Keuntungan dan kerugian menabung dana di bank

Untung dan Rugi Menyimpan Atau Menabung Uang di Rekening Bank

By: Egy arisandi

Keuntungan dan kerugian menabung di bank yang akan di ulas kali ini bertujuan agar pembaca lebih cermat serta bijak dalam memilih atau menentukan cara mereka menyimpan uang dan bentuk transaksi finansial lainnya yang berhubungan dengan perbankan.

Bank sebagai lembaga jasa keuangan dibawah pengawasan lembaga Negara Otoritas Jasa Keuangan OJK adalah suatu tempat untuk menyimpan uang atau melakukan transaksi lainnya. Ada banyak bank dari bank pemerintah, bank swasta hingga bank asing.

Menabung uang di bank selain menguntungkan tetap ada kerugiannya karena menabung ini sudah sangat jelas berbeda berbeda dengan investasi.

Beberapa keuntungan yang anda dapat dengan menabung uang di bank adalah rasa aman ketika dana anda berada di bank dengan suku bunga yang kompetitif.

Selain itu anda dapat melakukan beragam transaksi pembayaran, transfer, cek saldo atau mengambil uang kapanpun baik dengan mesin ATM bank tempat anda menabung atau dari mesin ATM bank lain.

Di bawah ini beberapa penjelasan yang dapat disimak mengenai keuntungan dan kerugian yang anda dapatkan ketika anda memutuskan untuk menabung di bank :

Keuntungan menabung dana di bank

1. Mendapat bunga tabungan

Menabung uang di bank tentu tidak sama dengan menyimpan uang di rumah. Saat anda memutuskan untuk menyimpan uang di bank maka pihak bank akan memberikan bunga untuk tabungan tersebut.

Besarnya bunga tabungan yang akan anda peroleh tergantung pada banyak sedikitnya jumlah uang yang anda simpan dalam rekening bank. Jika anda menambah terus jumlah uang dalam tabungan anda maka bunga tabungan anda tentu akan bertambah juga.

Ada produk hampir serupa dengan tabungan biasa, yaitu deposito yang mana suku bunga yang diberikan akan jauh lebih tinggi dari rekening tabungan akan tetapi memiliki ketentuan yang sedikit lebih ketat dari jenis tabungan biasa.

Simak selengkapnya mengenai cara menghitung bunga deposito bank BRI serta artikel menarik tentang 3 macam deposito terbaik dari bank syariah.

2. Menjamin keamanan uang yang disimpan

Selain mendapatkan bunga tabungan yang akan terus bertambah setiap kali jumlah uang tabungan tersebut ditambahkan, tentunya anda juga akan mendapatkan rasa aman yang mungkin tidak bisa di dapatkan saat anda menyimpan uang di rumah.

Uang tabungan yang tersimpan di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS suatu lembaga yang berfungsi untuk menjamin simpanan nasabah bank karena setiap bank yang melakukan kegiatan usaha wajib menjadi peserta penjaminan LPS.

3. Kemudah dalam bertransaksi finansial

Kebutuhan keuangan anda akan menjadi lebih mudah jika menabung di bank karena dapat dilakukan kapan dan dimanapun anda membutuhkannya.

Saat memerlukan uang cash secara mendadak anda dapat langsung mencari mesin ATM terdekat yang sekarang makin banyak tersebar untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan transaksi para nasabah.

Jika anda membutuhkan uang untuk disetorkan kepada pihak lain atau hendak melakukan transaksi keuangan yang lain, anda dapat mempergunakan fasilitas sms banking atau internet banking tanpa harus antri di bank atau membawa uang tunai.

4. Kenyamanan dan keamanan transaksi dalam jumlah besar

Kenyamanan dan keamanan akan anda dapatkan saat membutuhkan keuangan untuk transaksi dalam jumlah yang cukup besar seperti untuk pembayaran uang muka rumah atau mobil.

Anda tidak perlu membawa uang cash dengan jumlah yang banyak sehingga sangat beresiko, anda cukup memanfaatkan fasilitas transaksi keuangan yang tersedia seperti transfer antar bank, memakai internet banking atau setoran rekening tabungan.

Begitu mudahnya transaksi keuangan yang bisa dilakukan saat anda menabung uang di bank dan menjadi seorang nasabah. Ditambah lagi masih banyak promo maupun fitur lainnya seperti undian berhadian dari bank tertentu bagi nasabah yang memiliki saldo sesuai dengan ketentuan.

Baca juga ulasan perbankan lainnya tentang tabel pinjaman dan cicilan kredit dari bank BRI serta info menarik lainnya mengenai pinjaman tanpa agunan (KTA) dengan bunga rendah dari beberapa bank.

Beberapa kerugian menabung uang di bank

1. Biaya administrasi setiap bulan

Ada biaya administrasi yang akan dipotongkan oleh pihak bank pada tabungan kita secara otomatis setiap bulannya. Pada dasarnya besar biaya administrasi ini tergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Pemotongan biaya adminstrasi ini akan tetap berjalan meskipun saldo anda di bawah rata-rata sampai tabungan anda tidak dapat dipotong biaya administrasi lagi.

Jadi ada baiknya kalau tabungan anda selalu diisi secara rutin dari uang penghasilan anda setiap bulan supaya saldo tidak terus terpotong akibat biaya administrasi lebih besar daripada bunga tabungan itu sendiri.

Jika anda lebih cermat dalam memilih jenis tabungan, sebenarnya ada rekening tabungan yang tidak dikenai biaya administrasi bulanan seperti produk Tabunganku yang saat ini tersedia pada setiap kantor bank.

2. Bunga tabungan relatif sangat kecil

Jangan berharap dengan menabung uang di bank maka uang anda akan bertambah banyak dengan cepat karena bunga tabungan yang terlalu kecil.

Bahkan tidak sedikit jenis tabungan yang lebih besar biaya administrasinya daripada bunga tabungan yang diperoleh setiap bulannya.

Maka pastikan uang tabungan anda menghasilkan bunga yang cukup dan akan menutupi biaya administrasi bulanan sehingga tidak akan memotong jumlah saldo yang ada.

3. Memiliki limit transaksi yang tidak bisa dilanggar

Setiap bentuk tabungan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi pada tiap jenis tabungan mempunyai limit transaksi perhari baik limit pemakaian atau limit pengambilan uang.

Jika hari ini anda menarik uang sampai melebihi jumlah limit penarikan, maka anda baru bisa melakukan penarikan uang lagi keesokan harinya.

Demikian beberapa keuntungan dan kerugian bila anda menabung uang di bank. Jadi pikirkan dan usahakan supaya anda tidak mengalami kerugian ketika merencanakan akan menyimpan uang di dalam rekening tabungan.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.