Peluang usaha menjanjikan saat ramadhan dan lebaran

Usaha Sampingan Paling Laris dan Menguntungkan Menjelang Lebaran

By: Egy arisandi

Bisnis serta usaha sampingan yang paling laris dan menguntungkan saat menjelang lebaran merupakan salah satu moment musiman yang setiap tahunnya tidak pernah luput menjadi lahan mencari penghasilan selama bulan ramadhan.

Apabila kita membicarakan tentang  kebutuhan, budaya konsumtif adalah hal yang pertamakali terlintas difikiran kita. Kenyataannya, dalam usaha memenuhi kebutuhan manusia mengkonsumsi barang dan jasa pada hampir segala aspeknya.

Meskipun begitu, kita haruslah menyesuaikan dengan pendapatan kita agar tidak timpang. Ada juga fenomena dimana anda melihat ia memenuhi kebutuhan berdasarkan apa yang sedang menjadi trend, kan?

Ada suatu cara yang bisa dilakukan untuk meraup keuntungan lebih dalam persaingan bisnis dengan memanfaatkan momentum penting tertentu.

Momentum penting inilah yang melatarbelakangi munculnya usaha dadakan. Usaha dadakan ialah usaha yang dilakukan oleh pencari peluang bisnis dan usaha untuk mendapatkan manfaat terhadap kejadian atau momen penting yang jarang terjadi.

Salah satu momentum penting yakni saat lebaran atau hari raya Idul Fitri. Mengingat lebaran Idul Fitri hanya terjadi satu kali dalam setahun dan merupakan momen penting bagi umat Islam, ia menjadi ladang yang subur untuk para pencari peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Hari Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi orang Islam yang sudah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Orang-orang akan berbondong-bondong membeli barang baru untuk menyambutnya. Barang-barang seperti baju baru menjadi hal lumrah dicari saat lebaran. Sebenarnya tidak hanya pada saat lebarannya, peluangnya terdapat pula pada bulan puasa untuk kita manfaatkan agar memiliki keuntungan lebih.

4 Peluang usaha musiman paling menjanjikan saat memasuki bulan ramadhan dan menyambut lebaran

Beberapa dibawah ini adalah ide usaha dadakan dalam bulan puasa dan untuk menyambut lebaran:

1. Jualan pakaian – Khususnya busana muslim dan perlengkapan ibadah

Bisnis fashion baju muslim

Usaha menjual pakaian saat menjelang hari raya bisa dibilang menjadi bisnis yang amat menjanjikan. Mengapa demikian? Anda bisa mengamati bahwa kebutuhan punya baju baru sebelum lebaran, sehingga ada konsumsi besar-besaran terhadap baju.

Kebutuhan mode pakaian yang beranekaragam ditambahnya perubahaan mode setiap tahun akan menambah peluang bisnis ini lebih menjanjikan lagi.

Berjualan pelengkap atau aksesoris pakaian juga tidak kalah ramai dicari saat menjelang lebaran juga bisa menjadi peluang usaha sampingan lainnya.

Pelengkap pakaian seperti jilbab, sepatu, sandal, dan aksesoris lainnya bisa memberikan anda keuntungan yang menjanjikan.

Bahkan saat menjelang hari raya para pedagang bisa menaikkan harga hingga dua kali lipat dan tetap laku keras. Anda bisa melengkapi toko anda akan pakaian serta pernak pernik pelengkapnya. Semakin lengkap toko anda, semakin menarik bukan?

Simak selengkapnya tentang ide usaha dan bisnis paling cocok untuk wanita muslimah serta ulasan menarik lainnya mengenai usaha dagang paling laku dan laris sepanjang waktu.

2. Suguhan untuk lebaran – Kue kue dan parsel

Usaha menguntungkan musim lebaran

Saat lebaran, sanak saudara akan datang kerumah untuk bermaaf-maafan. Sudah menjadi tradisi pula diatas meja selalu ada suguhan makanan khas lebaran seperti nastar, lidah kucing, dan kue kering lainnya.

Banyak para pedagang yang awalnya tidak menekuni bidang ini menjadi beralih menjadi pedagang suguhan khas lebaran. Hal ini menjadi peluang yang amat bagus, melihat antusias masyarakat yang tinggi dalam menyambut lebaran.

3. Makanan Takjil – Hidangan saat menjelang buka puasa

Usaha musiman saat bulan puasa

Sebelum hari raya, kita terlebih dahulu melewati satu bulan penuh puasa. Kegiatan yang mana kita tidak boleh makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari ini tentusaja membuat moment buka puasa menjadi hal yang sangat dinantikan.

Saat buka puasa, orang biasanya menyantap takjil terlebih dahulu sebelum makan berat. Fakta tersebut menjadi peluang usaha dadakan bagi pedagang untuk menjual takjil dan segala serba-serbi untuk buka puasa.

4. Rent Car – Sewa kendaraan atau menawarkan paket perjalanan

Bisnis Menjanjikan saat musim lebaran

Anda pasti tahu bahwa lebaran identik dengan mudik. Hal ini bisa menjadi peluang bagi anda dibidang usaha jasa. Anda bisa membuka rental penyewaan mobil atau kendaraan lain. Atau anda bisa mengakomodasikan dengan jalan menawarkan paket perjalanan.

Terkadang orang lupa untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar ia butuhkan, menjadi memenuhi kebutuhan untuk sekadar sejajar atau setara dengan kebutuhan orang lain yang sedang trend.

Fenomena ini tentu saja menimbulkan efek positif dan negatif. Positifnya, kita bisa mengambil celah tesebut untuk memunculkan peluang bisnis. Tetapi perlu diingat bahwa tidak hanya anda yang melihat peluang bisnis, sehingga persaingan yang ada juga ketat. Anda perlu menjadi kreatif untuk memiliki inovasi pada usaha anda.

Simak juga ulasan menarik lainnya tentang stratgei cara meningkatkan keuntungan pada bisnis musiman serta artikel terkait mengenai memulai usaha yang paling potensial dengan modal 10 juta.

Itulah beberapa bisnis yang bisa dilakukan untuk menyambut lebaran dengan keuntungan yang menjanjikan. Semoga berhasil!

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.