Makalah diferensiasi produk dan kendala hambatan melakukannya

Diferensiasi Produk: Manfaat, dan Hambatan Beserta Kendala Melakukannya

By: Egy arisandi

Dalam berbisnis tentunya harus ada produk yang akan dipasarkan. Dan sebuah produk yang ingin laku dipasaran harus memiliki ciri khusus yang membedakan dengan produk yang lain.

Inilah yang disebut dengan diferensiasi. Hal ini memang penting untuk dilakukan supaya usaha anda mampu memenangkan persaingan usaha dengan para pebisnis yang lain.

Dengan adanya pembeda pada produk anda tentu masyarakat akan lebih mudah mengenali usaha anda. Diferensiasi produk tentu akan membawa kesuksesan besar bagi anda jika strateginya tepat.

Mengapa perlu strategi? Tentu saja semua hal dalam berbisnis perlu adanya strategi khusus, begitu juga dalam penentuan produknya.

Kualitas produk merupakan hal yang krusial dalam berbisnis. Karena produk yang baik dan bermutu tinggi tentu akan sangat diminati oleh masyarakat.

Bukan hanya itu saja, biasanya masayarakat lebih suka pada produk produk dengan kemasan ataupun varian yang berbeda dari pada yang lain.

Namun perlu anda tahu bahwa kegiatan diferensiasi produk ini tidak selamanya berjalan mulus. Sebelum anda benar benar memproduksinya secara massal akan lebih baik jika anda melakukan pengujian terhadap minat masyarakat.

Bila dalam tahap pengujian tersebut anda mendapatkan prospek yang cukup menjanjikan maka bisa dipastikan produk anda berhasil.

Anda bisa langsung melakukan eksekusi dengan memproduksinya dalam jumlah yang banyak. Tentunya anda berharap bukan jika produk yang telah anda modifikasi tersebut mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

Manfaat utama melakukan diferensiasi produk

Tidak hanya bagus untuk dilihat saja melainkan mampu memberikan nilai ekonomis tersendiri dari segi penampilannya. Untuk itu berikut ini kami berikan beberapa manfaat dari adanya diferensiasi produk. Simak ulasannya.

1. Produk Lebih Mudah Diingat

Membuat brand atau merek dan identitas produk

Umumnya produk produk yang telah melalui tahap diferensiasi memiliki daya tarik tersendiri dan ciri khas yang membedakannya dengan produk lain.

Ketertarikan konsumen terhadap produk anda tentu secara psikologis akan mempengaruhi mereka untuk segera membelinya. Bukan itu saja produk yang memiliki signature, tentu akan mudah diingat oleh masyarakat. Sehingga dengan sekali melihat saja orang orang akan langsung tahu itu produk siapa.

2. Produk Menjadi LebihUnggul

Manfaat lain yang juga anda dapatkan ketika melakukan diferensiasi produk adalah menambah nilai dari produk tersebut.

Sehingga di mata konsumen produk anda jauh lebih unggul ketimbang produk produk lain yang sejenis. Keunggulan ini bisa dilihat dari berbagai aspek misalnya saja kemasan, rasa, khasiat, dan harga.

Biasanya produk produk yang dari segi tampilan saja sudah menarik akan lebih menggugah minat masyarakat untuk membelinya.

Strategi diferensiasi ini memang merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu usaha. Namun bila dalam prakteknya anda tidak memperhatikan pasar yang ada, maka tentu hasil yang sebaliknyalah yang akan anda dapatkan.

Simak juga ulasan menarik tentang tips membuat merek atau label kemasan produk yang berkualitas serta info terkait mengenai perbedaan identitas produk dan pengertian brand menurut ahli.

3. Harga Jual Produk Akan Lebih Tinggi

Selain memiliki nilai yang lebih unggul produk dengan diferensiasi tentu akan menambah nilai jualnya. Hal ini tentunya dikarenakan dari perilaku masyarakat yang lebih suka memburu produk yang memiliki keunikan khusus dan tidak ada penyamanya.

Inilah yang akhirnya membuat produk anda menjadi limited edition. Dengan begitu maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Bandigkan saja dengan produk sejenis yang tidak memiliki ciri khusus di dalamnya. Di pasaran pun lama kelamaan akan mengalami penurunan konsumen dan harganya akan jatuh.

Bahkan untuk beberapa pelanggan produk yang unik akan mereka dapatkan dengan harga berapapun. Biasanya orang yang sudah sampai pada batas ini sudah tidak lagi memikirkan harganya melainkan nilai estetika nya yang ingin ia dapatkan.

4. Mengatasi Kejenuhan Pasar

Produk yang hanya itu itu saja tentu akan membuat konsumen merasa jenuh dan semakin lama konsumen akan meninggalkan produk tersebut dan beralih ke produk yang lain yang jauh lebih menarik.

Untuk menghindari hal semacam ini, sebagai produsen yang cerdas anda perlu melakukan diferensiasi produk guna meningkatkan penjualan.

Munculnya produk dengan tampilan yang baru tentu akan menggugah selera masyarakat kembali untuk melakukan pembelian. Sehingga strategi seperti ini patut untuk anda terapkan.

5. Terciptanya Product Image

Setelah produk tersebut membuat masyarakat selalu ingat pada bisnis anda tentunya hal ini akan membawa dampak positif, yakni dengan munculnya product image.

Di mana tanpa perlu anda melakukan promosi besar besaran melalui berbagai media anda sudah memiliki citra tersendiri dari produk yang anda hasilkan.

Produk anda bisa dikenal banyak orang, sehinggaa membuat nilai jualnya semakin bertambah. Namun yang perlu anda ingat dari diferensiasi produk ini adalah jangan membuat produk anda terlalu over.

Karena sesuatu yang berlebihan tentu saja akan menimbulkan konflik di masyarakat sehingga akibatnya produk anda menjadi tidak dipercaya lagi. Hal hal semacam ini perlu anda hindari jika tidak ingin produk anda tidak laku lagi.

Itu tadi beberapa informasi mengenai manfaat dari dilakukannya diferensiasi produk. Untuk mendapatkan diferensiasi produk memang membutuhkan waktu.

Anda perlu melakukan survey pasar dan mencari banyak alternative sebagai pertimbangan. Diferensiasi produk bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, meningat produk produk lain yang juga telah melakukan fase tersebut ternyata tidak mendapatkan apa yang mereka targetkan.

Ini tentunya suatu yang mengecewakan dan tidak ingin anda alami. Oleh sebab itu gunakanlah strategi yang tepat dalam prakteknya. Semoga berhasil…..

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.