Membuat lamaran kerja yang belum memiliki pengalaman

Cara Membuat CV yang Berpeluang Diterima Meskipun Tanpa Pengalaman Kerja

By: Egy arisandi

Selama ini CV (curriculum vitae) yang menarik dianggap CV yang memiliki deretan pengalaman kerja yang banyak. Lalu bagaimana apabila posisinya kita baru pertama kali melamar pekerjaan?

Bagaimana apabila kita adalah seorang freshgraduate tanpa pengalaman pekerjaan sama sekali? Apakah itu artinya kita tidak dapat membuat CV yang menarik?

Bagi freshgraduate, hal ini terkadang meresahkan. Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan apabila masih minim pengalaman? Terkadang timbul ketidakpercayaan diri ketika akan mulai mengapply CV kesebuah perusahaan. Apabila anda meragukan hal yang demikian, sesungguhnya anda menemukan artikel yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara dalam membuat CV yang menarik perhatian HRD tempat anda melamar pekerjaan meskipun anda belum memiliki pengalaman kerja!

1. Menulis latar belakang pendidikan dengan rinci

Siasat pertama untuk membuat Curriculum Vitae anda menarik adalah dengan cara menulis riwayat pendidikan anda dengan rinci.

Tuliskan tahun lulus anda pada setiap jenjang dengan jelas dan juga nama institusi tempat anda mengenyam pendidikan. Akan menjadi nilai plus apabila universitas serta jurusan yang anda miliki adalah universitas ternama dan jurusan yang diminta sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda lamarkan.

2. Menuliskan semua prestasi yang pernah dicapai

Dengan menuliskan semua prestasi yang pernah anda capai, maka anda akan menapatkan poin plus. Ini berarti anda memiliki jiwa kompetisi yang baik serta memiliki kualitas lain seperti kualitas yang anda miliki pada lomba yang anda menangkan.

Selain itu, anda dapat juga menyertakan sertifikat penghargaan yang anda dapatkan misalnya sertifikat donor darah dan lain sebagainya. Secara tidak langsung hal tersebut memberikan gambaran karakter yang anda miliki, yakni berjiwa sosial tinggi.

3. Menuliskan pengalaman berogranisasi

Kunci meraih sukses bisnis dan wirausaha

Selanjutnya adalah jangan lupa menuliskan organisasi apa saja yang pernah anda ikuti. Bukti bahwa anda pernah berorganisasi membuktikan bahwa anda orang yang bisa diajak bekerjasama dan bisa berogranisasi.

Tentu ini menambah kepercayaan atasan atau HRD tempat anda melamar pekerjaan untuk memilih anda atau memanggil anda ke tahap interview.

Apasaja organisasi yang pernah anda ikuti atau mungkin kepanitiaan-kepanitiaan kecil, sebaiknya anda tuliskan saja. Akan lebih baik apabila disertai dengan sertifikat-sertifikat yang ada.

Orang yang minim pengalaman dalam berogranisasi tentu berbeda kualitasnya dengan orang yang banyak berogranisasi. Pastikan bahwa anda menuliskan pengalaman anda semuanya!

4. Menuliskan data diri secara unik

Profesi menjadi blogger muslimah

Langkah selanjutnya adalah menuliskan data diri yang anda miliki secara unik sehingga menarik perhatian dari HRD.

Anda mungkin bisa mengakalinya dengan menggunakan template template biodata yang menarik dan eye catching. Juga, sebaiknya dalam menuliskan data diri tidak hanya terbatas nama, tempat tanggal lahir, dan alamat saja! anda bisa menambahkan minat, bakat, kelemahan dan kelebihan yang mana bisa menjadi nilai plus bagi anda.

Jangan lupa menyertakan foto diri anda, bisa berupa pas foto ataupun full body. Foto anda tidak harus sangat kaku dan formal, tetapi usahakan tetap sopan dan layak untuk melamar pekerjaan. Tunjukan bahwa anda pribadi yang juga kreatif melalui data diri anda!

5. Simpel dan tidak bertele-tele

Ini adalah poin yang sangat perlu anda perhatikan. Anda boleh saja ingin memiliki CV yang lengkap. Tetapi, usahakan CV tersebut tidaklah rumit dan terkesan bertele-tele. Buatlah seringkas dan sesimpel mungkin, tetapi juga lengkap sehingga HRD tidak malas dalam membaca CV anda dan kemungkinan untuk mendapat panggilan otomatis lebih besar.

Simak beberapa ulasan terkait mengenai:

6. CV yang jujur dan apa adanya diri anda

Anda boleh saja menginginkan CV anda menarik. Tetapi yang perlu diingat, jangan sampai anda membuat-buat isinya yang ada didalamnya. Anda tidakboleh mengada-ada dalam menuliskan apa yang ada di CV anda.

Tulis saja seapaadanya fakta, tetapi kemaslah dengan yang apik dan menarik sehingga tetap menarik perhatian HRD.

Akhir kata, meskipun anda adalah seorang yang baru sarjana atau dalam hal ini istilahnya adalah freshgraduate, bukan berarti anda tidak memiliki kesempatan diterima kerja dibandingkan dengan mereka yang sudah sangat berpengalaman dalam bekerja.

Banyak alasan mengapa perusahaan kemudian banyak memilih lulusan baru seperti pertimbangan gaji, untuk belajar pekerjaan tersebut lebih awal, dan lain sebagainya. Semoga dengan adanya artikel ini, anda mendapatkan panduan membuat CV yang menarik dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan sejak awal. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.