Membangkitkan semangat kerja

Cara Mengatasi Kehilangan Motivasi Saat Bekerja & Tips Membangkitkan Semangat Kerja

By: Egy arisandi

Manusia adalah mahluk dinamis, maka dari itu wajar apabila mengalami kebosanan kehilangan semangat dan motivasi kerja karena kegiatan yang monoton setiap harinya.

Kehilangan motivasi dalam bekerja haruslah segera diatasi. Apabila demotivasi itu terus-terusan terjadi, kinerja pekerjaan kita akan semakin menurun dan tentunya akan mengancam karir kita kedepannya.

Tidak hanya itu, tidak segera mengatasi kehilangan motivasi ditempat kerja bisa menyebabkan depresi atau stress berkepanjangan.

Lalu bagaimana cara mengatasi kehilangan motivasi saat bekerja? cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Menyelingi pekerjaan dengan menonton video lucu

Apabila pekerjaan anda adalah tipikal pekerjaan yang mengharuskan anda menatap layar berjam-jam, maka wajar apabila akhirnya anda merasakan titik jenuh dan akhirnya berujung dengan kehilangan motivasi. Apabila memang diizinkan, sebaiknya anda menyelingi pekerjaan anda dengan cara menonton video-video lucu yang ada di instagram maupun youtube.

Menonton video yang tidak terlalu serius akan membuat pikiran anda fresh sehingga anda bisa terbebas dari rasa jenuh yang menghampiri anda.

Sebaiknya, anda telah memastikan bahwa menonton video ditengah-tengah pekerjaan adalah hal yang diperbolehkan dan tidak melanggar aturan. Apabila hal tersebut ternyata dilarang, anda sebaiknya mengkonsultasikan hal tersebut kepada atasan anda.

2. Mengambil Cuti untuk Liburan

Kehilangan motivasi yang anda rasakan bisa jadi akibat anda terlalu lama berkutat dengan pekerjaan yang sama dengan repetisi yang sama.

Anda bisa mensiasati dengan pergi berlibur sementara waktu dengan cara mengambil jatah cuti anda yang ada dikantor. Tidak harus hingga pergi ke luar negeri apabila tidak memungkinkan, tetapi anda bisa pergi misalnya ke luar kota yang dekat dari posisi anda berada.

Anda perlu menyegarka pikiran dan terbebas sementara waktu dari semua urusan yang ada di kantor. Biasanya, setelah anda memiliki pikiran dan badan fresh, anda akan mulai merindukan kantor dan akhirnya anda menemukan motivasi bekerja anda kembali.

Tidak perlu khawatir kekurangan tempat di Indonesia untuk berlibur. Anda bisa ke Bali, Jogja, Malang, Bandung, dan masih banyak lagi tempat yang bisa anda kunjungi untuk berlibur sejenak dari rutinitas.

3. Menetapkan tujuan kembali

Anda juga bisa kehilangan motivasi karena anda tidak ada lagi tujuan yang akan anda capai. Untuk itu, anda harus melakukan review kembali terhadap hidup anda apa yang selama ini ingin anda capai.

Misalnya, anda kerja kantoran untuk modal menikah, atau untuk mengumpulkan modal berbisnis dan usaha anda sendiri, atau mungkin anda sedang ingin membeli sebuah mobil sport terbaru dan sebagainya.

Apabila tujuan anda jelas, maka anda akan semangat untuk mencapai tujuan tersebut sehingga anda tidak akan kehilangan motivasi seperti sebelumnya.

4. Bersyukur

Tempat bekerja anda adalah zona nyaman bagi anda. Apalagi apabila anda bekerja di kantor. Zona nyaman yang anda rasakan kadang membuat anda lupa bahwa tidak semua orang bisa mencapai posisi yang anda miliki.

Dengan mengingat hal tersebut, anda akan mulai bersyukur dan menjadi termotivasi dan semakin berdedikasi pada pekerjaan yang anda miliki. Anda akan memahami bahwa untuk mencapai posisi serta tempat yang kini anda tempati bukanlah pekara mudah.

Mulailah melihat apa yang ada disekitar anda dan mulai berterimakasih pada hal hal kecil sekalipun, hal tersebut akan membantu anda untuk merasa bersyukur.

5. Menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga

“mens sana corpore sano” yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat merupakan benar adanya. Agar mental anda senantiasa berfikir positif dan anda tidak mudah depresi, anda harus memiliki pola hidup yang sehat dan juga rutin berolahraga.

Anda bisa memulainya dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau, tidur yang cukup, serta mulai rutin berolahraga misalnya lari keliling kompleks perumahaan saat weekend.

Apabila anda telah menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga, maka anda akan terhindarkan dari kehilangan motivasi, setres, depresi, dan gangguan lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan ketika anda mulai merasa kehilangan motivasi saat bekerja. Semoga anda akan mendapatkan kembali motivasi bekerja anda dan kembali menjalani aktifitas pekerjaan dengan normal dan bahagia! Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.