Memulai usaha bisnis makanan oleh-oleh khas daerah

Tips Sukses dan Strategi Jitu Menjalankan Usaha Oleh-Oleh Khas Daerah

By: Egy arisandi

Saat ini bisnis oleh-oleh atau makanan khas daerah sedang sangat diminati oleh masyarakat. Terlebih lagi kawasan wisata dari waktu ke waktu semakin bertambah sehingga hal ini seperti membuka ladang rezeki bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Makanan yang khas daerah memang seringkali dicari oleh para wisatawan meningat mereka tidak pernah merasakan jenis masakan yang berbeda dari yang lain dan hanya bisa ditemukan di daerah tersebut.

Tidak heran jika bisnis makanan oleh-oleh saat ini sedang menjamur baik yang ada di kota maupun di desa. Para wisatawan biasanya demi bisa merasakan makanan khas daerah tersebut rela merogoh kecek besar hanya untuk seporsi masakan.

Bukan hanya masyarakat saja bahkan para pesohor pun juga turut membuka bisnis yang sama demi bisa meramaikan dunia kuliner Indonesia.

Para artis yang saat ini sedang menekuni bisnis oleh-oleh adalah Dude Herlino dengan Jogja Scrummy, Irwansyah dengan Medan Napoleon, Zaskia Sungkar dengan Surabaya Snowcake, dan masih banyak lagi.

Umumnya masyarakat Indonesia ketika sedang berpergian ke luar kota entah itu untuk berlibur ataupun tidak biasanya mereka akan membawa oleh-oleh berupa makanan khas untuk diberikan kepada sanak saudaranya, hal ini sudah menjadi kebiasaan mereka bahkan hampir menjadi sebuah tradisi.

Bisnis oleh-oleh yang banyak diminati biasanya yang memiliki kemasan yang menarik dengan rasa yang lezat dan bervariasi. Tidak heran jika bisnis semacam ini tidak ada matinya dari dulu sampai sekarang.

7 Hal penting yang harus dipahami sebelum memulai usaha oleh-oleh khas daerah

Jika anda ingin sukses menajalankan bisnis ini, berikut ini kami berikan beberapa tips yang bermanfaat untuk anda terapkan.

1. Wajib memiliki ciri khas daerah

Membuka bisnis oleh-oleh adalah sama halnya dengan membuka lumbung rezeki bagi anda. Mengingat bisnis selalu eksis dari dulu sampai sekarang, walaupun pesaingnya tidak karuan banyaknya.

Ada hal penting yang perlu anda perhatikan dan tidak boleh dihilangkan ketika membuka bisnis ini adalah jangan membuang ciri khas daerah tersebut.

Suatu makanan akan dibilang unik jika memang apa yang menjadi signature dari makanan tersebut tetap dipertahankan dijadikan sebagai kelebihan dari produk tersebut. Cobalah untuk mulai mencari tahu ciri khas dari daerah tersebut.

2. Menyematkan sedikit sentuhan modern

Makanan tradisional bukan berarti selalu terlihat klasik, anda bisa memberikan sentuhan modern untuk menambah kualitas tampilan dari makanan anda.

Bisnis makanan tradisional tidak selamanya harus kuno, melainkan dengan memberikan beberapa modifikasi kepada makanan tersebut maka anda bisa meningkatkan nilai jualnya.

Misalnya saja dengan memberikan varian rasa yang sesuai dengan lidah anak jaman sekarang, kemasan yang menarik dan lain sebagainya.

3. Mempersiapkan kebutuhan modal usaha

Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya modal. Modal tidak selalu dalam bentuk materi melainkan yang non materi pun juga perlu anda persiapkan.

Kekurangan uang memang akan menghambat jalannya suatu usaha namun tidak menutup kemungkinan jika memang secara mental anda yakin untuk menjalankannya bukan tidak mungkin bisnis yang anda harapkan akan terwujud. Jadi kedua faktor ini harus seimbang demi bisa mewujudkannya.

Simak juga ulasan terkait mengenai 5 macam kredit pinjaman modal usaha dari bank mandiri serta artikel menarik lainnya tentang tips mengelola uang pinjaman modal usaha dari bank.

4. Menjalin kerja sama dengan perusahaan travel

Salah satu strategi marketing yang perlu anda terapkan untuk meningkatkan jumlah konsumen anda adalah dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan travel.

Dengan begini maka mereka akan mengarahkan para wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh ke tempat anda.

Sehingga sama halnya ketika mereka mendapatkan wisatawan pasti anda akan mendapatkan banyak pelanggan. Dan tentunya tempat usaha anda akan selalu ramai dikunjungi.

5. Mengendorse seseorang yang terkenal di sosial media

Selain dengan bekerjasama dengan pihak tour and travel, anda juga bisa melakukan kerjasama dengan para figure terkemuka.

Anda bisa mengendorse mereka untuk mengiklankan produk anda. Cara ini terbilang cukup ampuh digunakan untuk meningkatkan penjualan, karena umumnya figure figure tersebut memiliki banyak penggemar dan tanpa diminta pun ketika melihat idolanya menggunakan sebuah produk pasti mereka akan ikut membelinya.

Namun yang perlu anda persiapkan untuk melakukan cara ini adalah biaya yang besar, usahakan jangan sampai membuat anggaran anda membengkak namun tidak memberikan impact yang baik.

Simak tips tentang strategi marketing menarik pelanggan untuk bisnis kuliner serta ulasan terkait mengenai strategi membuka usaha cafe dengan modal kecil.

6. Berkonsultasi dengan pakar

Bila anda masih memiliki keraguan akan beberapa hal dalam usaha ini cara yang bisa anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan ahlinya.

Anda bisa menanyakan berbagai hal terkait usaha untuk meningkatkan penjualan anda nantinya. Orang yang anda mintai pendapatnya tersebut pasti akan memberikan berbagai solusi dan ide ide menarik bagi bisnis anda seperti branding, packaging, logo dan konsep branding manajemen untuk usaha anda.

7. Pemilihan lokasi dan pelayanan

Pemilihan lokasi usaha merupakan hal penting sebelum membuka sebuah bisnis, karena dari faktor inilah kesuksesan usaha anda akan ditentukan.

Sebuah bisnis yang lokasinya sulit untuk diakses pastinya akan membuat calon konsumennya malas untuk berkunjung.

Usahakan pilihlah lokasi yang strategis dan mudah untuk diakses sehingga konsumen tidak akan kesulitan untuk menjangkaunya, sediakan pula lahan parkir, karena biasanya usaha yang tidak menyediakan fasilitas ini akan membuat calon konsumennya urung untuk datang.

Dan yang tak kalah pentingnya lagi adalah bersikaplah ramah kepada setiap konsumen yang datang berikan sapaan dan senyuman hangat bagi mereka guna mempengaruhi psikologis mereka.

Itu tadi beberapa tips dalam menjalankan bisnis oleh-oleh. Dengan menerapakan ketujuh tips yang kami berikan di atas maka usaha anda akan lebih mudah untuk berkembang.

Namun hal ini tentunya juga terkait dengan manajemen keuangan yang baik. Karena proses manajemen yang baik tentunya akan membantu usaha anda semakin maju.

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.