Tips usaha kuliner pingir jalan

Strategi Menjalankan Usaha Kuliner di Pinggir Jalan Agar Lebih Cepat Sukses

By: Egy arisandi

Bisnis dibidang kuliner khususnya yang berada di pinggir jalan kini mulai marak dan berkembang cepat, hal ini sejalan dengan mobilitas manusia yang semakin tinggi.

Usaha makanan yang terletak di pinggir jalan ini memang sangat potensial dan terbilang masih cukup menjanjkan apalagi dalam pendiriannya hanya butuh modal kecil.

Banyak sekali yang telah sukses menjalankan bisnis ini meskipun dengan modal yang relatif kecil namun omset yang dihasilkan sangat diluar dugaan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan usaha kuliner di pinggiran jalan semakin kondang dan banyak dilirik.

Sedangkan segmentasi pasar untuk jenis usaha ini banyak ada di daerah perkotaan dengan alasan ramainya lalu lintas seiring dengan mobilitas masyarakat kota yang jauh lebih tinggi bahkan jalanan kota selama 24 jam bisa tetap ramai.

Meskipun begitu ternyata fakta dilapangan masih menunjukkan bahwa tidak semuanya bisa berhasil dalam menjalani usaha ini sehingga tidak sedikit pula yang pada akhirnya gulung tikar hanya dalam hitungan bulan.

Maka dari itu sangat perlu bagi kita untuk menganalisa jenis prodik kuliner apa yang cocok dan sekiranya dapat bertahan lama serta cukup potensial untuk terus dikembangkan kedepannya.

7 Tips cerdas agar sukses dalam menjalankan bisnis kuliner pinggir jalan

Berikut ada sepuluh kiat dan strategi yang bisa diterapkan bagi yang akan menjalankan usaha kuliner khususnya yang terletak dipinggiran jalan.

1. Letaknya strategis – Menentukan lokasi usaha yang tepat

Letak atau lokasi pendirian usaha kuliner menjadi faktor yang sangat penting dan pendukung paling utama untuk kesuksesan usaha ini.

Memilih lokasi haruslah mudah untuk dilihat dan dijangkau oleh konsumen. Kebanyakan mereka yang sukses menjalankan usaha kuliner pingir jalan adalah terletak pada jalan raya nasional dimana lokasi usaha ini memungkinkan untuk anda buka dalam seharian penuh atau selama 24 jam.

2. Tempat usaha yang nyaman

Setelah menentukan strategis dan tidaknya lokasi yang anda pilih, kemudian yang perlu anda pertimbangkan selanjutnya adalah kenyamanan tempat usaha tersebut.

Tempat usaha harus dipastikan nyaman dan membuat konsumen betah untuk mampir sehingga memungkinkan untuk kembali lagi diwaktu yang akan datang.

Memberikan kenyamanan ini meliputi are parkir yang tidak mengganggu pengendara lain, memastikan bahwa tidak rawan dengan tindakan kejahatan di lingkungan tersebut kemudian kenyamanan konsumen dari segi internal lainnya seperti tempat duduk, meja makan bahkan dekorasi warung kuliner anda.

Kebersihan juga menjadi faktor yang sangat penting terutama bisnis yang anda jalankan berhubungan dengan makanan.

Dengan tempat yang senantiasa bersih, maka konsumen sudah pasti tidak akan ragu dalam menyantap hidangannya selain itu juga akan meminimalisir resiko timbulnya gangguan kesehatan dari lingkungan yang kurang bersih.

3. Service kepada konsumen – Pelayanan yang terbaik bagi semua pengunjung

Service atau pelayanan adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh semua pengelola usaha kepada seluruh pelanggan atau konsumen.

Standart pelayanan yang ingin didapatkan konsumen adalah keramah-tamahan serta kecepatan pelayanan yang mana hal ini sangat mempengaruhi kepuasan konsumen.

Tingkat kepuasan dalam service kepada pelanggan akan menjadi sebuah nilai lebih bagi kelangsungan usaha anda sehingga akan membuat ia menjadi pelangan setia dan tidak ragu untuk merekomendasikan usaha kita terhadap orang lain.

4. Daftar menu – Menyediakan varian hidangan yang beragam

Menyediakan varian menu bukan berarti anda harus menjual banyak jenis makanan yang mana ini justru akan menjadikan usaha kuliner anda tidak memiliki ciri khas.

Kebanyakan usaha kuliner pinggir jalan hanya menyadiakan beberapa jenis menu hidangan yang masih serupa seperti bebek goreng, ayam goreng, ikan goreng, dan hanya berbeda dari varian sambal yang di inginkan konsumen.

5. Harga yang terjangkau

Usaha kuliner yang terletak dipinggir jalan memang terkenal akan harganya yang pas dikantong. Meskipun anda mendesain usaha anda dengan baik dan mewah, anda tidak boleh kehilangan aspek penentuan harga jual ini.

Pertahankanlah citra warung makanan dipinggir jalan yang terkenal ekonomis dan mengenyangkan agar usaha anda tidak sepi pembeli.

Simak juga ulasan terkait tentang usaha makanan paling laku dan sangat menjanjikan serta artikel menarik lainnya mengenai aneka peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini.

6. Promosi yang menarik

Promosi adalah langkah penting dalam upaya untuk mengenalkan usaha kepada calon konsumen. Banyak sekali hal yang dapat di lakukan untuk memulai mempromosikan usaha anda.

Khususnya usaha kuliner di pingiran jalan ialah dengan memasang spanduk atau selebaran untuk mempromosikan warung makan anda kepada pengendara yang lewat.

Jaman sekarang orang-orang lebih mengandalkan efisien waktu. Maka dari itu, tak jarang pembeli lebih memilih delivery order ketimbang datang langsung ketempat kuliner tersebut.

Maka hal ini juga menjadi bagian dari tahap promosi supaya usaha anda lebih dekat dengan pelangan, anda perlu mengadakan layanan delivery dengan cara bekerjasama dengan ojek online seperti grab maupun gojek.

Baca juga artikel terkait mengenai strategi pemasaran bisnis kuliner yang paling tepat serta ulasan menarik lainnya tentang aneka ragam peluang usaha dagang paling laris dan menguntungkan.

7. Kreatif dan inovatif dalam mengembangkan citarasa

Dalam mengolah bisnis kuliner, kita tidak boleh berhenti mengembangkan sikap kreatif dan inovatif utamanya adalah pada tampilan hidangan dan citarasanya.

Apabila kita perhatikan, masyarakat selalu mengubah trend soal makanan yang digemari meskipun pada dasarnya tetap dari bahan atau jenis menu yang lama.

Dengan anda selalu kreatif dan inovatif, maka usaha kuliner tersebut diharapkan akan terus ramai pelanggan dan bisa mengikuti perkembangan jaman.

Membuat pelanggan kembali membeli artinya anda telah berhasil menggaet hati konsumen. Awalnya bisa saja konsumen yang datang karena penasaran, tetapi sebenarnya karena rasa cinta lah yang membuat pelanggan selalu ingin berkunjung kembali.

Memikat hati pelanggan bukanlah hal yang mudah karena setiap orang memiliki standar dan selera masing-masing. Maka tindakan yang sebaiknya harus anda lalukan agar usaha kuliner sukses hanyalah dengan memaksimalkan pada pelayanan, rasa, dan harga.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.