Bisnis franchise usaha waralaba paling laris dan laku di indonesia

12 Macam Usaha Franchise (Waralaba) Makanan Yang Paling Laris dan Populer Saat Ini

By: Egy arisandi

Usaha dan bisnis franchise makanan atau waralaba kuliner yang paling laku dan laris saat ini bahkan sudah cukup populer di masyarakat telah menjadikan salah satu peluang baru sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi negeri ini.

Makanan memang tidak aka nada habis-habisnya jika diperbincangkan apalagi bagi anda penggemar kuliner tertentu.

Di bawah ini ada beberapa pilihan usaha franchise makanan terlaris yang akan disajikan, siapa tahu salah satunya adalah favorit anda.

Banyak keuntungan dengan membuka usaha ini karena selain tidak perlu repot mengurusi promosi, menakar setiap bumbu agar selalu sama rasanya setiap hari, merekrut karyawan yang sudah handal, juga banyak manfaat lain yang bisa anda rasakan sebagai pengusaha usaha franchise.

Usaha bisnis franchise makanan (waralaba kuliner) yang sudah populer di masyarakat

Beberapa usaha franchises atau waralaba kuliner yang bisa dijadikan pilihan dan referensi memulai usaha dagang yang sangat menguntungkan:

1. Sop Durian DURIO – Modal kemitraan sekitar Rp 15 juta

Siapa sangka ternyata buah durian pun juga bisa disupal menjadi makanan berupa sop durian. Dulunya sop durian sudah diperkenalkan dengan penjualan menggunakan gerobak keliling maupun parkir di salah satu tempat.

Karena produknya yang belum banyak dikenal jadi hanya laku sebanyak beberapa porsi saja. Namun, karena keahlian tertentu yang dimiliki oleh pemilik franchise Sop Durian Durio makanan ini menjadi makanan yang disajikan dengan toping dan rasa yang dibuat lebih menarik sehingga banyak orang yang sudah mulai mengenal dan menjadi penggemar dari makanan yang berbahan dasar durian ini.

Untuk saat ini sudah ada 200 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi anda yang suka dengan buah durian dan mau menjadikan sebuah peluang usaha, anda hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp 15 juta untuk bergabung dan menikmati keuntungan dari franchise ini.

2. Kebab Turki  Baba Rafi – Franchise yang sudah mendunia

Kebab turki yang sudah mulai berdiri sejak tahun 2003 dan tahun 2009 sudah memutuskan untuk Go International karena banyaknya penggemar dari kuliner ini.

Jenis makanan ini merupakan makanan yang berasal dari negeri Timur Tengah jadi asalnya bukan dari Indonesia.

Banyak sekali penghargaan yang sudah diterima dari franchises Kebab Turki Baba Rafi dari dalam maupun dari luar negeri.

Rasa dari kebab ini pun juga sangat lezat dengan dagingnya yang tidak ada bau amis serta sangat renyah dipadu padankan dengan sayur dan mayonnaise sangat bisa membuat kenyang perut anda yang lapar.

Jajanan satu ini sudah banyak diperdagangkan dan bisa ditemukan dimanapun karena sampai saat ini sudah ada 1300 cabang di seluruh Indonesia dan 9 negara di dunia.

3. Bakso Alex – Peraih penghargaan Asosiasi Franchise Indonesia

Bakso memang salah satu makanan favorit mulai dari anak-anak hingga orang tua. Karena rasa dagingnya yang begitu gurih belum lagi ditambah dengan berbagai varian isi didalamnya yang menambah selera makan mejadi bertambah tinggi.

Bakso biasa dilengkapi dengan sayuran, mie, pangsit, atau bahkan iga dll tergantung dari pengelola dalam menciptakan keunikan tersendiri dalam citarasanya.

Salah satu bakso yang masuk dalam bisnis waralaba ini adalah Bakso Alex yang sudah mendapatkan penghargaan beberapa kali dan salah satunya adalah dari Asosiasi Franchise Indonesia yang diraih pada bulan Januari 2017.

Mengapa bisa terpilih alasannya adalah rasa kuah kaldunya yang benar-benar nikmat meskipun warnanya bening tidak keruh seperti bakso yang lain.

Jika anda datang ke Kota Solo maka bisa anda jumpai bakso Alex yang pengunjungnya tidak pernah sepi dan selalu antri untuk bisa mendapatkan bangku agar bisa menikmati semangkok bakso yang lezat ini.

4. Jco Donuts & Coffe – Waralaba populer sampai ke negeri jiran

Siapa yang tidak suka menyantap donat di pagi hari dengan ditemani secangkir kopi hangat yang siap mengawali hari-hari anda.

Siapa sangka ternyata usaha ini bukan berasal dari negara asing namun ini adalah produk dari Indonesia sendiri pemiliknya adalah Johni Andrean yang memang sebelumnya sudah sangat terkenal dengan usaha salon yang sudah terkenal di seluruh negeri ini.

Makanan yang ia dirikan ini sudah masuk ke dalam daftar franchise paling laris dan popular serta sudah memiliki banyak cabang di negara lain seperti di Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Tidak hanya donut saja yang disajikan tetapi dilengkapi dengan minuman hangat seperti teh, kopi, coklat, disertai juga dengan pastry, kue, yoghurt serta camilan lainnya yang tentu akan semakin menambah laris gerai ini.

5. Tahu Jeletot – Modal kemitraan hanya Rp 3 jutaan

Tahu merupakan makanan khas yang berasal dari Indonesia dengan bahan baku dari kedelai. Ternyata tahu tidak hanya digoreng saja atau hanya diisi dengan sayuran seperti yang biasa anda temui.

Namun ada seorang yang sangat piawai dalam mengelola tahu sehingga ditemukannyalah resep dari Tahu Jeletot Taisi.

Kuliner ini pun juga sudah dijadikan sebagai usaha franchise dengan harga makanan yang ditawarkannya cukup terjangkau.

Usaha yang sudah dirintis sejak tahun 2012 ini sudah menjadi trend kuliner di kalangan masyarakat luas. Bagi anda yang tertarik untuk bisa membuka waralaba ini hanya cukup mengeluarkan modal sebesar Rp 3.000.000,- saja.

Jika lokasi berjualan anda strategis, diperkirakan hanya butuh waktu kurang lebih 1 (satu) bulan saja modal yang anda keluarkan sudah bisa kembali atau BEP (Break Event Point).

6. Sabana Fried Chicken – Modal kemitraan sekitar Rp 16 jutaan

Fried Chicken memang menjadi makanan yang terlaris dimana saja. Selayaknya KFC yang sudah menjadi merek franchise dunia, sementara di Indonesia ada Sabana yang masuk ke dalam daftar franchise makanan paling populer dan terlaris.

Usaha kuliner ayam goreng tepung ini bisa menjadi bisnis waralaba Anda jika menyetorkan modal mulai dari Rp16,7juta.

Meskipun telah ada KFC yang merupakan brand ayam goreng terlaris di dunia, namun usaha waralaba Sabana Fried Chiken pun juga tidak kalah larisnya karena selain harganya yang lebih terjangkau juga karena lokasi outlet yang tidak harus berada di kota besar.

7. Seblak Kang Dana – Kuliner khas yang kini terkenal

Seblak adalah makanan  khas yang berasal dari wilayah Jawa Barat dan saat ini sudah menjadi makanan kekinian yang ada di Indonesia.

Seblak ini merupakan makanan yang berbahan dasar kerupuk dan banyak yang digemari oleh masyarakat sehingga dibuatlah ide usaha franchise yang ternyata cukup menjanjikan.

Usaha ini sudah mulai didirikan sejak tahun 2015 yang lalu yang dikenal dengan waralaba Seblak Kang Dana. Modah yang harus anda investasikan apabila tertarik membuka usaha ini adalah Rp 5,5 juta saja.

Baca juga ulasan terkait mengenai strategi pemasaran bisnis kuliner untuk mendapatkan pelanggan serta artikel menarik lainnya tentang aneka jenis usaha kuliner yang paling menjanjikan.

8. Nasi Bakar Kusuka – Modal kemitraan sekitar Rp 7 juta

Kuliner nasi bakar ini sebenarnya adalah makanan tradisional yang di olah sedemikian rupa dengan bumbu-bumbu rempah serta dibungkus dengan daun pisang sehingga menambah cita rasa dan aroma yang semakin sedap.

Makanan ini di olah dengan cara dibakar di atas arang agar aroma serta rasa yang ditampilkan benar-benar menggugah selera.

Rasanya yang begitu legit dan lezat membaut siapapun yang makan menjadi ketagihan membuat usaha ini patut diperhitungkan dan dijadikan sebuah usaha waralaba paling menjanjikan.

Biaya yang dikeluarkan untuk bisa menjadi mitra usaha franchise ini cukup dengan anggaran modal sebesar Rp 7.500.000,- saja.

9. Lele Lela – Usaha kuliner berbahan dari ikan lele

Lele adalah salah satu jenis ikan yang rasanya sangat gurih dan dalam penyajiannya tidak membutuhkan banyak bumbu meskipun hanya digoreng disertai dengan sambal saja rasanya sudah begitu nikmat.

Bagi anda pecinta lele bisa membuka waralaba Lele Lela. Pendirinya bernama Rangga Umara dan sudah berhasil mendirikan 100 cabang di seluruh Indonesia.

Jika anda tahu bahwa awal pendiriannya sempat mengalami kendala yakni sempat mengalami bangkrut namun karena kegigihannya untuk bisa membangun kembali usaha ini.

Kuliner yang biasanya dikenal sebagai makanan lesehan kaki lima dan sering berada di pinggiran jalan, imagenya sekarang telah berubah menjadi makanan dengan konsep lebih modern.

10. Edam Burger – Dengan modal usaha waralaba Rp 3,5 juta

Burger adalah roti yang didalamnya berisi aging, potongan sayur serta berbagai saus yang menambah citarasa semakin menggoda.

Usaha yang disebut dengan Edam Burger yang didirikan oleh orang asli Bali bernama Made Ngurah Bagiana sejak tahun 1990 telah banyak mendapatkan pelanggan dan menjadi salah satu bisnis franchise paling laris saat ini.

Untuk bisa bergabung menjadi mitra waralaba dan membuka usaha ini cukup dengan berinvestasi sebesar Rp 3.500.000,-.

Konsep bisnis yang ditawarkan dari kuliner ini adalah perpaduan antara franchise dengan Bussines Opportunity dimana ini adalah merupakan inovasi terbaru dalam bisnis waralaba.

Dari beberapa usaha franchise yang sudah di ulas di atas apakah anda tertarik untuk memulainya? Termasuk sebagai jenis usaha dengan modal kecil yang menjanjikan, bisnis waralaba juga telah digadang menjadi peluang bisnis tahun 2018 yang sangat potensial dan menguntungkan untuk dikembangkan kedepannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.