Modal memulai usaha event organizer

Strategi Memulai Bisnis Event Organizer dan Tips Sukses Menjalankannya

By: Egy arisandi

Peluang usaha event organizer saat ini terbilang sangat menjanjikan dan cukup potensial apabila anda dapat memulai menjalankan bisnis ini dengan strategi yang tepat serta cara kerja yang optimal sehingga klien anda tidak pernah terkecewakan.

Baik untuk acara kecil misalnya pesta ulang tahun anak sampai penyelenggaraan acara besar seperti pertunangan, pesta pernikahan, perayaan ulang tahun perkawinan biasanya selalu menggunakan jasa Event Organizer.

Sehingga Event Organizer atau yang lebih sering disingkat EO sekarang ini menjadi sebuah usaha yang menjanjikan dan mulai marak dijalankan oleh sekumpulan anak muda yang energik dan penuh dengan ide-ide kreatif.

Fungsi EO disini adalah menjual jasa kepada siapa saja yang akan menyelenggarakan suatu acara supaya tidak perlu repot lagi memikirkan proses berlangsungnya acara tersebut dan membantu mewujudkan keinginan klien yang menyewa jasa mereka dalam suatu acara yang akan diselenggarakan.

Keberadaan jasa EO hampir selalu dibutuhkan untuk menghandle beberapa bagian atau seluruh bagian dari acara yang akan diselenggarakan karena kebanyakan klien menginginkan sesuatu yang lebih praktis dan dapat menikmati acara penting mereka tanpa diganggu dengan berbagai macam kesibukan.

Pihak EO bertugas menyediakan rancangan acara dan mendiskusikannya dengan klien. Sementara klien dapat menerima usulan rencana atau meminta EO untuk mencarikan konsep lain untuk mereka.

6 Tips penting untuk keberhasilan menjalankan usaha event organizer

Jika anda sedang merintis untuk menjalankan bisnis EO ada baiknya anda menyimak beberapa tips di bawah ini agar bisnis EO anda dapat berjalan dengan optimal dan berkembang diantara pebisnis EO yang lainnya.

1. Mempunyai konsep yang dapat membuat klien antusias

Menyusun konsep usaha dengan matang

Untuk membuat suatu acara sukses digelar tentu diperlukan suatu konsep yang matang dan tepat dengan tema acara yang akan diselenggarakan.

EO harus mempunyai ide-ide yang menarik dan kreatif untuk berbagai macam acara sehingga memiliki nilai lebih dibandingkan dengan keberadaan EO lain.

Buatlah konsep yang menarik untuk acara yang berlangsung sehingga meninggalkan kesan yang indah dan akan diingat oleh klien beserta para tamu undangan yang hadir mendatangi acara tersebut.

2. Memiliki team kerja yang kompak

Menyusun tim kerja yang kompak

Dalam suatu EO dibutuhkan sebuah team yang kompak dan dapat bekerja sama untuk membuat sebuah acara sukses digelar.

Ada beberapa tugas yang harus dibagi di dalam sebuah acara yang harus dilakukan oleh ketua team yang mempunyai tanggung jawab paling besar untuk kesuksesan berlangsungnya acara tersebut.

Masing-masing anggota team yang telah menerima pembagian tugas tersebut tetap harus terkoordinasi dengan anggota yang lain karena ada suatu keterkaitan antara tugas yang satu dengan tugas yang lain.

Meskipun anggota team bertanggungjawab pada tugasnya masing-masing tetap diharapkan dapat saling membantu jika ternyata ada suatu keadaan di lapangan yang tidak sesuai dengan jadwal susunan acara yang telah disusun.

3. Fokus dahulu mengelola pada satu jenis acara

Jika anda hendak memulai bisnis EO sebaiknya anda fokus pada satu jenis acara terlebih dahulu seperti misalnya acara ulang tahun anak, pertunangan, ulang tahun perkawinan atau acara yang diadakan oleh perusahaan.

Untuk menjadi sebuah EO yang besar tentu dibutuhkan dengan banyak mencari pengalaman dari acara skala kecil sebelum nantinya menangani event-event yang besar.

4. Memperbanyak atau memperluas relasi bisnis

Menambah memperluas relasi bisnis

Memperbanyak relasi bisnis dalam setiap kesempatan acara yang anda tangani apabila dalam suatu acara tersebut juga menggandeng beberapa vendor baik vendor kecil maupun vendor besar yang juga terlibat.

Semakin banyak relasi bisnis anda tentu akan membuat usaha EO anda semakin cepat di kenal. Tidak menutup kemungkinan anda akan mudah mendapat klien baru dari relasi bisnis yang memperkenalkan EO anda.

Bisa juga anda menjalin hubungan kerjasama dengan vendor lain untuk mendapatkan klien yang akan memakai jasa EO anda dan relasi bisnis anda.

5. Melakukan presentasi dan briefing secara profesional

Briefing adalah hal yang harus sering dilakukan baik bersama kru EO anda maupun dengan vendor yang akan terlibat dalam acara yang direncanakan terutama dengan klien yang telah menyewa jasa EO anda.

Melalui briefing-briefing dan presentasi ini EO anda harus mampu mewujudkan apa yang menjadi keinginan klien dalam bentuk acara yang akan digelar.

6. Menghitung anggaran serta budgeting dana dengan tepat

Usaha EO merupakan bisnis yang terbilang sangat menjanjikan saat ini dengan penghasilan cukup besar apabila suatu acara sukses digelar.

Catat pengeluaran anda dengan tepat karena bisnis EO juga memerlukan banyak budget terutama untuk biaya entertainment dan biaya lain yang tak terduga di luar rencana.

Beberapa tips di atas dapat menjadi sumber inspirasi untuk anda yang baru saja menerjuni dalam dunia bisnis Event Organizer. Selain itu anda juga dapat mempelajari cara kerja EO lain untuk menambah pengetahuan atau memunculkan ide baru yang lebih spektakuler.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.