Sukses mengikuti job fair agar mendapat kerja

Tata Cara Agar Lolos dan Mudah Mendapat Kerja Dengan Mengikuti Job Fair

By: Egy arisandi

Mengikuti event job fair adalah salah satu cara mendapatkan peluang pekerjaan yang mana seringkali digelar atau diselenggarakan oleh dinas tenaga kerja di kota kota besar.

Anda tentu membutuhkan suatu pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan bila belum memikirkan untuk mempunyai bisnis sendiri. Baik anda baru lulus dari satu jenjang pendidikan ataupun berniat mencari pekerjaan baru pindah dari tempat kerja yang lama untuk karir dan masa depan anda yang lebih baik.

Banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan salah satunya melalui job fair yang sering diadakan di kampus-kampus atau gedung dengan hall yang besar. Ditempat job fair digelar inilah pencari kerja yang sedang membutuhkan pekerjaan bertemu dengan pemberi kerja yang menyediakan berbagai lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

Untuk biaya masuk ke area job fair biasanya tidak terlalu mahal, masih terjangkau bagi anda yang belum memiliki penghasilan tetap.

Yang harus anda persiapkan sebelum datang ke job fair adalah bawalah berkas kelengkapan lamaran kerja yang lengkap.

Karena anda tidak perlu lagi mengirimkan berkas lamaran pekerjaan tersebut ke perusahaan yang membutuhkan karyawan baru lewat pos yang tentunya akan mengeluarkan biaya.

Di job fair ini anda tidak perlu kebingungan lagi mencari lowongan pekerjaan karena anda bisa langsung melihat sendiri tempat pekerjaan mana yang sesuai pendidikan, kemampuan dan menarik minat anda.

Anda bisa langsung memasukkan berkas lamaran pekerjaan anda, bisa langsung interview ditempat bahkan bisa langsung mengetahui apakah anda diterima ditempat yang anda inginkan pada hari itu juga.

Jika tidak diterima anda bisa langsung pindah ke tempat pekerjaan lain dan mencoba lagi hal yang sama. Tentu sangat menguntungkan bisa mencari banyak pekerjaan sekaligus dalam 1 hari pada gedung yang sama, selain menghemat waktu juga menghemat banyak biaya.

7 Tips yang dapat mendukung anda sukses dalam mengikuti job fair

Ada beberapa tips yang dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan supaya anda juga dapat meningkatkan karir menjadi lebih baik :

1. Dapatkan informasi yang paling update

Selalu mencari informasi kapan tepatnya event job fair ini akan dilangsungkan baik melalui radio, koran, media online atau kampus-kampus.

Dimana tempat diselenggarakan dan perusahaan mana saja yang akan berpartisipasi dalam job fair yang akan diadakan. Sehingga anda bisa menyisihkan waktu untuk datang ke acara job fair ini dan mempersiapkan diri membawa berkas lamaran pekerjaan yang nantinya akan anda masukkan ke booth yang ingin anda tuju.

2. Mempersiapkan berkas berkas lamaran kerja

Siapkan berkas lamaran pekerjaan anda jangan sampai ada yang tertinggal. Seperti pas foto ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 dengan latar belakang berwarna merah dan biru, berpakaian rapi, lebih baik lagi jika formal, untuk wanita mengenakan blaser dan untuk pria mengenakan setelan jas berdasi.

Fotocopy KTP, fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir sesuai dengan aslinya, fotocopy sertifikat atau piagam yang pernah anda ikuti untuk menunjukkan kemampuan atau bakat yang anda punyai dan map atau amplop coklat sebagai tempat untuk menyerahkan berkas lamaran pekerjaan anda.

Yang paling penting tidak boleh ketinggalan adalah CV Curiculum Vitae, daftar riwayat hidup anda. Buatlah CV selengkap mungkin tapi tidak bertele-tele.

Periksa kembali ketikan anda jangan sampai ada penulisan yang salah dan usahakan rapi sehingga enak untuk dibaca. Simpanlah CV dan scan berkas lamaran pekerjaan anda pada flashdisk.

Karena ada beberapa perusahaan yang akan meminta berkas secara softcopy, anda bisa langsung memakai flashdisk anda atau dapat dikirim via email. Atau jika sewaktu-waktu anda kehabisan berkas lamaran pekerjaan, anda bisa langsung print di tempat yang dapat memperbanyak berkas anda. Pastikan flashdisk anda terbebas dari virus sehingga dapat terbaca kapanpun anda butuhkan.

3. Menjawab pertanyaan

Ada beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan pada saat proses interview seperti, kelebihan dan kekurangan diri anda sendiri, apa alasan anda melamar pekerjaan, apa yang anda ketahui tentang perusahaan dan apa yang mampu anda berikan saat anda sudah diterima bekerja pada perusahaan tersebut.

Persiapkan jawaban anda, pikirkan baik-baik pertanyaan tersebut kemudian jawablah dengan tegas tanpa ragu-ragu. Karena proses interview ini juga menjadi bagian penting untuk menentukan apakah anda akan diterima atau tidak.

Simak juga ulasan terkait tentang strategi tepat untuk mendapatkan klien baru dalam berbisnis serta artikel lainnya mengenai Peluang usaha terbaru tahun 2018 yang sangat menjanjikan.

4. Menyiapkan alat tulis

Bawalah peralatan tulis menulis dengan lengkap karena anda tidak tahu apa yang mungkin anda butuhkan disana. Supaya anda tidak perlu mencari pinjaman terlebih dahulu karena mungkin peralatan tulis yang anda butuhkan sedang dipergunakan juga oleh calon pencari kerja yang lain.

Khusus untuk pena atau bolpoint anda dapat membawa sedikit lebih banyak untuk menghindari hal-hal yang tidak anda duga sebelumnya seperti macet atau kehabisan tinta.

Selain itu anda juga dapat membawa pensil, penghapus, penggaris, rautan, gunting, lem dan tipex. Masukkan peralatan tulis dan berkas lamaran pekerjaan anda semua kedalam satu tas sehingga lebih praktis dan anda lebih mudah untuk mencarinya.

5. Persiapan diri secara fisik dan mental

Persiapkan segala sesuatu yang perlu anda bawa beberapa hari sebelum anda datang ke job fair. Usahakan tidur lebih awal sehingga istirahat anda cukup dan anda tidak bangun kesiangan.

Sempatkan untuk sarapan supaya badan anda tetap fit selama beberapa jam berada di tempat job fair diadakan karena anda akan berada di suatu ruangan yang penuh dengan orang yang secara tidak langsung akan menguras tenaga membuat anda cepat lelah.

Jangan sampai anda terlihat tidak fokus pada saat proses interview sehingga mempengaruhi hasil penilaian wawancara anda.

6. Berpenampilan rapi dan formil

Karena anda langsung menyerahkan berkas lamaran kerja dan mengikuti proses interview saat itu juga maka berpakaianlah yang rapi dan formil seperti layaknya anda sedang melamar pekerjaan langsung di kantor perusahaan tempat anda menyerahkan berkas lamaran pekerjaan anda.

Pakailah kemeja berkerah, celana kain dan sepatu pantofel. Jagalah kebersihan tubuh anda sehingga tetap segar meskipun seharian mengikuti beberapa kali interview.

7. Bersikap ramah dan bersahabat dengan peserta lainnya

Sama-sama mencari pekerjaan bukan berarti anda tidak perlu bertegur sapa kepada para pencari kerja yang lain karena merasa sebagai saingan.

Tetaplah bersaing secara sehat dan bersikaplah ramah pada semua pengunjung job fair yang sama-sama sedang mencari kerja. Mungkin anda bisa menemukan informasi lowongan pekerjaan justru dari orang lain yang tidak cocok dengan lowongan pekerjaan yang ada.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menghadiri event job fair dan memperoleh pekerjaan yang anda butuhkan.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.