Ide Peluang Bisnis dan Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

10+ Ide Usaha dan Bisnis Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan & Ibu Rumah Tangga

By: Egy arisandi

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga maupun karyawan dengan modal kecil tampaknya memang pilihan yang paling menjanjikan sebagai cara untuk menambah sumber pendapatan keluarga.

Pada umumnya masih banyak yang menganggap bahwa untuk menciptakan bisnis sampingan harus memiliki modal yang besar sehingga beberapa dari mereka ada yang memberanikan diri meminjam uang pada bank atau lembaga keuangan lainnya.

Sebenarnya ini sangat beresiko jika salah dalam mengelola pinjaman maka justru akan menjadi beban kedepannya.

Apabila sudah terlanjur, bukannya keuntungan yang akan diraih melainkan beragam masalah finansial bisa membelenggu anda, sehingga pada akhirnya usaha yang di rintispun berantakan dan gagal.

Beragam ide peluang bisnis dan usaha sampingan untuk karyawan dan ibu rumah tangga

Bagi yang memiliki modal kecil, berikut ini adalah 10 ide cemerlang untuk memulai usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan anggaran modal sekitar Rp 10 jutaan.

1. Menjalankan toko online tanpa modal

Belakangan ini popularitas toko online memang tengah booming dan masyarakat juga telah mulai terbiasa belanja secara online.

Lantas bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal apalagi membangun bisnis e-commerce tentunya memerlukan stok barang yang akan dijual pada konsumen.

Tidak perlu galau menghadapi hal ini karena ada salah satu bisnis online yang memang bisa dilakukan tanpa modal yaitu membangun toko online dengan sistem dropship.

Produk apa saja yang paling laris di jual secara online?

Sampai pada saat ini banyak sekali jenis barang yang sudah diperjual belikan secara dropship dan bisa dibilang paling laku diantaranya yaitu:

  • Produk kosmetik atau kecantikan
  • Busana dan aksesoris fashion
  • Produk obat herbal dan suplemen
  • Barang eletronika dll

Cukup dengan modal gadget yang bisa digunakan untuk akses jaringan internet serta memanfaatkan beragam fitur akun sosial media maka anda sudah bisa memulai bisnis sampingan yang satu ini.

Hal yang paling utama ialah anda harus bisa menemukan supplier yang terpercaya untuk menjadi pemasok produk yang akan anda jual dan tidak pernah mengecewakan konsumen.

Jika anda tidak bisa membuat toko online sendiri yang berbasis web, maka masih bisa menggunakan situs marketplace yang populer di Indonesia seperti BukaLapak dan Tokopedia.

Dengan menggunakan sistem toko online dropship anda juga tidak akan direpotkan oleh proses pengiriman barang kepada konsumen karena ini sudah menjadi tugas pihak supplier.

2. Membuka usaha bimbingan belajar

Peluang usaha bimbingan belajar ini memiliki potensi menjanjikan dan profit keuntungan yang lumayan besar.

Menjamurnya tempat bimbingan belajar seperti Primagama, Tridaya, Ganesha Operation, Sony Sugema College, dan lain sebagainya membuat bisnis pada sektor lembaga pendidikan di negeri ini kian marak.

Kemudian di dukung dengan antusias para pelajar khususnya anak SD dan SMP yang mana mereka adalah konsumen prioritas karena mayoritas masih sangat membutuhkan tambahan jam belajar diluar sekolah.

Bagi anda yang memiliki modal terbatas, tentunya tidak harus membuka bisnis bimbel seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan lokasi rumah sendiri dan melengkapi semua sarana yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.

Rincian modal usaha bimbel

Untuk membuat estimasi perhitungan modal yang diperlukan, berikut ini adalah rincian beberapa perlengkapan yang harus di persiapkan:

  • Whiteboard 1 buah harga Rp 250 ribu
  • Spidol whiteboard dan penghapus harga Rp 40 ribu
  • Kursi sebanyak 10 buah. Harga 1 unit kursi Rp 400 ribu. Total biaya untuk membeli kursi kursus sebanyak 10 unit adalah Rp 4 juta
  • Buku modul pelajaran Rp 200 ribu
  • Biaya listrik dan telepon bulanan Rp 60 ribu
  • Biaya fotocopy soal dan promosi Rp 40 ribu
  • Gaji karyawan Rp 400 ribu. Sistem gaji yang diberikan biasanya menggunakan sistem bagi hasil. Semakin banyak murid maka semakin besar penghasilan yang didapatkan seorang pegawai atau tenaga pengajar yang anda rekrut.

Jadi total kebutuhan modal yang harus disediakan untuk memulai bisnis bimbel ini hanya kisaran Rp 5 juta.

Menentukan besarnya tarif peserta bimbingan belajar

Strategi untuk menarik konsumen pertama dan mendapatkan pelanggan dari anak sekolah anda sebaiknya membuat harga diskon agar bisa memenangkan persaingan.

Perkiraan saja untuk harga bimbingan belajar sebesar Rp 150 ribu perbulan dengan pertemuan 3 jam x 4 hari kerja, dengan demikian sudah jelas profit yang akan anda terima.

Dengan merekrut tenaga pengajar yang terpercaya maka usaha sampingan ini tentunya akan berjalan dengan baik dan tidak terlalu mengacaukan jadwal kerja utama anda.

Tips mengelola bisnis sampingan di luar jam kerja utama

Memang tidak mudah menjalankan dan mengelola usaha lain sambil anda menjalani profesi sebagai seorang karyawan.

Sebab akan ada dua hal yang harus anda pikirkan dengan manajemen terpisah kemudian tenaga serta waktu extra yang harus di curahkan sementara perusahaan tempat anda bekerja memiliki regulasi yang cukup ketat sehingga anda tetap harus professional dalam bekerja.

Jadi untuk menyiasati waktu, tenaga dan pikiran supaya tetap bisa melaksanakan pekerjaan sampingan tanpa mengangu aktifitas utama ialah dengan cara sebagai berikut.

  • Pilih usaha yang simple – Setelah energi yang anda miliki terkuras di perusahaan, maka jangan ambil resiko dengan memilih bisnis sampingan yang terlalu berat.
  • Jadikan waktu lebih efisien – Dengan bekerja dan menjalankan usaha sampingan, ini berarti anda harus siap memiliki kemampuan lebih dalam memanfaatkan waktu yang terbatas dengan sebaik-baiknya.

Buatlah skala prioritas supaya anda dapat memanajemen atau mengatur apa saja yang seharusnya anda kerjakan dan mampu memberikan hasil maksimal.

  • Pengelolaan keuangan terpisah – Jangan pernah mencampur penghasilan atau gaji utama dengan hasil bisnis sampingan karena akan berpotensi mengacaukan manajemen dan pengembangan usaha kedepannya.
  • Rekrut pekerja – Cara paling bijak dalam membangun bisnis sampingan apabila anda masih seorang karyawan adalah dengan merekrut asisten yang dapat melayani konsumen ketika anda masih bekerja.

Berikan asisten anda kepercayaan dan beberapa wewenang yang cukup aman supaya ia dapat lebih bertanggung jawab dan semakin bisa di andalkan.

Sebelum anda bisa meninggalkan pekerjaan utama, maka anda akan terus memiliki keterbatasan waktu dan tenaga untuk menjalani dua profesi sekaligus meskipun yang satu hanyalah pekerjaan sampingan.

Anda sudah semestinya perlu mencari strategi yang efektif untuk mendapatkan sumber daya dan dukungan dengan cara membangun jaringan dengan pelaku bisnis lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.