pergi langsung ke kantor cabang bank ketika akan menyetorkan tabungan.

Cukup dengan menyediakan dana melalui transfer ataupun dengan menyetorkan dana tunai kepada teller. Bisa juga dengan menghubungkan rekening tabungan biasa anda ke rekening tersebut yang memungkinkan pihak bank untuk memotong dana di rekening tabungan anda setiap bulannya.

Tabungan merupakan produk perbankan yang sudah ramah di kalangan masyarakat. Mengingat produk yang satu ini sudah sangat populer di masyarakat maka tidak heran jika mayoritas dari mereka lebih memilih produk ini sebagai tempat yang aman untuk menyimpan uangnya.

2. Mengajarkan masyarakat untuk hidup disiplin

Dengan adanya produk yang satu ini tentu saja akan sangat mengedukasi masyarakat untuk hidup disiplin dalam menabung.

Terlebih lagi kebiasaan dari masyarakat kita sangatlah menyepelekan hal-hal yang memang sepele namun belum mengetahui betul bagaimana manfaatnya bagi masa depan.

Hal ini memang cukup mudah untuk diucapkan namun kenyataannya cukup sulit untuuk dipraktekkan. Karena biasanya hal ini selalu kalah dengan nafsu kita yang senantiasa ingin menghabiskan uang.

Dengan hadirnya produk tabungan ini secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk menabung seitap periode yang telah ditentukan dengan nominal yang selalu sama. Namun jika hal ini tidak dilakukan maka pihak bank akan mengenakan denda bagi anda.

3. Menawarkan bunga yang tinggi

Pada umumnya produk tabungan yang ditawarkan oleh pihak perbankan memberikan bunga yang relative kecil namun beda halnya dengan produk yang satu ini.

Demi bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk tabungan ini akhirnya pihak bank menawarkan bunga yang relative besar dibandingkan yang lain.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara menghitung bungan deposito bank BRI, BCA, Mandiri serta artikel menarik lainnya tentang 4 Jenis investasi jangka pendek yang terbaik saat ini.

Fitur fitur menarik yang diberikan oleh rekening tabungan pendidikan

Berikut ini kami berikan pula beberapa hal menarik yang dimiliki oleh tabungan pendidikan ini. Berikut ulasannya.

Bunga Tabungan

Aspek yang pertama ini seringkali menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan suatu pilihan. Umumnya masyarakat yang menggunakan produk ini bertujuan untuk mengumpulkan dana untuk kebutuhan masa depan serta memberikan banyak keuntungan baginya.

Dengan diberikannya bunga tabungan yang lebih besar ini tentunya jalan anda untuk mencapai tujuan tersebut akan semakin mudah. Apalagi faktanya saat ini biaya pendidikan dari waktu ke waktu kian mahal, yang memaksa anda untuk senantiasa menambah anggaran anda khusus untuk pendidikan anak.

Sudah sepatutnya anda mempertimbangkan hal ini guna mendapatkan manfaat yang optimal, namun bukan berarti anda akan mengabaikan aspek yang lain yang bila tidak bijak tentu saja akan merugikan diri anda sendiri.

Pastikanlah bahwa tabungan yang anda pilih tersebut menerapkan system bunga tetap, guna memberikan keamanan bagi tabungan anda.

Proteksi asuransi jiwa

Aspek yang satu ini memang terbilang cukup bermanfaat bagi pemilik, guna memberikan keamanan ketika pemilik tabungan telah meninggal maka tabungannya akan tetap aman.

Namun tentunya untuk bisa mendapatkan asuransi ini seseoarang haruslah membayar sejumlah premi dalam beberapa waktu.

Di beberapa perbankan kebijakan terkait premi asuransi bagi nasabahnya telah dibebaskan dalam artian ditanggung oleh pihak perbankan. Sehingga pihak nasabah tak perlu lagi membayarnya.

Penarikan dana

Dalam pembukaan rekening tabungan pendidikan ini, para nasabah seringkali melakukan perjanjian terkait waktu penggunaannya.

Ketika nasabah ingin menggunakan dana tersebut sewaktu-waktu tentu saja pihak perbankan memiliki beberapa kebijakan yang berbeda-beda.

Ada yang menetapkan hanya boleh diambil ketika kontrak telah berakhir ada juga yang bisa diambil kapan saja. Oleh sebab itu sebelum benar-benar menggunakan fasilitas ini alangkah lebih baik jika anda menanyakan hal ini.

Jumlah setoran

Jumlah setoran ini tentunya telah ditetapkan di awal kontrak, dimana nominalnya setiap waktu selalu sama.

Bila anda tidak menyetorkan uang pada waktu yang telah ditetapkan maka konsekuensinya anda akan dikenakan denda.

Besar kecilnya setoran yang harus anda berikan tentu saja akan berpengaruh terhadap tujuan awal anda untuk membiayai pendidikan andak.

Jika setoran kecil maka resiko kegagalan akan semakin besar dan berlaku sebaliknya. Namun perlu anda perhatikan pula bila setoran yang anda sepakati terlalu besar bukan tidak mungkin kondisi financial keluarga akan terganggu, namun semuanya kembali pada kemampuan anda.

Beberapa macam tabungan pendidikan anak dari perbankan di Indonesia

1. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Sesuai dengan namanya produk ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Ketetapan setoran awal yang diberlakukan cukup mudah yakni hanya sebesar Rp 100.000 saja dan syarat lain yang juga harus anda penuhi adalah anda harus memiliki tabungan mandiri. Tabungan ini memiliki jangka waktu minimal satu tahun.

Jika dalam tiga bulan berturut-turut anda tidak memberikan setoran maka secara otomatis tabungan itu akan ditutup dan dana akan dicairkan pada rekening tabungan anda yang sebelumnya.

Penetapan bunga yang diberlakukan untuk tabungan pendidikan ini adalah SBMT (Suku Bunga Mandiri Tabungan Tertinggi) yang masih ditambah lagi dengan presentase tertentu sesuai dengan masa kontrak yang diambil. Namun suku bunga yang ditetapkan adalah suku bunga mengambang yang berarti bisa berubah-ubah setiap waktu.

Kesempatan untuk menarik dana tersebut hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu satu tahun dan maksimal sebesar 30%.

Jika dan a diambil diatas prosetase yang telah ditetapkan maka anda dianggap telah berhenti dalam menggunakan produk tersebut.

Mengenai ketentuan asuransi, pihak bank telah membebaskan nasabahnya untuk membayar premi asuransi. Dan pertanggungan asuransi ini sampai dengan Rp 5 juta.

Dalam system pembayaran asuransi nasabah diberikan dua pilihan yakni setoran bisa dilanjutkan oleh asuransi sampai dengan masa jatuh tempo, dan yang kedua dengan sisa setoran jatuh tempo yang dibayarkan di awal atau lump sum yang dihitung dengn menggunakan NPV.

Asuransi ini tidak memiliki masa tunggu sampai nasabah telah tiada melainkan pertanggungan telah dilakukan sejak awal pembukaan rekening.

Keunggulannya:

Kelebihan dari produk yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri ini adalah penetapan denda yang paling kecil ketika penarikan.

Selain itu pertanggungan asuransi bisa anda bayarkan di awal maupun pada saat jatuh tempo. Namun dari sekian banyak keunggulan yang dimiliki bukan berarti produk ini tidak memiliki kelemahan.

Salah satu hal yang menjadi kekurangannya adalah bunga yang rendah dan penerapan suku bunga mengambang di dalamnya.

2. Tabungan CIMB Niaga

Jenis selanjutnya adalah produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank CIMB Niaga. Pihak bank ternyata juga memberikan pilihan bagi nasabahnya dengan memberikan dua jenis tabungan yakni Reguler dan X-tra. Berikut penjelasannya.

Tabungan Pendidikan Reguler

Tabungan dari CIMB Niaga jenis pertama ini menetapkan jumlah setoran setiap waktunya adalah Rp 100.000. Namun perlu anda tahu bahwa di awal setoran pihak bank mewajibkan minimal setoran sebanyak 10 kali lipat dari penetapan setoran per bulannya.

Masa kontrak yang diberikan tidak ada batasan namun aturannya bila hanya mengambil satu tahun maka suku bunga yang ditetapkan adalah suku bunga mengambang namun bila di atas dua tahun maka menggunakan bunga tetap.

Penarikan dana bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa adanya batasan namun tentu saja pihak bank CIMB Niaga menetapkan pinalti yang cukup besar.

Tabungan Pendidikan X-Tra

Perbedaan antara regular dengan x-tra terletak pada pertanggungan asuransinya. Dimana jumlah pertanggungan dalam produk jenis satu ini tidak dibatasi.

Dan aturan tambahan lain yang diberlakukan adalah diharuskannya setoran sebanyak 5 kali lipat untuk setiap bulannya ketika jatuh tempo. Adapun persyaratan lain yang diberlakukan yaitu:

  • Masa kontrak minimal yaitu 5 tahun
  • Nasabah wajib lolos pemeriksaan kesehatan
  • Bunga rendah
  • Setoran awal minimal Rp 10 juta dan setoran bulanan minimal Rp 1 juta

Keunggulannya:

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh produk ini adalah penerapan bunganya yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan produk-produk yang lain selain itu suku bunganya tetap.

Dan kelemahan dari produk ini adalah setoran awal yang cukup besar serta denda yang dikenakan bagi nasabah yang melakukan penarikan dana.

Bukan hanya itu bahkan ketika nasabah pemilik dana telah meninggal karena sakit maka ia harus menunggu selama 12 bulan.

3. Tabungan Pendidikan BNI

Produk yang dikeluarkan oleh BNI ini mempunyai istilah lain yaitu Tapenas atau Tabungan Perencanaan Masa Depan.

Aturan yang ditetapkan oleh BNI terkait produk ini adalah ditiadakannya setoran awal dan setoran bulanannya yang di bawah Rp 100 ribu.

Dan ini berlaku untuk jangka waktu minimal dua tahun sampai dengan 18 tahun/ jika dalam jangka waktu tiga bulan nasabah tidak melakukan setoran maka rekening otomatis akan ditutup dan dana dicairkan di rekening awal.

Aturan lain yang juga diterapkan dalam produk ini yaitu tidak diperbolehkan adanya penarikan dana dan penarikan yang menjadi akhir dari rekening ini disertai dengan denda satu persen pada saldo akhir.

Sama seperti produk-produk yang sebelumnya tapenas ini juga memberikan asuransi gratis yang tidak mempersyaratkan adanya pemeriksaan kesehatan.

Pertanggung jawaban maksimal dari asuransi ini mencapai 1,5 milyar. Sungguh nilai yang luar biasa bukan. Bila nasabah mengalami kecelakaan dan meninggal maka tabunga di tanggng sejak awal setoran dan harus menunggu seteleh 6 bulan pembukaan.

Keunggulannya:

Kelebihan dari produk yang satu ini adalah memberikan jalan tengah bagi para masyarakat. Meskipun suku bunga yang diterapkan suku bunga mengambang namun ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh produk yang satu ini.

Pertanggung jawaban asuransi dilihat dari total tabungan bukan dari jumlah setoran. Namun kelemahannya ketika dilakukan penarikan maka rekening ini maka akan langsung ditutup, serta bagi nasabah yang meninggal karena sakit akan terkena masa tunggu selama 6 bulan.

Dari beberapa pilihan yang telah kami berikan, maka sekarang tinggal anda sendiri yang memutuskan akan memilih yang mana.

Tetapi yang terpenting dalam menentukan pilihan adalah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Jangan sampai anda salah memilih yang justru malah akan merugikan anda sendiri.

Itu tadi beberapa informasi terkait produk-produk tabungan pendidikan anak yang bisa anda pilih demi untuk bisa memaksimal pendidikan anak anda nantinya.

Dari beberapa pilihan yang kami berikan di atas maka anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan pilihan. Semoga bermanfaat.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.