Cara agar bisa cepat menabung

Cara Kreatif Menabung: Solusi Jitu Bagi Yang Sulit Untuk Menyimpan Uang

By: Egy arisandi

Menabung adalah kegiatan yang menyenangkan, selama kita selalu termotivasi dalam mengerjakannya. Sudah sangat banyak artikel yang membahas tentang pentingnya menabung sejak dini. Selain memiliki uang yang cukup dimasadepan untuk sesuatu yang sifatnya darurat, menabung juga memungkinkan kita memiliki apa yang ingin kita beli sejak lama.

Tetapi, cara menabung yang seperti pada umumnya terkadang membuat kita bosan atau tidak lagi bersemangat. Daripada begitu, mengapa tidak mencoba cara menabung yang lebih kreatif? berikut adalah beberapa cara menabung yang unik!

1. Menabung dengan satu jenis uang tertentu

Cara Supaya Bisa Konsisten dan Termotivasi untuk Menabung

Misalnya, anda menetapkan akan menabung uang pecahan duapuluhribu-an, maka setiap anda melihat nominal tersebut didompet anda, uang tersebut tidak lagi milik anda dan anda wajib memasukkan uang tersebut pada celengan anda.

Atau, anda menetapkan menabung uang recehan, yang mana artinya setiap anda memiliki recehan, maka uang tersebut sudah otomatis masuk ke tabungan anda.

Cara ini dinilai cukup efektif dan dirasa tidak memberatkan. Dibandingkan anda harus menyisihkan uang dengan jumlah tertentu, akan dirasa lebih ringan apabila anda tidak diperbolehkan menyimpan satu nominal tertentu. Tertarik untuk mencoba?

2. Membuat kotak kado bertuliskan “Kado untuk saya” dan mengisinya dengan uang hingga penuh

Tips hemat untuk mahasiswa

Cara kedua ini menarik anda coba untuk menghadiahi anda di hari ulangtahun anda. Daripada menunggu orang lain untuk memberikan anda hadiah yang anda ingin, mengapa tidak anda coba untuk memberi hadiah terhadap diri anda sendiri? anda bisa menabungkan uang anda setahun penuh dan membukanya di hari ulang tahun anda.

Apabila anda tekun menabungkan uang anda, tentu nantinya anda akan merasa bahagia di hari spesial anda, bukan? pekara nanti uang yang anda kumpulkan akan anda tabungkan kembali atau anda memilih untuk membelikannya barang yang anda ingin atau tiket liburan yang ingin anda datangi, yang jelas pada hari ulang tahun anda akan terkejut tentang berapa banyak uang yang anda kumpulkan dalam satu tahun.

3. Menabung uang sebagai “hukuman” atau “hadiah” tentang kebiasaan yang ingin anda ubah

Cara ini sangatlah dianjurkan untuk anda yang selain ingin menabung, juga ingin mengubah kebiasaan buruk anda dan juga ingin menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam konsep menabung ini, anda harus menyetorkan sejumlah uang pada buku tabungan atau celengan anda sebagai bentuk reward atau punishment terhadap aturan yang telah anda tetapkan.

Misalnya, setiap anda berbohong, anda menghukum diri anda dengan menyerahkan uang sebanyak 50.000 ke rekening anda, dan apabila anda telah jujur, anda menyerahkan uang sebesar 10.000 terhadap rekening anda.

Dengan begini, anda akan lebih berhati-hati dan pelan-pelan ikut merubah kebiasaan buruk yang anda miliki. Misalnya kebiasaan buruk anda belum berkurang, setidaknya rekening anda jadi menggendut, kan?

Baca juga ulasan mengenai utung dan rugi menabung uang di bank serta tips tentang supaya bisa konsisten dan termotivasi untuk menabung

4. Menabung di tempat yang benar-benar tidak dapat anda akses/jangkau

Tahukah anda bahwa orang jaman dahulu sempat menabungkan uangnya di bambu yang terletak di kandang ayam? Atau di bagian bawah rumahnya yang terbuat dari semen? itu semua semata-mata agar para penabungnya tidak tergoda dan tidak bisa mengakses terhadap uang yang ditabungkannya.

Anda tidak harus menabung di bambu kandang ayam ataupun bagian bawah rumah yang di cor dengan semen, tetapi setidaknya anda bisa mengambil ide garis besarnya. Anda sebaiknya menabung ditempat yang benar-benar tidak bisa anda akses, yang mana apabila anda ambil maka akan merugikan diri anda sendiri.

Cara ini efektif bagi anda yang selalu tergoda mengambil uang tabunga anda, atau bagi anda yang tidak bisa menahan diri untuk tetap menabung sesuai target waktu yang anda inginkan sendiri.

Anda bisa menabungnya disuatu brankas yang kuncinya anda titipkan ke orang dan mintalah orang tersebut tidak memberikan kunci tersebut kepada anda sampai waktu yang telah ditentukan.

Atau anda bisa meletakkannya pada sebuah box besi dengan gembok yang besar, lalu anda buang kunci gembok tersebut. Dengan begitu, anda akan berfikir berkali-kali sebelum akhirnya menghancurkan segel box besi tersebut.

Itulah beberapa contoh kreatif untuk melakukan kegiatan menabung. Dengan begitu, kegiatan menabung bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Sebenarnya, cara cara yang ada tidak hanya terbatas terhadap apa yang telah dituliskan. Apakah anda punya versi menabung secara kreatif versi anda sendiri?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.