Tips mencapai kekayaan dengan manajemen diri

Mencapai Kekayaan Dengan 6 Strategi Manajemen Diri Yang Baik

By: Vonny Yulianti

Setiap manusia tentu menginginkan hidup dengan kekayaan yang melimpah serta tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Tetapi untuk menjadi kaya raya tentu anda harus bekerja keras untuk mewujudkannya bahkan jika kekayaan sudah ditangan anda sekalipun karena tanpa kerja keras kekayaan sebanyak apapun tentu akan habis dalam waktu yang singkat.

Tidak semua orang mampu memiliki kebebasan finansial tersebut, berikut beberapa cara praktis bagi anda untuk dapat meraih kekayaan;

1. Tidak Bergaya Hidup Mewah

Seandainya anda kaya raya bukan berarti anda dapat mengeluarkan uang semau anda. Tidak perlu melakukan pengeluaran berlebihan meskipun seandainya anda mampu untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup banyak.

Anda tidak perlu bergaya hidup mewah hanya untuk menunjukkan kekayaan yang anda miliki atau menggelontorkan sejumlah dana hanya untuk membeli keinginan yang belum tentu merupakan kebutuhan yang bersifat pokok dan penting. Hiduplah sesuai dengan kebutuhan dan bukan sesuai keinginan.

Jika anda menginginkan menjadi orang kaya cobalah dengan cara hidup hemat dan sederhana maka anda akan mampu mengetahui mana kebutuhan yang penting dan mendesak serta mana kebutuhan yang sekedar memenuhi keinginan.

2. Menyimpan Sebagian Pendapatan

Berapapun penghasilan yang anda dapatkan biasakanlah untuk menyimpannya sebagian secara rutin dalam wujud tabungan untuk keperluan yang bersifat mendadak dan anda investasikan untuk menambah passive income anda.

3. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Selain membiasakan diri untuk menyimpan sebagian penghasilan anda biasakanlah juga untuk selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang anda peroleh. Dengan mencatat arus keuangan baik pemasukan dan pengeluaran akan memudahkan anda untuk mengetahui keadaan finansial anda.

Anda akan mengetahui pada bagian mana anda dapat berhemat sehingga anda dapat menabung lebih banyak dari setiap catatan pengeluaran.

Sementara melalui catatan pemasukan anda dapat mengetahui arus kas pemasukan supaya seimbang dengan arus pengeluaran.

4. Mengendalikan Hutang

Ada banyak jenis hutang atau cicilan yang saat ini begitu mengganggu seseorang untuk meraih kekayaan. Tetapi tidak semua jenis hutang atau cicilan tersebut adalah jenis hutang atau cicilan yang buruk.

Hutang atau cicilan yang bersifat produktif seperti misalnya untuk menambah modal usaha merupakan jenis hutang yang dapat memberi keuntungan. Sedangkan jka anda berhutang hanya untuk pergi berlibur atau membeli barang mewah untuk menunjang gaya hidup dan status sosial anda merupakan hutang konsumtif, hutang yang tidak menguntungkan.

5. Memiliki Sebuah Hunian

Jika anda tidak memiliki salah satu kebutuhan primer ini selain pakaian dan makanan maka anda akan mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit hanya untuk menyewa atau mengontrak sebuah rumah selama satu sampai dua tahun saja dan harus mencari rumah yang lain lagi saat sewa rumah anda berakhir dengan harga yang biasanya sudah jauh lebih mahal dibanding tahun sebelumnya.

Tidak ada salahnya anda membeli sebuah hunian untuk menekan pengeluaran menyewa rumah kontrakan.setiap tahunnya jika anda mampu untuk memiliki asset tersebut. Namun dengan mahalnya harga rumah tentu saja anda harus membeli dengan cara menyicil selama beberapa tahun sesuai dengan penawaran yang diajukan oleh pihak pengembang.

Mengingat harga rumah yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, memiliki sebuah rumah tentunya merupakan salah satu investasi yang tepat yang dapat anda lakukan.

6. Investasi untuk menghasilkan passive income

Jika anda hanya mengandalkan massive income anda sebagai karyawan untuk meraih kekayaan yang anda idam-idamkan selama ini tentu saja sampai kapanpun usaha anda tidak akan berhasil.

Anda harus berinvestasi untuk mendapatkan passive income yang akan menambah jumlah penghasilan anda. Lalu investasi apa yang tepat yang dapat anda lakukan? Ada beberapa macam investasi seperti menabung emas, bermain saham atau bisnis waralaba. Anda dapat menginvestasikan uang anda dengan tepat sesuai keinginan anda.

Demikian beberapa cara praktis untuk anda dapat meraih kekayaan. Mulailah dari sekarang dan anda akan melihat hasilnya di masa yang akan datang.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.