Strategi mendapatkan calon pelanggan loyal

6 Tips Cerdas Cara Untuk Mendapatkan Pelanggan yang Loyal Dengan Mudah

By: Egy arisandi

“Pembeli adalah raja” tentu pepatah ini tak lagi asing bagi kita. Kita sebagai pelaku usaha, bagaimanapun membutuhkan pembeli atau pelanggan untuk membeli produk kita. Tanpa adanya pembeli, maka mustahil usaha kita akan memperoleh profit.

Sebenarnya, menjual apapun di negara Indonesia ini tergolong mudah. Banyak orang yang bahkan mengatakan bahwa berjualan apapun di Indonesia pasti laku.

Ketika suatu bisnis baru saja berdiri, untuk menggaet pembeli bukanlah hal yang susah. Yang menjadi kendala adalah bagaimana cara untuk mempertahankan pelanggan, atau dalam tingkatan yang lebih tinggi, mendapatkan pelanggan yang loyal.

Faktanya, banyak faktor yang kemudian menyebabkan pelanggan amat loyal dengan suatu penjual meskipun terdapat berbagai macam penjual sejenis. Lalu apa rahasianya?

Strategi mendapatkan calon pelanggan yang loyal untuk produk anda

Berikut akan diulaskan dalam artikel bagaimana membuat pelanggan akhirnya setia atau loyal terhadap bisnis anda. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Usaha dagang paling laris cepat laku dan menguntungkan saat ini

Anda perlu ingat, yang membuat pelanggan terus menerus mau melakukan pembelian ulang bukan hanya terbatas karena kualitas produk yang anda tawarkan, tetapi juga tentang pelayanan terbaik yang anda berikan.

Bagaimana bentuk layanan terbaik itu? Bisa dengan melayani pembeli atau pelanggan dengan ramah dan sopan, dengan menyediakan kemudahan akses pelanggan untuk mendapatkan informasi layanan 24 jam, dengan mendengarkan serta mampu memberikan solusi atas keluhan yang diberikan oleh pelanggan.

Kepuasan pelanggan atas pelayanan yang anda berikan membuatnya nyaman untuk kembali dan melakukan pembelian ulang atas produk anda.

2. Menghadapinya dengan Transparan

Masalah dalam bisnis memang selalu ada, karena bisnis sendiri adalah sesuatu yang dinamis. Yang perlu anda lakukan agar mendapatkan pelanggan yang loyal adalah terbuka dan transparan terhadap suatu permasalahan atau hal yang ada yang mana terkait kepuasan pembeli.

Misalnya, suatu saat bisnis anda mengalami kehabisan stok, maka anda dapat menyampaikannya dengan terbuka dan transparan.

Atau mungkin, anda tidak bisa memberikan pelayanan maksimal karena internet sedang trouble, maka sampaikanlah hal tersebut apa adanya. Memberi tahu dengan transparan menyebabkan kepercayaan kosnumen pada usaha anda akan semakin tinggi.

3. Tidak Mengabaikan Pelanggan Lama

Menjalankan bisnis rumahan dengan omzet besar

Alih-alih ingin meningkatkan pembeli dengan cara menggaet banyak pembeli baru dan melupakan pelanggan lama, kita malah kehilangan pelanggan setia kita.

Itulah mengapa kita sebagai pelaku bisnis seharusnya tidak pernah mengabaikan pelanggan meskipun orang tersebut adalah yang tergolong pelanggan lama.

Untuk mengatasi hal ini, anda sebaiknya memberikan pelayanan yang sama baik itu untuk pelanggan lama maupun pelanggan baru.

4. Mengakui Kesalahan Apabila Hal Tersebut Terjadi

Bisnis dan usaha dagang di bidang fashion

Terkadang kecelakaan atau kesalahan kerja tidak dapat dihindarkan. Misalnya, terdapat ulat yang ikut termasak pada sayuran di restaurant anda, memberikan barang yang rusak atau cacat kepada pelanggan, dan sebagainya.

Apabila terjadi kesalahan yang mana memang murni kesalahan atau kecelakaan kerja, sebaiknya mengaikuinya dengan gentle daripada berdebat dengan konsumen bahwa hal tersebut tidak benar adanya.

Dengan mengakui kesalahan, maka kita telah menunjukkan respect terhadap pembeli. Ucapkan perminataan maaf atas kesalahan yang sudah ada sehingga pelanggan juga merasa dihormati. Jangan lupa untuk mengganti produk apabila terjadi kesalahan sehingga pelanggan akan tetap merasa puas.

5. Konsisten dan Menepati Janji

Konsisten adalah langkah yang tepat untuk menggaet konsumen royal. Sikap konsisten bisa ditunjukkan dengan jam buka usaha anda yang tidak berubah, atau terkait produk yang anda tawarkan. Selain itu, usahakan anda selalu menepati janji yang dibuat oleh perusahaan anda.

Misalnya, barang akan dikirim paling lambat dalam 24 jam. Apabila anda tidak melakukan hal tersebut, maka anda harus meminta maaf dan mengusahakan hal semacam itu tidak akan pernah terjadi kembali. Itulah wujud menepati janji serta berlaku konsisten.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara membangun kepercayaan konsumen menurut para ahli serta artikel menarik lainnya tentang tips marketing bisnis kuliner untuk menarik konsumen baru

6. Memberikan Reward bagi Konsumen Yang Loyal

Ketika terdapat kata pemberian reward, anda tidak perlu pusing memikirkan bahwa anda harus memberikan hadiah yang cukup merogoh kocek.

Cukup memberikan tambahan minuman untuk pembeli setia anda, memberikan pernak pernik kecil, atau sekedar membiarkan pelanggan tidak perlu membayar sebanyak harga yang sesuai dengan harga asli sudah cukup merupakan reward bagi konsumen anda yang loyal.

Apabila hal tersebut dilakukan, pelanggan akan semakin senang untuk menggunakan layanan atau membeli produk anda.

Itulah beberapa tips bagi anda untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Dengan banyaknya pelanggan yang loyal, maka penjualan anda akan semakin naik dan citra usaha anda semakin bagus karena dengan memiliki pelanggan yang loyal menunjukkan kualitas bagi usaha anda yang semakin bagus.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.