Mencari suplier terpercaya tangan pertama untuk bisnis dropship

Tips Cara Mencari Suplier Tangan Pertama Untuk Menjalankan Bisnis Dropship

By: Egy arisandi

Bagaimana cara menemukan suplier terpercaya apalagi mendapatkan yang tangan pertama untuk menjalankan usaha bisnis dropship?

Dapat dikatakan bahwa semua jenis bisnis industri selalu butuh yang namanya seorang supplier. Bisnis tersebut dapat berupa bisnis manufaktur, bisnis perdangangan, maupun bisnis lainnya (kecuali bisnis dibidang jasa).

Dalam hal ini jelas contohnya bahwa dimisalkan terdapat sebuah perusahaan dagang, Maka dibutuhkan seorang pemasok, misalnya toko. Toko tersebut tentu saja membutuhkan supplier.

Serupa halnya dengan bisnis manufaktur, supplier dibutuhkan perannya untuk menyediakan bahan baku pada proses produksi.

Maka dari itu kami akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara untuk menemukan supplier first hand (supplier tangan pertama) untuk bisnis yang ingin anda lakukan, terutama apabila bisnis tersbeut adalah bisnis secara reseller ataupun dropship.

Untuk perusahaan serta bisnis yang telah berkembang dan sudah bernama, maka untuk menemukan suppliernya bukanlah hal yang sulit lagi.

Tanpa perlu susah payah mencari, supplier akan datang dan mengajukan diri sebagai supplier. Tetapi lain halnya apabila usaha anda memang belum berkembang, supplier kemudian akan berfikir ulang untuk menjadi pemasok bagi usaha anda.

Bagaimanakah caranya? yaitu anda harus percaya serta yakin bahwa apa yang akan anda kerjakan itu sudah dapat dikatakan matang, menjanjikan dan juga memiliki potensi kelangsungan usaha yang baik.

Kemudian setelah anda percaya diri kemudian yang perlu anda lakukan adalah berusaha untuk mencari supplier tangan pertama yang sesuai dengan apa yang telah anda kriteriakan.

4 Tips penting untuk mendapatkan suplier tangan pertama dan terpercaya

Lalu bagaimanakah cara untuk mencari supplier first hand? Hal tersebut tidaklah terlalu sulit. Cara-caranya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengikuti banyak pameran serta bazar bisnis

Sukses mengikuti job fair agar mendapat kerjaYang perlu anda ketahui adalah, pameran ataupun bazar ialah sebuah ajang yang kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam rangka untuk memasarkan produknya, terlebih apabila produk yang dimiliki tergolong baru.

Biasanya mereka akan sayang sekali untuk melewatkan event pameran dan bazar secara sia-sia. Lalu sebenarnya apa tujuan mereka dalam mengadakan kegiatan pameran dan juga bazar? sudah jelas dalam rangka untuk memasarkan produknya.

Kepada siapakah? umumnya adalah kepada para pebisnis lainnya yang hadir pada event tersebut. Harapannya adalah suatu saat dapat melakukan kerjasama dengan pebisnis yang hadir itu.

Maka dari itulah, pada kesempatan tersebut anda sebaiknya hadir. Event seperti itulah kesempatan emas yang perlu anda raih guna membangun relasi dan jaringan.

Tidak hanya itu, tetapi juga wawasan, kerjasama, dan yang paling penting dalam hal ini adalah untuk menemukan supplier.

2. Mendatangi sentra industri

Cara untuk menemukan pemasok tangan pertama untuk memulai usaha anda bisnis reseller adalah dengan jalan rajin untuk mendatangi sentra bisnis.

Tetapi yang perlu anda catat dalam hal ini adalah, jangan mencari supplier yang memang merupakan bidang anda. Sebagai permisalan, apabila bidang anda adalah bidang sepatu, maka anda sebaiknya tidak mengunjungi sentra sepatu.

Mengapa demikian? karena informasi yang akan anda dapatkan akan semakin kecil, karena tentu saja mereka memandang anda sebagai pesaing atau kompetitor.

Mereka tidak akan membocorkan tentang supplier mereka kemungkinannya amat kecil. Sebaliknya, anda perlu mendatangi sentra kulit sepatunya secara langsung.

Ketika anda mengunjungi sentra industri tersebut, anda dapat menanyakan dan bahkan anda dapat melihat serta memantau proses produksi tersebut dari supplier yang akan anda targetkan.

Anda tidak perlu merasa sungkan untuk menanyakan apa yang ingin anda tanyakan. Sebagai contoh nyata, penulis pernah datang langsung ke sebuah sentra industri, yang tepatnya adalah sentra pemerahan susu sapi untuk memenuhi suatu kebutuhan.

Penulis tersebut tidak mengenal satupun dari mereka, tetapi penulis mencoba memberanikan diri untuk berkomunikasi dan mencoba mengutarakan maksud penulis. Hal tersebut berbuah baik karena penulis dan pelaku ekonomi tersebut dapat menjalin komunikasi dengan baik.

3. Masuk kedalam komunitas bisnis

Persyaratan kelengkapan job fair melamar kerja di perusahaan bank kantor alfamart indomaret

Ketika anda mengunjungi suatu perindustrian tertentu, maka ada peluang yang amat besar untuk bertemu dengan macam-macam komunitas bisnis.

Apabila anda memang serius ingin mendalami bisnis anda, anda dapat bergabung dengan komunitas tersebut. Apabila anda sudah tergabung dalam komunitas tersebut, biasanya anda akan mendapatkan informasi dengan mudah terkait supplier-supplier baik untuk yang sifatnya jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Memperluas informasi dan juga melebarkan komunikasi anda

Dengan anda mengikuti cara diatas, dimisalkan anda sedang mengunjungi suatu sentra bisnis, maka sebenarnya anda juga sedang melakukan perluasan komunikasi dan informasi, tetapi sifatnya baru offline.

Pada zaman seperti sekarang yang mana semuanya adalah serba online, anda agaknya perlu untuk mencari informasi juga melalui internet, yang mana bisa memberi anda peluang untuk menemukan supplier semakin tinggi. Bahkan bisa hingga seluruh Indonesia.

Ada banyak sekali situs dan platform yang dapat anda manfaatkan seperti google, yahoo, serta Bing guna menemukan informasi yang anda ingin cari. Media sosial seperti twitter, facebook, instagram pula dapat anda manfaatkan untuk mencari pemasok first hand.

Tetapi, yang perlu anda ingat adalah kenyataan bahwa internet merupakan tempat yang rawan akan penipuan. Maka dari itu, anda harus ekstra dalam berhati-hati.

Berikut adalah cara untuk menghindari penipuan:

  1. Setidaknya terdapat toko offline untuk supplier tersebut guna memastikan kepercayaan anda
  2. Usahakan bahwa anda mendapatkan supplier yang letaknya sedaerah dengan anda agar anda dapat memerika ketempatnya secara langsung
  3. Tidak perlu ragu untuk memeriksa identitas pemasok
  4. Sebaiknya anda tidak langsung percaya dengan testimoni yang ada, anda perlu menggunakan kepekaan diri anda apakah pemasok ini orang yang jujur ataukah tidak.

Baca juga info terkait tentang tips agar sukses menjalankan bisnis dropship serta ulasan menarik lainnya mengenai peluang bisnis 2019 yang sangat menjanjikan.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan pemasok tangan pertama yang dapat anda terapkan untuk memulai karir bisnis anda menjadi reseller. Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Footer Logo Eranetmedia.com

Informasi seputar dunia kerja, peluang bisnis dan usaha terkini.

Referensi mengenai teknologi finansial, investasi, asuransi, pinjaman kredit dari beragam lembaga keuangan dan perbankan.