Usaha dagang paling laris cepat laku dan menguntungkan saat ini

10 Macam Jenis Bisnis Usaha Dagang Paling Laku dan Menguntungkan Saat Ini

By: Egy arisandi

Usaha dagang merupakan bisnis yang sangat menguntungkan apabila anda mengetahui apa yang paling laku dan laris untuk diperjual belikan saat ini.

Siapapun tentu sudah memahami bahwa konsep bisnis dagang ialah dengan mencari keuntungan dari semua jenis transaksi jual beli.

Baik berupa produk barang maupun jasa bisa saja diperdagangkan secara offline dan online selama masih ada konsumen yang membutuhkan serta ada produsen yang menjualnya.

Kemudian setiap pengusaha niaga atau perdagangan akan meraih sukses ketika apa yang mereka jual itu bisa laris dan mudah diserap oleh masyarakat.

Inspirasi bisnis dan usaha dagang yang paling laris dan banyak dibutuhkan kosumen

Mengingat kesuksesan bisnis dagang ialah karena kapasitas penjualan, maka sudah sepatutnya anda bisa menemukan jenis barang apa yang banyak dibutuhkan oleh orang.

Berikut ini adalah 10 contoh usaha dagang yang berpeluang cepat laku, laris dan tentu sangat menguntungkan.

1. Usaha kuliner (makanan) – Bisnis dagang yang tidak ada matinya

Strategi Memulai Usaha dan Bisnis Kuliner Makanan Ringan

Ini merupakan pilihan pertama karena sudah jelas makanan ialah kebutuhan pokok makhluk hidup dan setiap saat akan selalu dibutuhkan, sehingga tidak salah jika bisnis kuliner merupakan pilihan peluang usaha yang paling menjanjikan sampai kapanpun.

Di manapun tempatnya, bisnis kuliner akan selalu ada yang biasanya akan menyesuaikan dengan budaya masing masing wilayah.

Mengingat makanan pokok setiap orang didunia ini tidak selalu sama, maka jika ingin menekuni usaha kuliner sebaiknya anda memahami terlebih dahulu dimana anda akan membuka usaha dan ketahui apakah masyarakat sekitar cukup mengenal menu kuliner tersebut.

Ada banyak sekali jenis bisnis kuliner yang bisa anda pilih dan biasanya usaha makanan ini sangat menjanjikan bahkan tidak sulit untuk mencari keuntungan maksimal apabila sajian yang anda jual memiliki kreasi unik dan citarasa di atas rata rata.

Strategi sukses bisnis kuliner

Untuk dapat mencapai sukses dalam usaha kuliner sebenarnya cukup mudah jika anda dapat memegang 7 faktor berikut ini:

  • Lokasi usaha – Tempat strategis dan menarik banyak perhatian
  • Menu andalan – Sajian special tidak ada di tempat lain
  • Harga jual – Nilai yang sebanding dengan daya beli masyarakat
  • Bahan terbaik – Menggunakan bahan berkualitas dan sehat
  • Sumber daya manusia – Ahli memasak dan pelayan yang baik
  • Target konsumen – Mengetahui kegemaran konsumen mayoritas
  • Promosi – Strategi pemasaran awal untuk memikat konsumen

Jika dari 7 poin tersebut sudah mampu anda penuhi, maka tidak akan terlalu sulit untuk bisa memenangkan pasar dan meraih keberhasilan sehingga target sukses bisnis dagang anda tercapai.

2. Ide dan peluang bisnis fashion – Usaha yang akan tetap menguntungkan untuk jangka panjang

Bisnis dan usaha dagang di bidang fashion

Tidak kalah pentingnya dengan makanan, maka industri fashion juga akan terus berkembang sehingga menjadikan bisnis fashion sebagai peluang besar bagi calon pengusaha.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa di bidik dalam industri fashion yang semuanya cukup potensial bisa mendatangkan untung besar di antaranya ialah:

  • Fashion designer
  • Membuat brand pakaian sendiri
  • Photography fashion
  • Impor dan expor
  • Distro dll.

Langkah simple untuk meraih sukses bisnis fashion

Ada beberapa langkah dan tahap yang sederhana yang dapat anda implementasikan untuk menjalankan bisnis fashion ini sehingga menjadi sebuah usaha dagang yang sukses.

  • Melakukan riset dan target pasar – Hal ini perlu di lakukan untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar.

Terdapat beragam type orang dalam memilih pakaian ada yang hanya mengutamakan kualitas meskipun harga mahal, ada pula yang cuma ingin mengikuti trend masa kini dengan harga terjangkau.

Setelah mengetahui target market ini maka anda akan dengan mudah menentukan jenis barang yang akan anda jual nantinya.

  • Membuat business plan berdasarkan hasil riset – Sudah menjadi salah satu yang kebutuhan pokok seorang pengusaha seperti menyiapkan anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem retur dan sebagainya.
  • Mencari vendor atau supplier produk yang akan dijual – Hal ini sangat dibutuhkan karena mereka lah yang akan memproduksi dan kemudian menyuplai produk barang dagangan anda nanti.

Di ibaratkan jika anda adalah seorang reseller maka hanya dari vendor atau supplier ini semua produk dagangan dapat anda peroleh dengan harga yang lebih murah kemudian supaya anda bisa menjual dengan untung besar.

  • Menentukan toko atau lapak – Melalui toko online mungkin akan menjadi pilihan terbaik jika anda belum memiliki cukup modal untuk menyewa ruko atau membangun tempat usaha sendiri.

Kemudian dengan strategi dagang secara online memang akan sangat minim resiko karena anda tidak perlu membeli stok barang jika telah bekerjasama dengan supplier dengan menjalankan sistem dropship.

  • Strategi marketing dan manajemen – Jangan pernah mengabaikan sistem pembukuan atau manajemen keuangan ketika sudah menjalankan bisnis dagang secara professional.

Anda harus dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran sehingga cash flow bisa terorganisir dengan baik.

Berikutnya mempersiapkan strategi marketing yang jitu untuk meledakkan omset penjualan.

Dan saat ini tentunya akan jauh lebih mudah dengan biaya murah apabila anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis sosial media untuk mengembangkan jangkauan pemasaran secara online.

Simak juga ulasan terkait mengenai peluang usaha terbaru 2018 yang paling menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang ide usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan.

3. Kebutuhan pokok – Sembako dan bahan pangan masyarakat sehari hari

Pilihan berikutnya yang dapat anda bidik sebagai peluang usaha berdagang paling menjanjikan ialah berjualan sembako atau kebutuhan bahan pangan sehari hari masyarakat.

Dimanapun tempatnya selagi di situ terdapat populasi masyarakat, maka kebutuhan akan bahan pangan akan selalu diperlukan.

Tidak harus dengan membuka toko yang besar seperti minimarket maupun toko grosir yang mana akan membutuhkan modal awal yang terlalu besar.

Sebagai seorang pemula dalam bisnis ini, cukup memulai dengan membuka toko kecil yang menyediakan beberapa kebutuhan bahan pangan pokok yang tidak lekas basi diantaranya:

  • Berjualan beras
  • Minyak goreng
  • Gula
  • Dan bahan pangan kemasan lainnya

Berawal hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat lingkup kecil sekitar rumah saja jika prospeknya cukup menjanjikan maka kedepannya bisa diperbesar menjadi agen atau grosir yang bisa menyuplai kebutuhan masyarakat yang lebih luas.

4. Jualan gadget dan pulsa – Merupakan produk yang akan semakin banyak konsumennya

Usaha dagang elektronika smartphone dan gadget

Jaman sekarang ini siapa yang tidak memiliki gadget? Dapat dipastikan hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menggunakan telephone seluler atau smartphone sebagai sarana komunikasi.

Menyikapi hal ini maka membuka usaha jual pulsa dan gadget jelas merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan cocok dilakukan dimana saja.

Mengingat saat ini jangkauan jaringan seluler sudah hampir mencakup seluruh pelosok negeri dan masyarakatpun sangat tergantung dengan teknologi komunikasi yang satu ini.

Demikian pula bagi yang sudah paham dan kecanduan dengan internet, maka tidak dapat dipungkiri bahwa mereka akan sangat membutuhkan kuota maupun pulsa.

Berapapun harga pulsa pastinya tetap akan dibeli karena sudah tidak ada pilihan lain kecuali mereka yang wilayahnya telah tersedia layanan internet free wifi.

Jadi untuk jenis usaha dagang berjualan gadget dan pulsa internet ini memang tidak diragukan lagi potensi keuntungannya dan jelas tetap akan laku dan laris untuk saat ini hingga kedepannya.

Beberapa faktor penentu kesuksesan bisnis dagang yang harus diperhatian

Strategi sukses menjalankan bisnis dagang

Dari 5 hal yang mendukung suksesnya bisnis niaga seperti pada gambar diagram di atas, 3 poin berikut ini adalah yang tidak kalah pentingnya agar selalu anda pegang sebagai prinsip, ketika telah menetapkan tekad untuk menerjuni usaha dagang.

1. Tetap menyadari adanya kompetisi dan persaingan

Jangan pernah menganggap anda akan menerjuni usaha tersebut sendirian sehingga lebih baik jika terus waspada terhadap munculnya persaingan.

Ini merupakan sesuatu yang wajar di dalam dunia bisnis dan telah menjadi resiko yang harus mampu dihadapi oleh semua pengusaha.

Yang terpenting ialah konsumen tetap menjadi juri dan merekalah yang akan menilai seberapa layak usaha anda akan terus dipilih meskipun sudah banyak pesaing dengan dagangan sejenis.

2. Jangan mengabaikan kualitas dagangan

Apabila anda telah mampu menyikapi persaingan maka selanjutnya adalah menjaga kualitas barang dagangan agar tidak pernah mengecewakan konsumen.

Apapun alasannya konsumen akan berpaling meninggalkan anda jika sekali saja mereka kecewa meskipun sebelumnya sudah menjadi pelanggan tetap anda.

Mempertahankan kualitas dagangan merupakan salah satu langkah yang paling berat terlebih lagi ketika barang dagangan tersebut bukan dari anda sendiri yang memproduksinya.

Jadi solusinya ialah terus berusaha selektif ketika memilih barang dagangan yang akan di jual serta selalu cermat ketika memilih suplier yang terpercaya khususnya bagi yang ingin membangun bisnis dropship maupun jenis niaga lainnya.

3. Servis atau pelayanan yang terbaik untuk konsumen

Jika anda sudah mampu memahami bahwa salah satu penunjang kesuksesan usaha dagang ialah loyalitas konsumen, maka sebaliknya anda juga harus sanggup untuk memberikan pelayanan maksimal kepada mereka.

Disaat persaingan hadir dan berlangsung cukup ketat, mungkin mutu produk bisa sama persis akan tetapi kualitas pelayanan yang harus anda menangkan .

Banyak alasan kenapa pengunjung yang sudah pernah membeli ke toko anda kembali lagi dan akhirnya menjadi pelanggan tetap?

Kadang mereka tidak begitu mempermasalahkan selisih harga, namun lebih sering karena satu alasan pasti bahwa mereka amat menyukai pelayanan anda.

  • 2
    Shares
Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.